2044
  2016-12-15       melbournetours.com.au

Transportasi Umum di Melbourne - Part 2

Berencana berlibur di Melbourne? Yuk, pelajari terlebih dahulu transportasi umum di kota seni ini.

Audina Sheila 219 views

Setelah mengetahui cara menggunakan transportasi umum di Melbourne, yuk baca lebih lanjut tentang tram, bis, dan kawan-kawan!

1. Tram

Ini adalah transportasi umum yang khas Melbourne banget! Belum ke Melbourne namanya kalau belum mencoba naik tram. Tram mirip dengan bis, namun bedanya tram memiliki lajur khusus di jalanan. Oh ya, di daerah pusat kota naik tram gratis, loh. Jadi kalian tidak perlu menggesekan kartu saat menaiki tram di area City.

Pssst.. ada juga tram khusus turis di daerah kota. Nama tram ini adalah 35 City Circle. Tram ini gratis dan khusus melewati daerah-daerah turisme di tengah kota.

2. Bis

Cara menaiki bis sama dengan tram, cukup cari halte bis terdekat, tunggu bis datang, dan gesekan kartu saat menaiki bis. Bedanya, bis relatif lebih banyak di daerah pinggir kota dibandingkan di tengah kota.

3. Kereta

Untuk cara naik kereta di Melbourne sama dengan di kota-kota besar lain seperti Singapore, kok. Simpel dan mudah dimengerti. Selain kereta dalam kota, ada juga kereta ke kota lain sekitar Melbourne. Untuk kereta keluar kota ini harganya tidak termasuk dengan harga myki card di daerah kota dan dihitung per zona yang dilewati.

4. UBER

Cara menggunakan UBER di Melbourne sama dengan di Indonesia. Untuk membuat akun UBER Australia, kalian harus membeli SIM card lokal. Tarif UBER di Melbourne hanya sekitar setengah dari taksi konvensional. Selain itu, jika kalian berpergian dengan 4 orang, akan lebih murah pergi dengan UBER dibandingkan membayar myki daily pass untuk 4 orang. Oh ya, UBER di Melbourne sangat strict dengan peraturan. Jadi jangan lupa menggunakan seat belt dan tidak membawa lebih dari 4 orang ya.

5. Taksi

Taksi di Melbourne cukup sulit ditemukan, terutama di luar daerah City. Untuk mudahnya, kalian bisa mendownload aplikasi dari perusahaan taksi lokal seperti 13cabs dan taksi pun akan datang menjemput kalian.

Nah itu dia pilihan transportasi umum di Melbourne. Walaupun berlibur di kota ini cenderung mahal, ada beberapa hal yang bisa kita "push" budgetnya, seperti transportasi. Semoga artikel ini membantu ya Moeslemates, dan selamat berlibur!

Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!



Related Tags
Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS