2043
  2016-12-14       melbournetours.com.au

Transportasi Umum di Melbourne - Part 1

Berencana berlibur di Melbourne? Yuk, pelajari terlebih dahulu transportasi umum di kota seni ini.

Audina Sheila 378 views

Sebagai salah satu mega-cities di dunia, tidak mengherankan kondisi transportasi umum di Melbourne sangatlah baik. Tram, bis, dan kereta tersedia hampir di semua belokan, bahkan di daerah yang jauh dari tengah kota. Selain itu, ada juga UBER dan taxi yang siap menjemput kalian sampai di depan rumah.

Untuk kalian yang ingin berlibur di Melbourne, wajib untuk belajar cara menggunakan transportasi umum. Pertama-tama, untuk menaiki transportasi umum di kota ini kalian harus membeli myki card. Myki card dapat digunakan untuk menaiki tram, bis, dan kereta sekaligus. Sangat praktis, bukan? Kartu ini bisa kalian dapatkan di bandara, mini-market, dan stasiun-stasiun besar dengan harga 6 dolar untuk dewasa dan 3 dolar untuk anak.

Untuk menggunakan kartu ini, kalian harus mengisi dengan saldo di mesin top-up di stasiun. Harga satu kali perjalanan (dalam jangka waktu 2 jam) adalah 3,90 dolar untuk dewasa dan 1,95 dolar untuk anak. Untuk harga trip full fare adalah 7,80 dolar untuk dewasa dan 3,90 dolar untuk anak.

Pasti kalian sedang bertanya-bertanya, apa bedanya satu perjalanan dengan trip full fare? Nah, jadi jika kalian melakukan perjalanan sekali / bolak-balik dalam jangka waktu 2 jam, ongkos yang akan dihitung hanya satu perjalanan seharga 3,90 dolar (atau 1,95 dolar untuk anak). Namun, jika perjalanan bolak-balik kalian memakan waktu lebih dari 2 jam, maka akan dihitung sebagai trip full fare seharga 7,80 dolar (atau 1,95 dolar untuk anak) dan semua perjalanan kalian hari itu akan dianggap gratis.

Ciri khas myki card - touch on every time you board

Sistem di atas berlaku untuk semua transportasi menggunakan myki card, yaitu tram, bis, dan kereta. Info tambahan yang harus kalian ingat saat menggunakan myki card adalah zona. Untuk perjalanan ke zona 1 akan berbeda harganya dengan ke zona 2. Tapi zona 2 berada cukup jauh dari kota, jadi kecuali kalian ingin mengeksplor pinggir-pinggir kota Melbourne, most likely kalian hanya akan bertravel di zona 1 saja. Info lebih lengkap mengenai tram, bis, dan kereta di Melbourne bisa kalian baca di link di bawah ini.

Nah, itu adalah basic dari menggunakan transportasi umum di Melbourne. Untuk berbagai macam transportasi di Melbourne, baca part 2 dari post ini ya, Moeslemates!

Audina Sheila Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Related Tags
Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS