2026
  2017-01-28       bahasa.aquila-style.com

Inilah Alasan Allah Menciptakan Kita Berbeda-beda

Selalu ada alasan mengapa Allah SWT menciptakan sesuatu, termasuk perbedaan manusia yang satu dengan yang lainnya.

Jia Yuuki 29,568 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!

Pernahkah terpikir dibenak kita mengapa Allah menciptakan kita berbeda-beda? Misalnya nih, kita dengan adik kita atau kakak kita. Padahal terlahir dari rahim yang sama, makanan yang dimakan sama, belajar di sekolah yang sama, mengapa fisik dan cara berpikir kita bisa berbeda satu dengan yang lain, ya?? Hmm..

Manusia Adalah Makhluk dengan Penciptaan Terbaik

Sadar atau tidak, terkadang kita membandingkan diri kita dengan orang lain, entah dari segi fisik atau latar belakang hidup. "Ya Allah, dia pintar banget sih? Sedangkan aku...", "Ya Allah, hidungnya mancung banget! Kulitnya putih dan cantik. Aku jadi nggak percaya diri, hiks..", dan keluhan-keluhan lain yang keluar dari mulut atau hati kita.

Moeslemates, percayalah, Allah menciptakan kita dengan sangat sempurna. Fisik dan latar belakang yang berbeda semua ada tujuannya, lho. Bahkan Allah berfirman di dalam Al-Qur'an sebagai berikut:

Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu lalu membaguskan rupamu serta memberi kamu rezki dengan sebahagian yang baik-baik. Yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam. (Terjemah QS. Al-Mu'min: 64)

Allah dengan Kekuasaan-Nya

doc. pribadi

Penciptaan manusia dengan segala perbedaannya satu dengan yang lain merupakan satu dari sekian banyak tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Sejak zaman Nabi Adam hingga saat ini, manusia sama-sama memiliki mata, hidung, kaki, mulut, telinga, dan sebagainya. Namun dari persamaan itu pasti ada perbedaan di antara satu manusia dengan manusia yang lain, seperti bentuk rupa maupun bahasa.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui. (Terjemah QS. Ar-Ruum: 22)

Perbedaan-perbedaan tersebut tentu ada maksud dan tujuannya. Apabila kita bersedia memikirkannya dan sejenak bersedia memperhatikan dan mendengarkan lingkungan sekitar. Akan ada saat kita memahaminya. Namun, jika kita tak kunjung menemukan jawabannya, Allah telah menjelaskan dengan sangat indah mengapa kita diciptakan dengan banyak sekali perbedaan. Mau tahu jawabannya? Baca sampai selesai yaa ^^

Indahnya Saling Mengenal

Perbedaan kebiasaan, warna kulit, hingga bahasa sering membuat kita tidak nyaman. Padahal, seringnya ketidaknyamanan itulah yang justru membuat kita berkembang dan memiliki pemikiran yang lebih luas. Allah menciptakan manusia satu dan lainnya dengan perbedaan masing-masing adalah bertujuan agar kita bersedia untuk saling mengenal.

Pernahkan terpikir oleh kita cara menemukan jadi diri justru dengan memikirkan orang lain bukan memikirkan diri sendiri? Menurut pendapat pribadiku, salah satu cara terbaik menemukan jati diri adalah dengan mengenal orang lain. Melihat diri kita dari sudut pandang orang lain, untuk kemudian memikirkannya, benarkah kita demikian? Benarkah kita adalah pribadi yang menyenangkan? Benarkah kita selalu berbuat jujur? Benarkan kita ini pintar? Untuk apa sebenarnya kita diciptakan? Hei.. hei.. barangkali jawabannya justru membuat kita tersadar bahwa selama ini kita sering lalai.

Manusia yang Paling Mulia Adalah yang Paling Bertaqwa

"Ya ampun, anak itu nyebelin.. Sok tahu banget, deh!"

"Eh, ingat si Gina? Sok cantik ya, dia. Bikin males ngeliatnya."

Dan kalimat-kalimat lain yang sadar atau tidak sering kita lontarkan.

Dear moeslemates, alasan lain mengapa Allah menciptakan kita berbeda-beda adalah agar kita tidak merasa menjadi manusia yang paling mulia. Dengan saling mengenal, kita akan mudah berbagi nasihat kebaikan dan saling mengingatkan agar selalu taat kepada-Nya, dengan begitu semoga kita bisa menjadi hamba-Nya yang bertaqwa. Karena bagi Allah, orang yang paling mulia adalah orang yang paling bertaqwa.

Wallahu'alam ^^

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Terjemah QS. Al-Hujuraat: 13)
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS