2021
  2016-12-14       upload.wikimedia.org

Mengenal Jepang: Tsundere? (Part 1)

Buat kamu pecinta manga Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata "tsundere", bukan? Nah, sebenarnya tsundere itu apa sih? Bagaimana orang Jepang memahami fenomena ini?

Lidya O. 92 views

Budaya Jepang memang selalu menarik untuk diteliti. Kamu akan menemukan banyak hal unik yang membuat kamu akan asyik sendiri. Ya, tidak bisa dipungkiri juga sih, negara maju yang sudah serba canggih ini pasti memiliki value yang bisa menjadi daya jual kepada masyarakat luar Jepang. Lewat budayanya, kita bisa belajar banyak hal. Salah satunya dari segi penyelesaian masalah dengan hourenso. Nanti akan saya bahas di artikel berikutnya ya. Nah, gaya problem solving ala Jepang ini mengusik saya untuk meneliti sebuah kata yaitu "tsundere".

Pengertian Tsundere

Secara harafiah, "tsun tsun" dalam bahasa Jepang memiliki arti sikap yang dingin, kasar dan galak kepada seseorang. Sedangkan "dere dere" adalah sikap yang manis seperti lovey-dovey. Jadi, kedua kata ini digabungkan dan memiliki arti pada awalnya seseorang yang tsundere bersikap angkuh dan dingin, tapi ia bisa berubah 180% menjadi sangat baik dan berbeda sekali dengan sebelumnya.

Kalau bahasa Inggrisnya sih "running hot and cold" ya kira-kira.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca citation-citation di bawah ini.

A character who is blunt and harsh, but sometimes becomes generous or kind.
Source: Tofugu
A character who acts tsun tsun at first, but gradually opens up.
Source: Tofugu
A character who acts tsun tsun to everyone but becomes dere dere around a specific person (usually a person they love).
Source: Tofugu
A character who wants to be dere dere toward their secret love, but for some reason can’t reveal their feelings. So they act tsun tsun in front of them.
Source: Tofugu
Source: img01.ti-da.net

Nah, kira-kira seperti itu Moeslemates penjelasan tsundere berdasarkan pengalaman dan pendapat orang Jepang langsung. Biasanya sih, karakter seperti ini sering dimunculkan di anime. Walaupun saya bukan yang maniak anime banget, tapi ternyata lumayan seru juga bisa mengenal sosok tsundere itu. Kalau kamu sendiri, merasa ada karakter tsundere tidak? Dan apakah ini bisa disebut penyakit yang berhubungan dengan jiwa? Bagaimana menghadapi mereka yang memiliki karakter tsundere ini? Untuk menjawabnya, simak di artikel selanjutnya ya Moeslemates!

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS