2015
  2016-12-14       cdns.klimg.com

6 Hal yang Harus kalian Lakukan Saat Merasa Cemas

Merasa cemas karna kesalahan yang telah dibuat? Coba lakukan 6 hal ini yuk moeslemates.

Deane Lene 196 views

Dalam hidup ini kita tidak pernah terlepas dari rasa resah. Banyak hal yang bisa menimbulkan keresahan, kecemasan dan perasaan lainnya yang timbul dalam diri kita bersifat negatif. Biasanya ini akan timbul ketika kita melakukan suatu kesalahan, perbuatan yang tidak baik atau mungkin telah berbohong.

Moeslemates, ketika kalian merasa resah, pikiran kita akan secara otomatis mengembangkan perasaan bersalah dan membuat semua kemungkinan buruk akan terjadi. "Bagaimana kalau seandainya dia tahu? Bagiamana jika yang aku pikirkan akan menjadi kenyataan? Bagaimana jika aku kehilangan segalanya?" Percaya atau tidak semua jenis pertantaan dan asusmsi seperti itu akan terus bermunculan dalam pikiran kalian.

Memiliki pikiran yang terus menerus bersifat negatif tentunya berdampak buruk bagi kesehatan. Kalian akan mulai mengalami susah tidur dimalam hari, sakit kepala, wajah kusam, menurunnya fungsi imunitas tubuh dan masih banyak kerugian lainnya.

Jadi bagi kalian yang mengalami rasa cemas, lakukan hal berikut ini ya. Walaupun hal ini berpengaruh secra signifikan, namun hal ini berjalan perlahan tapi pasti.

Beribadah

Jika kalian merasa cemas karena berbuat kesalahan, beribadahlah. Jika kalian melakukan dosa besar, bertaubatlah. Mungkin kalian akan merasa malu jika telah melakukan kesalahan namun tetap meminta pengampunan dan belas kasih-Nya. Namun percayalah jika Allah SWT menantikan hal itu. Dimana kalian meminta pertologannya, pengampunannya dan mengharap kasih sayang dari-Nya.

Shalat lah kalian. Bila perlu lakukan shalat taubat secara sungguh-sungguh. Bukan sebab kalian terpaksa melaukannya tetapi shalatlah sebab kalian malu terhadap dosa yang telah kalian perbuat dan memohon pengampunan-Nya. Semakin khusyuk kalian shalat, beban yang sedang kalian pikul dengan sendirinya terasa ringan setelahnya.

Malu? Memang malu jika disandingkan antara perbuatan kita yang tidak baik dan meminta pengampunan setelahnya. Tetapi akan terasa lebih malu jika kalian membiarkan semua kesalahan berlalu begitu saja dalam kehidupan tanpa penyesalan.

Berdoa

Berdoalah!
Setelah kalian melakukan shalat, jangan lantas lari meninggalkan keadaan yang sedang dicintai Allah SWT. Keadaan dimana setelah shalat, saat-saat memanjatkan doa.

Moeslemates, berdoa adalah salah satu cara kalian berkomunikasi pada sang pencipta. Pada saat ini pula kalian harus berkata sejujurnya, mengakui kesalahan, memohon ampun pada-Nya dan menyesali kesalahan yang telah kalian perbuat. Mengadulah pada Allah SWT sebagaimana kalian mengadukan permasalahan kepada teman (curhat). Bahkan mungkin kalian mengungkapkan apa yang tidak bisa kalian ungkapkan kepada teman. Berserah dirilah kepadanya.

Mungkin ini tidak serta merta akan dijawab seluruh pertanyaan yang kita ajukan kepada Allah SWT, namun sadarilah bahwa dengan kita bercerita dan mengadu kepadanya, beban dihati yang awalnya menumpuk dan terasa berat, sedikit demi sedikit akan terasa ringan seperti baru terlahir kembali.

Jika kalian telah merasakan sedikit demi sedikit perubahan dalam hidupmu, maka jangan lupa unutku bersyukur karena Allah masih menyayangi dan mengasihimu juga sedang membimbingmu.

Puasa

Berpuasalah ketika kecemasanmu tidak kunjung reda. Berpuasalah dengan niat untuk bertaubat.

Moeslemates, ini adalah salah satu cara yang harus kalian lakukan bila mana perasaan cemas dalam dirimu tidak kunjung reda. berpuasa bukan saja menahan lapar dan haus, namun puasa akan memposisikan kita berada pada kondisi yang paling lemah. Pada saat itulah kita hanya mampu berserah diri kepada yang maha kuasa untuk mendapatkan pertolongan. Puasa juga bisa mensucikan hati, pikiran, ucapan dan perbuatan. Secara tidak langsung puasa menjadi sebuah batasan yang tidak terlihat namun sangat terasa dalam kehidupan kita.

Akui bahwa hal itu telah terjadi

Source: cdn.klimg.com

Akuilah bahwa hal itu telah terjadi dalam kehidupanmu. Semakin kalian menghindari kenyataan bahwa kalian berbuat suatu kesalahan maka semakin berat kalian untuk meneruskan kehidupan kalian. Pengakuan tidak hanya semata-mata bercerita kepada teman tetapi pengakuan yang sebenarnya adalah mengakui pada diri sendiri bahwa kesalahan tersebut telah terjadi dimasa lalu kalian. Memang pengakuan tidak bisa mengubah kesalahan menjadi sebuah kebenaran. Namun setidaknya dengan mengakui kesalahan tersebut, hati tidak lagi terbebani. Kalian tidak perlu terus menerus menutupinya, dengan begitu keadaanmu kian hari kian membaik. Kalian tidak perlu melakukan kebohongan lainnya untuk menutupi kesalahan kalian.

Moeslemates, percayalah bahwa menutupi kesalahan dengan kebohongan adalah perilaku yang akan terus menerus terjadi tanpa ada akhirnya. Seiring hal itu berjalan maka kalian akan semakin merasa bersalah dan semakin kehliangan jati diri kalian yang sebenarnnya.

Komitmen

Source: i.ytimg.com

Berjanjilah bahwa kalian tidak lagi melakukan kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Jika hanya sebuah ucapan, semua orang bisa mengucapkannya namun hanya orang yang benar-benar memilik kemamuan yang kuat untuk berubah yang akan menjaga janjinya dan memastikan janji yang telah ia buat, tidak hanya sekedar ucapan saja.

Berjanji bukan untuk diutarakan kepada orang lain disekitar kalian tetapi perjanjian ini dikhususkan untuk diri kalian dan Allah saja yang tahu. Karena sesungguhnya hal ini bukan urusan yang benar-benar berarti bagi orang lain. Salah persepsi, orang lain bukannya membantu kalian menjaga komitmen yang telah dibuat justuru akan berbuat sebaliknya. Jadi sebaiknya biarkan perjanjian ini hanya antara kalian dan Allah saja yang tahu.

Life must go on

Merasa bersalah atas perbuatan yang tidak baik itu memang harus. Merasa cemas atas kesalahan yang telah diperbuat memang diperbolehkan. Namun bukan berarti hidupmu berhenti sampai situ saja ya moeslemates.

Life must go on. Berhentilah menyalahkan diri kalian sendiri secara terus menerus dan mulailah beraktifitas seperti biasanya. Jika kalian terus menerus menyalahkan diri kalian maka hidup kalian akan berhenti pada fase dimana kalian akan terus menerus merasa terpuruk.

Sudah saatnya kalian bangkit. Kalian masih punya cita-cita setinggi angkasa dan sayang jika kalian tidak meraihnya. Kalian memiliki seseorang yang harus kalian banggakan dan salah satu diantaranya adalah orang tua. Bagaimana perasaan orang tua jika kalian terus menerus merasa murung? Kalian memiliki segudang talenta yang sangat bermanfaat bagi semua orang disekitar kalian, manfaatkan. Moeslemates, ada banyak sekali nilai positif yang ada pada diri kalian, lalu mengapa kalian terus mengubur hal tersebut dengan perasaan bersalah kalian.

Bangkit dan buktikan bahwa kesalahan adalah pelajaran berharga bagi kehidupan kalian namun bukan berarti menjadi penghalang diantara kesuksesan yang akan kalian raih.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS