2006
  2016-12-14       www.colourmeasure.com

Tips Membuat Adonan Roti Mengembang

Simak cara membuat adonan roti agar mengembang sempurna di sini :)

santi lisnawati 617 views

Assalamualaikum, moeslemates!

Pernah gagal membuat roti jangan jadi patah semangat ya. Yuk coba tips jitu ini untuk membuat adonan dengan hasil roti mengembang .

Bahan-bahan

450 gr tepung terigu
1 sdm tepung ragi
2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
250 ml susu hangat
2 sdm mentega yang sudah dicairkan

Tips membuat adonan roti

Pertama masukkan terigu, ragi dan gula pada wadah lalu taburkan garam di atasnya. Buat celah di tengah campuran bahan, kemudian tuang susu dan lelehan mentega.

Untuk mengaduk adonan, hindari pemakaian mixer. Gunakanlah sendok kayu agar tidak ada celah udara pada adonan. Menjaga adonan tetap padat itu penting agar adonan ini nantinya mengembang dan tidak bantet.

Setelah bahan-bahan tercampur rata, taburkan sedikit terigu lalu uleni atau remas-remas adonan dengan tangan bersih selama 10 menit atau sampai adonan terasa lembut dan elastis.

Lalu siapkan wadah lain yang telah dilumuri olive oil dan masukkan adonan ke dalamnya. Tutupi wadah dengan kain, simpan adonan dalam suhu ruangan. Tunggu selama 45 menit hingga 1 jam sampai adonan mengembang dua kali lebih besar dari ukuran awal.

Setelah itu coba tinju bagian tengah adonan. Taburkan sedikit terigu di atasnya, lalu uleni lagi selama 2 menit atau sampai adonan kembali ke bentuk semula.

Adonan roti siap digunakan. Selanjutnya moeslemates bebas membuat kreasi bentuk dan isian sendiri dari adonan ini. Selamat membuat roti :)

santi lisnawati santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS