2005
  2017-01-24       theit-girl.com

3 DIY Masker yang Bikin Wajah Cerah & Bebas Komedo

Buat kamu yang hobi ngulik-ngulik DIY project termasuk buat kecantikan, coba nih di cek DIY masker yang mau dibahas sekarang. Ada 3 DIY Masker yang bisa bikin muka kamu lebih cerah, bersih, dan bebas komedo nih. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun gampang banget ditemukan, mungkin kalau kamu cek ke dapur dan kulkas juga semua bahannya ada.

Annisa Muliasari 9,431 views

Pernah kan ngerasa muka kita kok terlihat kusam dan gak cerah? Biasanya ini kejadian kalau kita baru saja pulang liburan dan lama beraktivitas di tempat outdoor. Nah, sekarang ada cara yang cukup efektif buat bikin muka kamu lebih cerah di waktu yang singkat dan juga bebas komedo. Muka cerah dalam 7 hari aja, caranya gimana? Gampang!

Part 1: Scrub Muka Kamu Pakai Gula & Madu!

Source: hasgoodlook.com

Part pertama bahan yang bisa kamu siapkan yaitu :
- Gula Pasir 1 sendok teh
- Madu 1-2 sendok teh
- Handuk kecil
- Air hangat

Cara Pakai :
Campur aduk madu dan gula nya sampai merata lalu scrub muka kamu pakai campuran gula madu. Kalau kamu belum membersihkan muka dengan makeup remover atau pembersih muka lainnya juga nggak apa-apa kok. Karena, gula madu ini bisa sekalian menghapus makeup dan mengangkat kotoran yang ada di wajah kamu. Scrub dengan cara memutar kurang lebih 5-10 menit. Oh ya, jangan lupa scrub bibir kamu juga ya! Setelah itu bersihkan muka dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat, lap muka dan bersihkan gula yang menempel secara perlahan dengan gerakan memutar. Biar semakin bersih, bilas muka kamu dengan air hangat sampai bersih dan keringkan dengan handuk.

Source: cuakep.com


Untuk scrub gula & madu nya jangan digunakan setiap hari ya, tapi cukup digunakan 2 hari sekali saja dan gunakan scrub pada muka secara perlahan, nggak usah buru-buru. Karena scrub ini mengandung gula pasir, kalau terlalu kasar pada saat muka kamu di-scrub bisa-bisa kulit muka kamu iritasi.

Part 2: Keajaiban Masker Kunyit & Madu

Source: femaledaily.com

Setelah muka kamu terasa lebih 'adem' setelah di scrub, kamu bisa siapkan bahan-bahan ini:
- Kunyit bubuk 1 sendok makan
- Madu 1-2 sendok teh
- Kuas Masker
- Mangkuk
- Handuk kecil
- Air hangat

Kenapa disebut ajaib? Karena faktanya Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dapat mengurangi laju kerusakan sel kulit loh. Dengan kandungan alami nya ini, kunyit juga dapat membantu mengurangi bekas jerawat atau dark spots, keriput, mencerahkan wajah, dan dapat membantu meratakan warna kulit di wajah kita.

Gimana Cara Pakainya? :
Campur kunyit bubuk dan madu di dalam mangkuk lalu aduk sampai merata. Pastikan kunyit dan madu yang dipakai sesuai takaran ya, karena setelah dicampur kunyit dan madu ini akan bertekstur kental seperti pasta. Oleskan masker menggunakan kuas ke seluruh permukaan wajah dan leher secara merata. Oleskan ulang sampai masker kunyit madu di mangkuk habis. Nah, kalau sudah merata di muka, diamkan selama 30 menit. Jangan kaget kalau kamu ngaca ya, Moeslemates! karena muka kamu akan jadi Hulk versi warna Kuning! :p

Source: www.bintang.com

Setelah 30 menit dan masker sudah cukup kering, bersihkan muka dengan air dingin secara perlahan sampai benar-benar bersih lalu keringkan muka dengan handuk. Gunakan facial toner untuk membantu mengangkat sisa masker di muka kita. Sebaiknya masker ini digunakan malam hari, jadi setelah kamu menggunakan facial toner bisa dilanjut dengan skincare lainnya seperti night cream atau pelembab. Dan... Selesai! Gampang banget kan?

Nah.. tapi keajaiban dari masker kunyit madu ini nggak akan bekerja kalau kamu hanya menggunakan 1 kali saja. Untuk hasil yang maksimal, pakai masker kunyit madu ini selama 7 hari berturut-turut dan di waktu yang sama (misal: setiap malam sebelum tidur). Insha Allah, muka kamu akan lebih cerah, bersih, dan bercahaya!

Part 3: Masker Putih Telur Pengangkat Komedo

Masker Putih Telur

Moeslemates tau kan kalau adanya sel-sel kulit mati yang menumpuk dan kadar minyak yang berlebih pada muka akan menyebabkan timbulnya komedo. Komedo ini juga ada dua tipe, ada blackhead dan whitehead, yang seringkali muncul di daerah T-Zone wajah kita terutama bagian hidung. DIY Masker kali ini benar-benar alami dan mudah dicoba, bahan-bahan yang dibutuhkan bisa di cek di bawah ini:
- 1 Butir Telur, ambil putih nya saja
- Mangkuk
- Kuas Masker
- Garpu atau pengocok telur
- Facial Tissue
- Madu dan Lemon (optional)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah pisahkan kuning dan putih telur lalu sisihkan putih telur ke dalam mangkuk. Sebenarnya dengan hanya menggunakan putih telur saja, masker ini sudah banyak manfaatnya. Karena, putih telur memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kulit seperti protein, kolagen, kalium, riboflavin dan magnesium. Semua kandungan ini bisa bermanfaat sebagai peningkat elasitistas dan warna kulit, mengurangi garis kerutan pada wajah, melembabkan kulit, menghilangkan racun & radikal bebas, dan memperlambat proses penuaan kulit. Wah... MashaAllah ya, ternyata telur yang biasanya kita makan gitu aja punya manfaat yang banyak banget untuk kulit kita.

Source: pewartayogya.com

Pisahkan kuning dan putih telur

Nah setelah disisihkan ke dalam mangkuk, tambahkan tetesan jeruk lemon (3-4 tetes) ke dalam putih telur dan madu secukupnya. Tetesan jeruk lemon ini berfungsi untuk menghilangkan bau amis dan membantu mempercerah wajah kita. Setelah itu, kocok telur sampai berbusa putih dan masker siap untuk dipakai. Dalam menggunakan masker ini ke wajah, kamu bisa langsung mengoleskan dengan kuas masker ke wajah dan leher. Atau, kalau ingin memaksimalkan fungsi maskernya, oleskan masker ke wajah sebanyak satu kali lalu segera tempelkan facial tissue yang sudah disiapkan. Olesan pertama berfungsi sebagai base agar tissue bisa menempel dengan baik pada wajah. Setelah tissue menutupi wajah (kecuali mata dan lubang hidung) oleskan kembali masker dan tutup kembali dengan tissue. Lakukan berulang sampai masker putih telur di mangkuk habis. Diamkan selama 30 menit sampai tissue terasa kering dan menempel di wajah. Bersihkan wajah dengan cara melepas tissue secara perlahan dari wajah lalu cuci wajah menggunakan air dingin. Gunakan facial toner dan skincare lainnya juga setelah memakai masker ini.

Jika dilakukan secara rutin, komedo di wajah akan terus berkurang dan pori-pori di wajah pun bisa mengecil!


Gimana Moeslemates? Tertarik untuk mencoba masker-masker ini? Selamat mencoba dan mempercantik diri ya, inget harus rajin! :D

Annisa Muliasari
Annisa Muliasari
A cheerful scorpio. love to write, read, and sing. EFSP.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Related Tags
Curator Introduction
Annisa Muliasari
Annisa Muliasari
A cheerful scorpio. love to write, read, and sing. EFSP.

no comments

Follow Moeslema on SNS