2004
  2016-12-13       www.popsugar.com

Makanan “Hybrid”: Peluang Bisnis Bermodalkan Keisengan

Suka memasak? Penuh dengan kreativitas dan rasa penasaran? Peluang bisnis ini tepat untuk kamu.

Audina Sheila 156 views

Belakangan ini, di berbagai media sosial khususnya Instagram terdapat sebuah tren kuliner baru. Tren tersebut adalah membuat berbagai macam makanan yang belum pernah ada sebelumnya dengan menggabungkan dua atau lebih jenis makanan menjadi satu, seperti taco waffle, ramen burger, pizza fries, dan cinnamon roll apple pie.

Source: www.flickr.com

Pizza Fries

Untuk yang ingin berbisnis makanan, tentu saja ini adalah kesempatan emas. Makanan-makanan ini tidak memerlukan gelar koki dari sekolah kuliner ternama, dan tidak juga membutuhkan bahan-bahan yang sulit didapat. Bayangkan saja, untuk membuat makanan seperti yang di atas, hanya dibutuhkan sepiring kentang goreng, keju mozzarella, dan pepperoni. Tidak sulit bukan? Semua bahan yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan sangat mudah, dan pembuatannya pun tidak rumit. Yang dibutuhkan untuk mengikuti tren “makanan hybrid” ini hanyalah kreativitas dan keberanian untuk mencoba sesuatu yang mungkin awalnya dianggap aneh oleh orang lain.

Waffle Taco

Tren ini tidak butuh waktu lama untuk masuk ke Indonesia. Bahkan di salah satu event creative bazaar di Jakarta pada bulan september kemarin, sudah ada tenant yang berjualan mac n cheese berbentuk waffle. Tidak mengejutkan saat melihat booth tersebut sangat ramai dan orang-orang rela mengantri panjang. Tenant ini berhasil membuat pengunjung penasaran bahkan tanpa terlihat banyak berusaha mempromosikan tenant mereka.

Mac N Cheese Waffle

Tentu saja rasa dari makanan masih menjadi kunci dari keberlanjutan sebuah bisnis makanan. Tapi, kalau sebuah masakan hanya mengandalkan rasa dan tidak ada suatu inovasi kreatif yang membuat orang penasaran, akan sulit untuk mencari nama di sengitnya persaingan dunia kuliner. Kedua hal tersebut haruslah seimbang karena dengan menyajikan sesuatu yang unik, kita akan mendapat banyak keuntungan. Salah satunya adalah kita akan mendapat kesempatan start yang lebih baik dari yang lain, karena orang-orang akan datang ke kita dengan rasa penasarannya. Hal ini jelas akan memudahkan kegiatan marketing untuk mengawali sebuah bisnis baru yang seringkali mengalami kesulitan mencari perhatian massa.

Ada pendapat yang mengatakan, “there is nothing new under the sun. It’s all about how you present it.” Pendapat ini sejalan dengan ide makanan hybrid ini. Akan lebih sulit untuk kita membuat sebuah makanan yang benar-benar baru. Belum lagi, respons masyarakat terhadap sesuatu yang mereka belum kenal sama sekali seringkali negatif. Tapi, dengan membawa sesuatu makanan yang sudah familiar di lidah banyak orang dan memberi makanan tersebut sesuatu yang baru, akan lebih mudah untuk mendapatkan perhatian dan ketertarikan dari masyarakat.

Jadi, siapkah kalian untuk memulai bisnis makanan hybrid yang unik nan menarik?

Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ENTREPRENEURSHIP


Related Tags
Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS