1991
  2016-12-13       www.alpinecountyca.gov

5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Saat Memutuskan Menikah

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memutuskan untuk menikah. Yuk simak apa saja itu?

Lidya O. 401 views

Menikah menjadi pokok bahasan yang selalu menarik bagi perempuan. Nah, kira-kira apa saja sih yang perlu disiapkan saat menjelang pernikahan?

Budgeting

Source: www.adweek.com

Budgeting sangat menjadi pembahasan penting antar keluarga pasangan. Biasanya, ada permintaan dari pihak keluarga yang menginginkan pesta pernikahan dengan minimal undangan 500 orang misalnya. Ada juga yang sudah kalang kabut mau buat pesta di gedung atau rumah. Nah, sebenarnya sih sah-sah saja kalau mau buat pesta besar-besaran. Yang penting kamu sudah memikirkan matang-matang soal budget. Dari sekian banyak pengalaman teman saya, mereka rata-rata malah senang kalau menyelenggarakan pernikahan secara sederhana. Selain bisa lebih hemat, orang-orang yang diundang juga terbilang saudara dekat yang benar-benar dikenal baik.

Discussing

Diskusi sama orangtua juga penting. Apa saja persiapan menjelang beberapa bulan sebelum hari H. Misalnya, dokumen apa saja yang diperlukan. Dan biasanya dari pihak perempuan sih yang paling repot. Mulai dari memilih souvenir, tata rias, catering, sampai baju pengantin.

Problem Solving

Apakah menjelang pernikahan justru pengantin malah diuji? Ya, terkadang ada juga calon pengantin yang dikasih masalah dulu sampai akhirnya benar-benar bisa melewati proses akad dengan baik. Jangan langsung stres apalagi dibawa beban. Karena kalau berdasarkan pengalaman teman-teman saya, wajar kok dikasih masalah menjelang hari pernikahan. Tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. Jangan sampai cuma karena nila setitik, rusak susu sebelangga. Betul tidak? Jadi, yang harus dipikirkan adalah bagaimana mencari solusi terbaik. Bukan dengan emosi apalagi ngambek dan pergi begitu saja.

Trusting

Kalau kamu sudah yakin, sudah istikharah dan orangtua sudah memberikan izin, mengapa tidak kamu percayakan semua itu kepada Allah? Memang tidak ada salahnya juga kamu percaya sama calon pasangan. Tapi yang harus diingat adalah kita harus yakin bahwa semua takdir dari Allah yang sudah sampai ke kita adalah yang terbaik.

Praying

Source: ilmfeed.com

Yang terakhir adalah berdoa. Malam sebelum hari akad tiba, berdoalah dengan sungguh-sungguh kepada Allah. Karena pernikahan bukanlah permainan yang bisa kamu akhiri dengan hanya satu atau dua kata saja. Pernikahan adalah janji suci antara kita dan Allah. Walaupun perceraian diperbolehkan, akan ada baiknya jika pasangan kamu bisa jadi pasangan seumur hidup yang nemenin kamu bahkan sampai di akhirat kelak. Dan memutuskan menikah dengan dia berarti kamu siap menerima semua kekurangan, kelebihan, kebiasaan buruk, dan apapun itu tentangnya.

Begitulah kira-kira Moeslemates yang bisa saya sampaikan dari cerita dan pengalaman teman-teman saya yang sudah menikah. Mungkin terlihat mudah jika hanya dibicarakan, tapi kenyataannya tidak semudah itu lho Moeslemates. So, jika kamu berniat untuk menikah, pikirkan baik-baik, matang-matang dan serahkan segala apapun akhirnya kepada Allah ya. Mudah-mudahan kita diberikan pasangan yang bisa membawa kita menjadi keluarga yang qurrata a'yun. Aamiin.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS