1940
  2016-12-09       cdn2.insidermonkey.com

How to Speak English with Japanese

Beberapa poin di bawah ini bisa menjadi solusi saat kamu tidak mampu berkomunikasi langsung dengan orang Jepang memakai bahasa Inggris.

Lidya O. 42 views

Source: i.ytimg.com

Bahasa Jepang memiliki beberapa konsonan dan vokal yang lebih sedikit dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kesulitan yang dialami orang Jepang saat berbicara bahasa Inggris biasanya terletak pada pengucapannya. Bersyukurlah kita sebagai orang Indonesia yang bisa melafalkan banyak pengucapan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Jepang dengan lancar. Tapi, bagi orang Jepang pada umumnya, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang pengucapannya totally different dari bahasa Jepang. Sehingga wajar mereka memiliki "Japanese English" yang sulit dipahami oleh kita.

Nah, ada beberapa poin yang penting nih untuk kita ketahui saat akan berkomunikasi dengan orang Jepang menggunakan bahasa Inggris. Simak yuk!

Move Slowly, Guide Them Step By Step

Source: lh5.ggpht.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jangan bicara terburu-buru. Sepengetahuan saya mengenal mereka yang bisa atau fasih bahasa Inggris sekalipun, terkadang mereka suka "miss" sama apa yang kita ucapkan dan kalau malas untuk bertanya, mereka cuma ngangguk-ngangguk aja lho.

Start with Open Questions

Jangan langsung bertanya pada sesuatu yang akan mereka jawab dengan "yes" atau "no". Mereka biasanya sulit menjawab dengan pasti. Kadang suka muter-muter dulu, basa-basi, dan tidak to the point.

If They Don't Get You, Just Repeat the Same Words

Saat berkomunikasi dengan mereka, perhatikan juga gerak-gerik serta ekspresi yang mereka perlihatkan ke kita. Biasanya, orang Jepang akan mudah kelihatan bingung atau tidak mengerti pada sesuatu lewat raut wajahnya. Jangan bosan untuk mengulang lagi apa yang kamu ucapkan ke mereka. Tentunya, dengan senyum dan pengucapan yang jelas ya supaya mereka lebih cepat mengerti.

Wait Till They Finish Their Sentences

Kalau yang ini pengalaman saya. Waktu itu saya pernah ngajar bahasa Inggris ke salah satu expatriate Jepang yang tinggal di Jakarta. Beliau memang secara pengucapan kurang jelas dan berpikirnya juga cukup lama. Jadi, waktu kami bercakap-cakap, biasanya saya mempersilakan beliau untuk melanjutkan atau menyelesaikan kalimat yang ingin diucapkannya terlebih dahulu. Walaupun saya sudah bisa menebak sih apa yang mau dibicarakannya.

Respond to Every Question, Concern and Doubt

Ini penting untuk kamu ketahui. Pada saat kamu berteman dengan orang Jepang, jangan lupa untuk menjawab semua pertanyaan mereka ya. Biasanya mereka akan bertanya saat tidak tahu dan butuh bantuan kita. Dan mereka cukup detail dalam mendalami sesuatu, kritis dan senang berargumen. Walaupun, ya, terkadang kita dibuat mikir banget sama caranya mereka menyampaikan apa yang ada di pikirannya.

Pause After an Exchange About a Topic

Yang terakhir adalah berikan jeda di setiap akhir kalimatmu. Respon juga dengan mengangguk, mengiyakan atau dengan ucapan "hmm", "oh I see", "ah, that's really good", or something like that. Dan hampir semua orang Jepang melakukan percakapan dengan jeda seperti itu. Kalau dalam bahasa Jepang mereka biasanya mengucapkan, "sokka", "sou desuka", "naruhodo", "maa ne", "sou sou" dan lain-lain. Pokoknya, selalu balas dan respon ucapan mereka untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan mereka.

Seperti itulah kira-kira Moeslemates hal-hal yang perlu kita perhatikan saat akan berkomunikasi dengan orang Jepang menggunakan bahasa Inggris. Semoga bermanfaat ya dan nantikan terus ya artikel saya seputar bahasa asing dan Jepang!

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS