1925
  2017-01-11       www.bintang.com

Gaya Hidup dan Masalah Kulit yang Dihadapi

Sadarkah kamu bahwa gaya hidup sangat berpengaruh terhadap keadaan kulitmu? Apa saja gaya hidup yang paling berpengaruh terhadap ksehatan kulit?

Official Brawijaya Hospital and Clinic 117 views

Kehidupan di perkotaan setiap harinya, menyebabkan kulit kita berhubungan lingkungan tempat tinggal dan beraktivitas seperti polusi, cuaca, dan pendingin ruangan. Gaya hidup termasuk kurangnya tidur, merokok, alhokol, makanan sepat saji dapat menyebabkan timbulnya masalah pada kesehatan kulit.

Berikut ini adalah contoh hal penting yang dapat menganggu kesehatan kulit:

1. Merokok

Merokok menyebabkan kerusakan epidermis akibat iritasi langsung dan pada lapisan dermis akibat masuknya zat iritan melalui pembuluh darah juga berkurangnya lapisan pelembab dipermukaan stratum korneum sehingga kulit berkeriput.

Penemuan makromolekuler, menunjukkan akumulasi material elastosis akibat terjadinya degradasi kolagen dermis. Selain itu, kontraksi otot sekitar bibir saat merokok merupakan salah satu penyebab terbentuknya keriput sekitar bibir, dan sekitar sudut mata (crows feet).

2. Alkohol

Konsumsi Alkohol merangsang stimulasi hormon kortisol. Kortisol merupakan hormon yang dapat menyebabkan hancurnya serabut kolagen dan menyebabkan timbulnya keriput. Konsumsi alkohol menahun mempercepat penuaan.

3. Faktor Lingkungan

Source: allpicts.in

Penuaan ekstrinsik adalah proses penuaan yang disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan. Sedangkan penuaan intrinsik terjadi akibat faktor genetik/ biologic clock. Faktor lingkungan yang banyak dijumpai diantaranya akibat konsumsi alkohol, paparan sinar matahari, polusi udara, stress psikologik, kurang berolah raga, dan konsumsi makanan cepat saji/nutrisi buruk.

Delapan puluh persen penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari. Ultraviolet A merusak lapisan epidermis dan dermis, sedangkan ultraviolet B hanya merusak lapisan epidermis. Radiasi sinar ultraviolet ini menyebabkan produksi enzim enzim penghancur kolagen dermis, yang dapat dilihat sebagai keriput. Penggunaan tabir surya sehari-hari bermanfaat untuk mencegah kerusakan akibat paparan cahaya matahari.

4. Dehidrasi

Air merupakan komponen massa tubuh terbesar. Sebanyak 75% berat tubuh terdiri atas air. Air terutama ditemukan didalam sel, sekitar sel dan didalam pembuluh darah. Pada cuaca panas dan tubuh berkeringat, air akan menguap dan dapat menyebabkan dehidrasi. Pada kulit, dehidrasi tampak sebagai kulit pecah-pecah, tampak garis-garis kering, kasar, gatal, kadang nyeri karena timbul luka. Untuk mencegah keadaan ini sangat dianjurkan menggunakan sabun pembersih non-detergent, rutin manggunakan pelembab berbahan dasar minyak.

5. Kurang menjaga kebersihan

Secara normal terdapat beberapa bakteri yang terdapat secara teratur pada permukaan kulit manusia, contohnya Staphylococcus epidemidis. Bakteri ini tidak berbahaya, bahkan bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan berlebihan dari mikroba penyebab penyakit. Penggunaan bahan kimia seperti sabun untuk membersihkan tubuh, dapat menghilangkan mikroba penyebab penyakit.

Pada keadaan dimana seseorang tidak menjaga kebersihannya dengan baik, seperti tidak teratur membersihkan tubuh, jumlah mikroba penyebab penyakitakan meningkat, sehingga timbul gejala dan tanda infeksi kulit. Sehingga sangat dianjurkan untuk menjaga higiene dan sanitasi diri.


Gaya hidup dan lingkungan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kondisi dan keseharan kulit. Sehingga sangat dianjurkan menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan menggunakan produk yang dapat memelihara kesehatan kulit kita.

Ditulis Oleh:

dr. Arieffah, SpKK
Brawijaya Clinic Buah Batu Bandung

Official Brawijaya Hospital and Clinic
Official Brawijaya Hospital and Clinic
Brawijaya Clinic @Buah Batu – Bandung (BCBB). Klinik kese...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Brawijaya Hospital and Clinic
Official Brawijaya Hospital and Clinic
Brawijaya Clinic @Buah Batu – Bandung (BCBB). Klinik kesehatan wanita yang terpercaya d...

no comments

Follow Moeslema on SNS