1922
  2016-12-09       www.gamisjilbabsyari.com

9 Tips Aman dan Nyaman Bersepeda Motor bagi Muslimah

Memakai helm saja tidak cukup loh

Fany Darrienda 270 views

Assalamualaikum, Moeslemates!
Bersepeda motor rasanya sudah menjadi pilihan transportasi utama sekarang ini. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, bersepeda motor dianggap lebih efektif untuk menembus kemacetan dan dari segi waktu. Fany yakin tidak sedikit dari Moeslemates yang memilih bersepeda motor untuk bepergian baik menaiki sepeda motor pribadi atau ojek, konvensional maupun online. Nah, Fany punya tips agar Moeslemates nyaman dan pastinya aman bersepeda motor.

Selalu Kenakan Helm!

Source: www.jualrokcelanamuslimah.blogspot,com

Terutama kalau Moeslemates menggunakan jasa ojek. Pengalaman Fany dengan sopir ojek konvensional, banyak yang tidak menawarkan helm kepada penumpang dengan alasan dekat. Moeslemates harus bersikeras memakai helm ya. Ada beberapa tukang ojek beralasan hanya memiliki satu helm. Moeslemates juga harus berani meminta abang ojek meminjam helm kepada rekannya yang memiliki helm lebih dari satu. Kan dekat, berarti pinjamnya juga sebentar dong.
Kalau sopir ojek online biasanya selalu membawa dua helm karena merupakan peraturan dari perusahaan tapi pernah juga Fany menemui abang ojek yang hanya membawa satu helm dengan alasan basah kehujanan atau sedang dipinjam rekan sesama sopir ojek lain. Lagi-lagi, Moeslemates harus teguh memakai helm. Minta kepada abang ojek untuk meminjam helm juga kepada rekan lain.
Kalau abang ojek (baik ojek konvensional maupun ojek online) terlalu banyak alasan untuk tidak mau meminjam helm, lebih baik beralih ke tukang ojek lain atau cancel saja. Jarak dekat dan buru-buru bukan alasan untuk mengabaikan keselamatan diri ya, Moeslemates.

Source: www.bicarawanita.com

Tidak asal memakai helm ya, Moeslemates. Tidak perlu mahal, yang penting sesuai SNI. Sebaiknya pilih helm dengan kaca bening dan menutupi seluruh wajah. Ukuran helm juga penting diperhatikan. Jangan terlalu besar, jangan juga terlalu kecil agar Moeslemates tidak merasa pusing akibat tekanan di kepala apalagi bagi Moeslemates yang memakai kacamata. Moeslemates yang biasa menggelung rambut juga sebaiknya tidak menggelung rambut terlalu kencang ya. Selain tidak baik untuk rambut hal ini juga mengurangi pusing. Saat Moeslemates akan membeli helm, coba pakai helm dalam keadaan rambut digelung jadi Moeslemates bisa mengira-ngira ukuran pas saat memakai helm waktu rambut digelung maupun tidak.
Yang paling penting, tidak hanya memakai helm tapi juga pasang tali helm. Sampai berbunyi ‘klik’ ya!

Kenakan Jaket

Selain meminimalisir hantaman angin di jalan khususnya saat Moeslemates bersepeda motor pada malam hari, jaket juga berfungsi untuk menjaga aurat. Nggak lucu kan berjilbab lebar atau memakai baju longgar tapi berkibar-berkibar tertiup angin sampai tersingkap.

Source: www.mulpix.com

Sebaliknya, untuk Moeslemates yang berhijab lebar, memakai jaket berfungsi untuk menjaga hijab agar tidak menutupi lampu sen di bagian belakang motor sehingga pengendara motor di belakang kita tahu kalau kita memberi kode akan berbelok.
Selain itu, kalau misal (naudzubillah) Moeslemates terjatuh dari motor, jaket juga berguna untuk mengurangi gesekan antara aspal atau jalan sehingga meminimalisir luka.

Berhati-hati dengan Rok

Source: www.satelitnews.com

Sebaiknya tidak memakai rok yang terlalu lebar saat bersepeda motor. Memakai rok yang terbuat dari sifon dan kain-kain halus lainnya juga tidak dianjurkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah rok terbelit ke rantai. Sudah banyak kecelakaan karena hal ini loh, Moeslemates. Kalau terpaksa memakai rok model begini, antisipasi dengan menduduki rok atau kalau Moeslemates membonceng selalu jaga rok sejauh mungkin dari rantai. Tapi hati-hati juga jangan terlalu tinggi mengangkat roknya ya.
Sebaliknya, rok yang terlalu sempit juga sebaiknya dihindari. Ini membuat kaki Moeslemates tidak leluasa bergerak, apalagi kalau saat menembus macet atau banyak menghadapi lampu lalu lintas yang mengharuskan Moeslemates menurunkan kaki untuk menjaga keseimbangan.

Kenakan Legging

Source: www.yukitakepo.com

Untuk Moeslemates yang memakai rok, jangan lupa juga memakai legging ketika memutuskan bersepeda motor apalagi yang (lagi-lagi) menggunakan jasa ojek atau Moeslemates yang menebeng teman.
Mengenakan legging juga berguna apabila Moeslemates mengalami musibah misalnya rok terbelit rantai seperti penjelasan sebelumnya atau terjatuh, aurat Moeslemates tidak terumbar.

Tidak Membonceng dalam Posisi Miring

Source: www.istrimuslimah.com

Malas pakai legging karena berpikir bisa disiasati dengan membonceng miring? Sebaiknya ubah pemikiran itu sekarang, Moeslemates.
Fany sangat tidak menyarankan Moeslemates membonceng dengan posisi duduk miring karena berbahaya. Beban menjadi tidak seimbang sehingga lebih menyulitkan pengendara di depan mengendalikan keseimbangan motor.
Apalagi saat Moeslemates membonceng dengan posisi duduk miring saat naik ojek, Moeslemates jadi kesulitan berpegangan. Biasanya Moeslemates nggak mau pegangan ke abang ojeknya kan. Kalau Moeslemates sedang tidak waspada, saat pengendara mengerem atau melaju mendadak, Moeslemates bisa terlempar dari motor loh. Naudzubillah.

Pakai Alas Kaki yang Nyaman

Source: www.otomotif.news.viva.co.id

Sebaiknya hindari memakai alas kaki dengan hak tinggi atau tebal saat bersepeda motor. Hak tinggi atau tebal membuat Moeslemates tidak bisa menginjakkan kaki secara langsung di jalan sehingga menyulitkan Moeslemates bermanuver. Resiko terpeleset juga besar apalagi saat musim hujan seperti sekarang. Kalau terpaksa menggunakan alas kaki dengan hak tinggi atau tebal, sebaiknya simpan dulu saat Moeslemates sedang bersepeda motor. Gunakan sandal saat bersepeda motor, ketika sudah sampai di tempat tujuan baru deh ganti dengan alas kaki yang diinginkan.
Ribet? Tidak sebanding kok dengan keselamatan Moeslemates.

Kenakan Masker

Source: www.otonity.com

Bersepeda di jalan besar sudah pasti akan bertemu dengan debu dan asap dari kendaraan lain. Untuk menghindari zat-zat berbahaya terhirup masuk ke dalam tubuh, selalu gunakan masker saat bersepeda motor terutama di Jakarta yang tingkat polusinya sudah tidak diragukan lagi. Masker juga berguna untuk ‘menyembunyikan’ wajah Moeslemates untuk menghindari orang-orang yang berniat jahat.

Kenakan Alat Pelindung Lain

Source: www.youtube.com

Ada beberapa teman Fany yang enggan memakai sarung tangan saat bersepeda motor dengan alasan tangan menjadi gerah. Padahal sarung tangan juga penting sebagai alat perlindungan diri saat bersepeda motor, sebagai peminimalisir gesekan antara kulit dengan aspal atau jalan apabila terjatuh dan juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Kalau merasa gerah memakai sarung tangan, Moeslemates bisa memilih sarung tangan yang terbuka di bagian jari-jarinya. Tapi sebaiknya sih seluruh tangan Moeslemates tertutupi agar terlindungi sempurna ya.

Memakai kaos kaki juga memiliki fungsi sama seperti sarung tangan, apalagi kalau Moeslemates memakai alas kaki yang tidak tertutup seluruhnya seperti sandal atau flat shoes. Sebaiknya pilih kaos kaki dengan bahan tebal agar resiko sobeknya kecil.

Mengenakan pelindung dada juga tidak ada salahnya loh, Moeslemates. Apalagi jika jarak tempuhnya jauh. Selain mengurangi benturan, pelindung dada ini juga menahan hantaman angin.

Jaga Barang Berharga

Source: www.dwinugros.wordpress.com

Biasanya pada motor matik disediakan bagasi kecil dan cantolan di bagian bawah stang tapi jangan pernah menyimpan uang dalam jumlah banyak, handphone, dompet, dan barang berharga lain di sana. Resiko uang terbang, terjatuh karena guncangan, atau handphone, dompet, dan barang berharga itu diambil tangan usil di jalan sangat besar.

Simpan uang, handphone, dompet, dan barang berharga lain di tas bagian dalam. Ingat ya Moeslemates, di bagian dalam, jangan di saku tas. Kemudian selalu letakkan tas di bagian tubuh bagian depan atau kalau memungkinkan simpan tas di bagasi bawah jok saja.

Source: www.kilatnews,com

Berponsel saat mengendarai sepeda motor juga berbahaya loh Moeslemates.
Sudah banyak korban dan peringatan, nyatanya masih banyak pula pengendara yang bandel.
Apabila harus menelepon, menerima telepon, atau membalas pesan penting, sebaiknya menepi dulu.
Selain berbahaya karena karena mengganggu konsentrasi, kalau lengah bisa direbut sama tangan usil.

Yang sering Fany lihat nih, bukan hanya pengendara, banyak juga pembonceng, baik membonceng teman atau ojek, mereka asyik memainkan handphone. Wah, ini juga bahaya Moeslemates. Selain tidak berpegangan karena tangan sibuk dengan handphone, saat berhenti karena macet atau karena di lampu merah, lagi-lagi bisa direbut oleh tangan-tangan usil.

Sebaiknya tidak memainkan handphone meskipun Moeslemates membonceng. Kalau Moeslemates sedang ditunggu, sebelum berangkat beritahukan dulu bahwa Moeslemates akan segera menuju ke tempat tujuan dan tidak bisa dihubungi karena berada di jalan. Jangan lupa untuk tidak meletakkan tas di bagian belakang.

Nah, bagaimana Moeslemates? Sudahkan Moeslemates bersepeda motor sesuai dengan hal-hal tersebut di atas? Kalau sudah, pertahankan kebiasaan baik dan ingatkan sesama Moeslemates lain. Kalau belum, wah sebaiknya berubah mulai sekarang ya. Singkirkan dulu ego, malas ribet, demi keselamatan kita berkendara.
Hati-hati di jalan, Moeslemates!
Wassalamualaikum!

Fany Darrienda Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mo...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mother

no comments

Follow Moeslema on SNS