1905
  2016-12-09       sacchef.files.wordpress.com

Cara Melelehkan Cokelat yang Benar dan Mudah

Untuk penggemar cokelat yang ingin membuat kreasi cokelat sendiri, intip dulu tips ini yuk!

santi lisnawati 46 views

Untuk penggemar cokelat yang ingin membuat kreasi cokelat sendiri di rumah, ada tips khusus untuk melelehkan cokelat nih. Lumayan kan jadi lebih irit karena gak harus selalu beli cokelat di supermarket :)

Potong cokelat kecil-kecil

Langkah pertama adalah potong cokelat batangan kecil-kecil agar mudah dilelehkan. Agar lebih cepat meleleh, parut cokelat karena semakin halus teksturnya akan semakin mudah meleleh jika dipanaskan.

Siapkan panci dan mangkok tahan panas

Untuk proses selanjutnya, siapkan mangkok tahan panas dengan diameter lebih besar dari panci. Isi setengah panci dengan air lalu letakkan mangkok di atasnya, pastikan bagian bawah mangkok tidak mengenai air. Hindari wadah cokelat mengenai api langsung agar cokelat tidak gosong. Nyalakan api kecil lalu aduk terus cokelat hingga mencair.

Note: Moeslemates bisa gunakan dandang alat kukus untuk pengganti panci dan mangkok aluminium jika tidak ada mangkok kaca anti panas

Tips mengaduk lelehan cokelat

Pastikan cokelat terus diaduk agar tidak ada bagian yang menggumpal. Jika air sudah mendidih tapi cokelat belum meleleh betul, matikan dulu api lalu lanjutkan aduk cokelat. Selang beberapa saat, silakan nyalakan kembali api kecil lalu lanjutkan mengaduk cokelat.

Tak perlu takut gagal melelehkan cokelat batangan untuk kreasi cemilan di rumah. Just try this tips! :)

More step by step on this video below.

santi lisnawati santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS