1892
  2016-12-08       ptrmans.files.wordpress.com

Tips Sukses Menjadi Public Speaker dan Pembicara Ulung

Ingin tau tips menjadi public speaker yang sukses dan pembicara ulung? Simak tips berikut ini.

Syanin Ss 20 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Public speaking mungkin terdengar menakutkan bagi sebagian orang, bahkan makan pun rasanya hampa tiap mengingat harus tampil di hadapan publik. Duhh , daripada was-was dan cemas berlebihan sebaiknya simak terlebih dahulu yuk tips cara sukses menjadi public speaker yang handal berikut ini!

Persiapan yang Matang

Source: cos.unitedcp.com

Mungkin bagi beberapa orator ulung, sekelas Presiden Soekarno tidak akan begitu mempermasalahkan tampil di depan publik tanpa persiapan. Orang-orang sekelas beliau terbiasa tampil di depan umum, jadi sudah terlatih untuk menyampaikan orasi, dan seperti kata pepatah ‘Practice makes perfect’, dengan seringnya para orator ulung tampil di depan umum, mereka akan terbiasa. Tetapi berbeda lagi jika orang awam yang jarang tampil di depan publik, untuk itulah dibutuhkan persiapan yang matang sebelum tampil.

Tetap Tenang

Source: i.huffpost.com

Jangan pernah tunjukan kegugupan kamu di hadapan audience, hal tersebut justru akan membuat kamu terlihat tidak siap. Seorang orator ulung hanya membutuhkan sekitar 30 detik untuk mengumpulkan kembali kepercayaan dirinya. Jadi tetap tenang, dan jangan pernah biarkan audience melihat kegugupan kamu yah, Moeslemates.

Melibatkan Audience Kamu

Source: www.edelman.com

Bagaimana sih rasanya berbicara sendiri di depan? Pasti kaku dan agak aneh yah. Nah, untuk membuat suasana lebih nyaman kamu bisa mencoba melibatkan audience dengan mengajak mereka bercanda, atau sekadar menanyakan suatu pertanyaan yang akan menghidupkan suasana. Hal tersebut tentu membuat kamu menjadi pembicara publik yang menakjubkan. Jika kamu masih ragu dan belum terlalu pede untuk bercakap-cakap audience, kamu bisa mulai membangun kontak mata dengan banyak orang.

Percaya Diri

Tidak ada satupun manusia yang terlahir langsung mahir menjadi public speaker, seperti yang disebutkan diawal “Practice makes perfect”. Bahkan orang sekelas Warren Buffet pun awalnya sempat tidak percaya diri untuk membawakan pidato di depan umum, dan yang terparah Warren sempat menghindari kelas-kelas yang membutuhkan presentasi. Tetapi semakin lama, Waren berfikir mengapa teman-temannya bisa sedangkan ia justru menghindar? Mulai dari situlah perjalanan karir gemilang Warren dimulai. Nah, dari situ terbuktikan kalau kamu juga bisa menjadi orang-orang yang acap kali tampil di depan umum?

Jangan Pernah Coba Melawan Rasa Takut

Rasa takut itu manusiawi, siapapun pasti pernah terlibat dengan perasaan satu ini. Tapi ingat, jangan terlalu berlarut-larut, kendalikan diri dan pahami apa akar dari ketakutanmu, apa mungkin kamu takut jika audience menyoraki saat maju ke depan? Atau takut tidak mampu menjawab pertanyaan yang dilontarkan audience? Jika kamu sudah mengetahui penyebab rasa takutmu, pikirkan hal-hal positif yang mampu membuat kamu rileks kembali. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan. Berdzikir, dan membaca bismillah bisa jadi penawar ampuh untuk mengatasi rasa takut kamu.

Itu tadi beberapa tips sukses menjadi public speaker Moeslemates, semoga membantu:D

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS