1883
  2016-12-08    

3 Resep Penganan Khas Makassar

Buat Moeslema yang berencana untuk Trip ke Makassar jangan lupa cicip penganan tradisional khas Makassar yang di jamin rasa uenakkkk banget. Tapi moeslema juga bisa buat dirumah sendiri loh, nih aku kasih resepnya dehh ;)

Khusnul Khatimah 105 views

Let's taste the traditional cake ;)

Pisang Epe'

Foto by @nukhusnulk

Pisang Epe adalah salah satu ikon kuliner khas Makassar. Yang ingin menikmatinya, pisang epe sangat mudah didapatkan. Disepanjang jalan anjungan pantai losari ada puluhan jejeran penjual pisang epe, anda tinggal memilih saja tempat mana yang ingin anda singgahi untuk menikmatinya. Makan pisang epe sambil menikmati sunset di anjungan pantai losari rasanya tentu sangat romantic apalagi bersama dengan orang-orang terdekat. Tetapi bagi yang tidak sempat meluangkan waktunya untuk menikmati sunset sambil mencicipi pisang epe, anda tetap dapat menikmatinya sambil berkumpul dengan keluarga dan menonton tv dirumah. Kami akan memberikan resep membuat pisang epe karena cara membuatnya sangat mudah dan gampang mendapatkan bahannya. Pisang Epe asli sausnya menggunakan gula merah tetapi anda bisa memberikan tambahan lain sesuai selera seperti coklat, keju, susu, milo, dan lainnya. Berikut caranya :
Bahan utama:
- 1 sisir pisang kapok matang
- Margarine secukupnya
Bahan tambahan untuk saus:
- 1 buah gula merah ukuran sedang
- 1 bungkus keju
- 1 batang coklat
- 1 bungkus milo
Cara membuatnya:
- Pisang kepok yang sebelum nya sudah kita tipiskan atau pipihkan di olesi dulu dengan margarin yang sudah di persiapkan. Oleskan secara merata dan pastikan semua bagian terkena margarin. Setelah itu, pisang yang sudah pipih tersebut di panggang menggunakan panggangan yang sudah kita persipakan di langkah.
- Untuk hasil yang maksimal dan merata, sebaik nya gunakan kipas tangan. Pastikan Pisang tersebut kita bolak-balikan supaya tidak gosong dan menghitam di salah satu sisi nya.
- Untuk saus nya, semua bahan terlebih dulu di cuci bersih. Rebus air dulu sampai matang. Setelah itu masukkan gula merah dan terus di aduk. Setelah gula setengah cair, masukan garam dapur dan gula pasir. Terakhir masukan daun pandan dan terus diaduk sampai gula merah menyatu dengan air.
- Setelah dirasa tingkat kematangan cukup atau sesuai selera, kita angkat pisang tersebut dan di taruh di piring saji. Setelah itu, siram dengan gula merah dan bahan tambahan lain, seperti keju parut, coklat, susu, milo, atau yang lain sesuai selera.

BARONCONG

Foto By @nukhusnulk

Kue baroncong adalah salah satu kuliner tradisional Makassar yang sampai saat ini masih diminati. Bentuknya berbentuk setengah lingkaran seperti kue pukis. Kue baroncong rasanya gurih dan lezat serta sangat enak dinikmati saat masih hangat dengan suasana pagi dan sore hari yang sejuk. Biasanya kue baroncong disajikan dengan secangkir teh ataupun kopi hangat. Membuat kue baroncong ini sangat mudah dan praktis, bahannyapun mudah anda dapatkan. Jika ingin membuatnya sendiri dirumah sebagai cemilan pagi hari tentu anda bisa membuatnya sendiri. Berikut caranya:
Bahan Utama:
- Terigu
- Kelapa parut setengah tua
- Santan encer/air
- Gula
- Soda kue
- Garam
Cara Membuatnya:
- Panaskan cetakan kue, lalu olesi dengan sedikit minyak
- Kemudian campurkan tepung, kelapa parut, air/santan, gula dan garam. Lalu aduk merata dan jadi adonan yang agak encer
- Tuang kedalam cetakan kue, diamkan sebentar, lalu tutup cetakan. Kemudian panggan hingga agak berwarna kecoklatan dan adonannya matang, sebaiknya di panggang menggunakan bahan dasar kayu bakar.
- Cungkil sedikit bagian sisinya, kemudian angkat kue yang telah masak
- Kue baroncong siap untuk dihidangkan

Putu Cangkiri’

Foto By @nukhusnulk

Putu Cangkiri’ ini adalah panganan dari ketan yang bentuknya menyerupai bagian bawah cangkir jika posisinya diletakkan terbalik. Kesederhanaan dalam bahan, bentuk dan proses pembuatannya yang menjadi daya tarik tersendiri. Putu Cangkiri’ biasanya dibuat dengan dua varian rasa, yaitu manis dengan gula merah dan gula putih. Jika menggunakan gula merah, maka otomatis warna Putu Cangkiri’ juga merah begitupun ketika menggunakan gula putih (gula pasir). Putu Cangkiri’ juga dapat dibuat dirumah dengan resep praktis, bagi anda yang sedang merantau membuat sendiri kue Putu Cangkiri’ mungkin dapat mengobati sedikit rindu kampung halaman. Berikut cara membuatnya:
Bahan utama:
- 75gr tepung beras putih
- 50gr tepung ketan putih
- 100gr gula merah (dimasak dengan 100ml air dan pandan lalu disaring)
- Secubit garam
Bahan tambahan:
- ¼ kelapa dan diparut
Cara membuatnya :
- Siapkan kukusan. Panaskan kopor dengan dengan api yang agak tinggi di atas kompor.
- Aduk tepung ketan, tepung beras, dan garam halus sampai rata. Tambahkan air gula merah sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai berbutir kasar dan lembab. Larutan gula merahnya tidak harus habis. Jangan sampai basah karena akan susah diayak. Ayak sampai keluar butiran halus.
- Masukkan sedikit tepung dalam cetakan. Jangan ditekan-tekan. Beri isi kelapa lalu tutup lagi dengan tepung.
- Tata rapi cetakan dalam dandang. Kukus selama kurang lebih 35menit (kalau memakai kukusan khusus hanya sekitar 5 menit). Jika belum matang juga lepaskan dari cetakan lalu kukus lagi tanpa cetakan.
- Angkat biar uap panasnya hilang. Simpan diwadah tertutup agar tidak kering dan keras. Putu cangkiri siap disajikan.

Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS