1877
  2016-12-07       encrypted-tbn0.gstatic.com

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Memasak Daging Iga

Jika iga adalah menu favoritmu, coba masak sendiri di rumah yuk. Eits, hati-hati! Ada hal-hal yang harus dihindari saat memasak iga untuk hasil yang enak di lidah.

santi lisnawati 201 views

Daging iga sapi memang enak dan jadi menu favorit banyak orang. Mulai dari sop iga hingga iga bakar, rasanya tidak ada yang mengecewakan. Jika moeslemates ingin mencoba memasak iga bakar yang empuk dan tidak alot, ada beberapa hal yang harus dihindari demi mendapatkan cita rasa yang sempurna. Apa sajakah itu?

Lapisan lemak pada daging iga

Jika moeslemates memimpikan daging iga yang lembut dan tidak alot, hilangkan lapisan tipis lemak pada daging karena akan mengeras saat dibakar nanti. Caranya berdirikan daging iga, lalu iris perlahan lapisan lemak ini dengan pisau tajam. Jika daging terlalu licin, coba gunakan kain atau handuk kecil untuk memudahkan pegangan.

Langsung membakar daging iga mentah

Source: a.dilcdn.com

Membakar langsung daging dari mentah hingga matang memang lebih mudah dilakukan. Tapi untuk mendapatkan iga yang benar-benar empuk, sebaiknya dimasak dahulu sebelum dibakar. Caranya bisa dengan memanggang di oven atau merebusnya di air mendidih baru kemudian dibakar dan dibumbui.

Terlalu cepat menambahkan saus pada daging iga

Source: a57.foxnews.com

Biasanya saus bumbu untuk iga bakar mengandung gula dan madu. Jika saus ini dioleskan terlalu cepat, bisa mengakibatkan daging gosong. Solusinya adalah dengan mengoleskan saus ini 10-15 menit sebelum daging selesai dibakar.

Terlalu cepat atau lama membakar daging iga

Demi mendapatkan tingkat kematangan daging iga yang pas, diperlukan timing memasak yang tepat. Hal ini tentu cukup sulit bagi pemasak pemula. Kuncinya adalah jika daging iga mulai melengkung dan sedikit lepas dari bagian tulangnya, berarti daging sudah siap untuk diangkat dan dihidangkan.

Api terlalu besar saat membakar daging iga

Ingin tekstur daging iga yang empuk dan juicy? Hindari api yang terlalu besar saat proses pembakaran. Api dengan temperatur terlalu panas akan membuat daging jadi kering dan keras.

Memasak daging iga bakar memang susah-susah gampang nih, moeslemates. Tapi kalau sudah tahu triknya, pasti jadi lebih mudah kan? Selamat mencoba :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS