1849
  2016-12-07       liburmulu.com

Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih Dibalik Barisan Tebing Karang yang Kokoh

Berbicara tentang Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya. Selain wisata budaya yang populer sampai berbagai belahan dunia, Yogya juga memiliki wisata pantai yang tak kalah cantiknya dengan pantai di Bali bahkan Lombok.

Novia Causal 77 views

Siapa yang tak kenal dengan Yogyakarta. Kota yang terkenal akan warisan budaya nya yang kental dan pelajarnya yang pintar-pintar ini memang membuat setiap orang yang menjejakkan kaki disini ingin segera kembali lagi. Semua obyek wisata yang dimiliki sangat menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya, dan wisata keilmuan. Kali ini saya akan membahas wisata pantai nya.

Yogyakarta terletak di bagian selatan pulau Jawa. Maka wajar bila Yogyakarta memiliki banyak wisata pantai yang patut kita kunjungi karena letaknya berdekatan dengan Samudera Hindia. Apabila moeslemates pergi ke Yogya, pasti pantai yang terkenal yaitu Pantai Parangtritis yang memiliki pasir berwarna hitam. Untuk pantai yang memiliki pasir berwarna hitam , moelemates datang saja pantai di daerah Bantul. Namun, bila moeslemates ingin menikmati pantai berpasir putih, berkunjunglah ke kawasan Gunung Kidul. Disana banyak sekali pantai berpasir putih yang sangat bersih dan belum terjamah manusia. Salah satu pantai yang ada dikawasan Gunung Kidul yaitu Pantai Pok Tunggal.

Pohon Duras sebagai 'Icon'

Nama Pantai Pok Tunggal diberikan kepada pantai ini dikarenakan ditepi pantai tumbuh sebuah pohon Duras (Pok) yang notabene hanya hidup dibenua afrika. Pohon ini menjadi keunikan tersendiri mengingat jarang sekali ada pohon duras yang dapat hidup ditepi pantai. Maka dari itu masyarakat sekitar menyebutnya dengan Pantai Pok Tunggal (Pohon Pok hanya satu). Pohon ini sangat dijaga oleh masyarakat sekitar, karena ini pohon satu-satunya yang tumbuh dipantai ini dan apabila ada pengunjung yang merusaknya, warga sekitar tak segan untuk menegur.

Source: www.utiket.com

Dikelilingi Tebing Karang Yang Kokoh

Pantai Pok Tunggal memang unik. Pantai ini terletak diantara perbukitan karst (kapur) yang mengeliling wilayah Gunung Kidul. Konon katanya pasir putih yang ada dipantai ini ada campuran kandungan karst yang ada diwilayah ini. Keunikan lain yaitu, terdapat dua buah bukit karang yang berbaris kokoh, membuat kesan pantai ini dilindungi oleh 2 bodyguard yang kuat yang dengan setia menghalau ombak yang berguling-guling.

Source: dokumentasi pribadi

Tebing Karang itu ternyata bisa dipanjat lhoh moeslemates. Bagi pecinta wisata ekstrim, bisa dicoba naik ke atas bukit lalu coba lihat pemandangan dari atas. Kita akan menyadari betapa kecilnya diri kita diatas ciptaan Allah yang Maha Agung ini. Saya penasaran dengan bukit tersebut dan mencoba mendaki. Jangan dibayangkan segampang yang tivi sebelah siarkan ya moeslemates, yang ada panaaas, dan gerah. Jalur track ke bukit karang ini masih manual. Warga sekitar memanfaatkan bambu, kayu, ban bekas untuk menyusun jalurnya. Jadi harus siap nyali kalau memang benar-benar ke atas bukit. Saya menyerah di 1/3 perjalanan hihihi. Semangat moeslemates yang ingin mencoba.

Source: dokumentasi pribadi

Payung Cantik Warna-Warni

Yang menjadi daya tarik lain dari pantai ini yaitu adanya penyewaan payung sekaligus dengan tikarnya bagi wisatawan yang ingin menikmati sepoi-sepoinya angin laut. Payung ini besar muat hingga 4 orang , jadi apabila moeslemates ingin bertamasya bersama keluarga dapat menyewa payung ini seharga Rp 20.000 saja per jamnya. Lucunya, payung ini berwarna-warni, apabila difoto dari atas akan nampak sejajaran gazebo warna-warni seperti pantai di luar negeri sana. Hihihi. Apabila sedang beruntung (saat pagi hari), ombak yang datang tidak begitu besar dan matahari masih teduh, moeslemates dapat melihat dari payung-payung itu karang-karang kecil yang berjajar rapi dibibir pantai. Air laut yang bening membuat karang yang tersembunyi nampak cantiiiik dan benar-benar berasa di Lombok.

Untuk fasilitas dan warung makan, Pantai Pok Tunggal sudah sangat lengkap. Kamar mandi dan toilet telah banyak disediakan oleh warga sekitar dan bersih lhoh. Jadi tidak perlu khawatir setelah main air dipantai membilas badannya dimana yah moeslemates. Disepanjang pantai telah tersedia warung makan yang menjajakan menu seperti masakan dengan bahan seafood,mie rebus, dan es kelapa utuh. Sambil menikmati sepoi-sepoi angin laut dan pemandangan sekitar bisalah moeslemates menepi diresto sepanjang pantai. Harga yang ditawarkan pun tergolong murah dan standar.

Source: dokumentasi pribadi

Bagi moeslemates semua yang ingin berkunjung ke wisata alamnya Yogya, sempatkanlah mampir ke Pantai Pok Tunggal ya. Moeslemates tidak usah jauh-jauh ke Bali atau ke Lombok untuk menikmati putihnya pasir pantai, cukup ke Gunung Kidul moeslemates bisa melihat cantiknya pantai berpasir putih dipantai yang ada diselatan kota Yogyakarta ini.


Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Related Tags
Curator Introduction
Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband

no comments

Follow Moeslema on SNS