1823
  2016-12-06       foodmediaforum.com

ANTIOKSIDAN : PUT IT ON YOUR FOOD LIST

Antioksidan dinilai sangat baik dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh

Widania 14 views

Assalamualaikum, Moeslemates!

Bagaimana harimu? Apakah jadwal harian moeslemates penuh dengan berbagai kegiatan?

Padatnya aktivitas harian membuat kita terkadang tidak memprioritaskan kesehatan tubuh. Memakan makanan cepat saji, tidur tengah malam atau lupa berolahraga. Nah, kalau sudah begini penyakit tentu mudah menyerang bukan?

Radikal Bebas, Berbahayakah?

Moeslemates tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata radikal bebas.

Radikal bebas sendiri terdiri dari dua jenis berdasarkan sumbernya yakni radikal bebas yakni yang bersumber dari dalam tubuh. dan radikal bebas yang berasal dari luar tubuh. Radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh berasal keadaan genetik dari tubuh seseorang sedangkan radikal bebas yang berasal dari luar tubuh berasal dari rokok, polutan lingkungan, obat-obatan dan asap kendaraan.

Radikal bebas yang berasal dari luar tubuh inilah yang akan mempercepat radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh. Radikal bebas apabila terakumulasi semakin banyak dalam tubuh tentunya akan mengganggu kinerja tubuh seperti dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti cancer, mempercepat penuaan dan bahkan kerusakan DNA.

Pentingnya Antioksidan

Sebenarnya manusia memiliiki sistem pertahanan tersendiri untuk melawan efek negatif radikal bebas. Namun tubuh kita memiliki limit untuk mengatasi radikal bebas. Oleh karena itu, asupan antioksidan menjadi perlu untuk dikonsumsi sehari-hari agar tubuh dapat terlindungi dari efek jahat dari radikal bebas.

Ketika tubuh memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk melawan radikal bebas yang masuk kedalamnya maka setiap organ-organ yang pada awalnya tidak memiliki pelindung menjadi terjaga dan terhindar dari radikal bebas sehingga kinerjanya tidak lagi terganggu dan dapat bekerja secara normal.

Makanan sehat bukan berarti selalu tidak enak loh moeslemates. Yuk cek beberapa makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan kita!

1. Kacang merah

Untuk moeslemates yang tidak terlalu suka mengonsumsi kacang merah, dapat membuatnya menjadi es kacang merah. Menggugah selera bukan?

2. Strawberry

Source: www.rhs.org.uk

Rasanya yang manis-manis masam membuat siapa saja jatuh cinta saat mencicipinya. Selain rasanya yang nikmat, buah strawberry ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kita loh, moeslemates

3. Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini bukan hanya sumber makanan berserat tinggi yang tentunya baik untuk yang sedang diet saja, loh! Brokoli pun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi


Wah ternyata tidak sulit menemukan makanan diatas ya, moeslemates?
Yuk ubah komposisi makanan harian kamu dan perbanyak sayur dan buah-buahan.

Hidup sehat itu menyenangkan, bukan? :)


Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS