1817
  2017-05-29       id.pinterest.com

Apa Sih Tujuan Utama Menikah Menurut Ajaran Islam?

Menikah bukan perkara mudah, bukan pula ritual mempersatukan dua insan semata. Yuk ketahui lebih dalam apa saja tujuan utama menikah menurut ajaran Islam

santi lisnawati 93,921 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!

Membangun rumah tangga bukan hanya sekedar bermain peran. Menikah memiliki makna yang lebih dalam dari itu. Pernikahan bukan hanya soal mempersatukan dua hati, tujuan utama menikah itu sendiri perlu lebih diresapi. Daripada terus-terusan galau memikirkan jodoh yang belum juga datang, lebih baik perbanyak ilmu dulu, yuk! Terutama, ketahui dulu sebenarnya tujuan utama dari menikah menurut Islam itu apa sih?

1. Menikah untuk menjauhi perbuatan maksiat

Tujuan utama dari menikah adalah menjauhkan diri dari perbuatan maksiat. Manusia, makhluk yang tak lepas dari khilaf, bisa saja terjebak dalam nafsu syahwat. Demi menjaga diri dari perbuatan maksiat, maka menikahlah. Jika belum mampu, berpuasalah untuk menahan hawa nafsu.

2. Menikah sebagai penyempurna agama

Dalam Islam, menikah merupakan penyempurna agama. Menikah bahkan setara dengan separuh agama. Jadi dengan menikah, separuh agama yang belum terpenuhi kemudian menjadi sempurna serta semakin kuatlah ibadah seorang muslim.

Rasulullah SAW bersabda:

Apabila seorang hamba menikah maka telah sempurna separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya. (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

3. Menikah demi memiliki keturunan

Source: www.aktual.com

Niatkan untuk meneruskan garis keturunan sebagai tujuan menikah. Miliki garis penerus yang berpendidikan baik dan berakhlak mulia. Perbanyaklah generasi penerus yang berkualitas dan mampu membawa kebaikan bagi bangsa.

4. Menikah untuk saling memberikan kenyamanan pada pendamping

Sesungguhnya pria dan wanita diciptakan untuk saling memberikan rasa aman dan nyaman. Apapun itu baik suka maupun duka, bagilah pada pendamping agar suami dan istri saling merasa nyaman satu sama lain.

5. Menikah sebagai penegak syari'at agama

Sudah seharusnya sebagai umat muslim untuk menjunjung tinggi syari'at Islam. Oleh karena itu, jalankan kehidupan pernikahan yang sesuai syari'at agama, patuhi segala perintah-Nya serta jauhi segala larangan-Nya. In shaa Allah, pernikahan akan terasa lebih damai dan membahagiakan.

Perlu diingat Moeslemates, menikah itu bukan perlombaan. Tak usah dipusingkan jika memang jodohmu saat ini belum menghampiri. Lebih baik terus memperbaiki diri sambil menambah ilmu agar lebih siap menghadapi bahtera rumah tangga nanti.

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

1 comments

aadil 2018-09-12 17:52:26

Hello friends this is a great place and good application our game the great information here click this link
play online free pinochle is online video card tacking game this game is very funny and easy level just play the game and enjoy full enjoy thanks for sharing it.

Follow Moeslema on SNS