1813
  2016-12-05       images5.fanpop.com

10 Manfaat Rahasia Telur

Telur adalah makanan yang sangat mudah ditemukan dan diolah. Ternyata ada banyak manfaat rahasia telur yang tidak banyak orang tahu. Penasaran?

santi lisnawati 166 views

Assalamualaikum, moeslemates!

Siapa yang nge-fans berat sama telur? Sudah tahu apa saja manfaat rahasia telur? Berikut pembahasannya.

1. Kaya akan nutrisi

Banyak sekali nutrisi terdapat dalam telur, termasuk vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, zync serta mineral. Dengan kandungan mineral dan vitamin yang cukup, telur mampu memberikan manfaat baik bagi tubuh.

2. Mengandung protein kualitas tinggi

Source: cdns.klimg.com

Telur mengandung asam amino sebagai pembentuk protein. Protein ini berguna untuk memperbaiki jaringan sel dalam tubuh, lalu membentuk jaringan baru serta berfungsi untuk pertumbuhan. Ada 9 jenis asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, melainkan harus didapatkan melalui makanan yaitu telur.

3. Baik untuk kesehatan mata

Telur mengandung banyak vitamin A untuk mencegah gangguan pada penglihatan, misalnya penyakit katarak. Selain itu, di dalam telur juga terdapat kandungan antioksidan Lutein dan Zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari substansi berbahaya.

4. Baik untuk kesehatan dan perkembangan otak

Moeslemates pernah dengar tentang kolin? Kolin adalah nutrisi untuk perkembangan otak bagi manusia. Kolin ini berfungsi membangun membran sel otak, membantu produksi molekul sinyal di otak, memperbaiki fungsi otak serta berbagai fungsi lainnya yang berkaitan dengan otak.

Konsumsi kolin pada telur sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui demi perkembangan otak pada janin dan anak-anak.

5. Tidak meningkatkan kolesterol dalam tubuh

Faktanya, kuning telur mengandung 210 mg kolesterol yaitu lebih banyak dari kebutuhan tubuh yang dianjurkan (300 mg). Akan tetapi, saat mengonsumsi telur, liver yang sehat akan sedikit memproduksi kolesterol ini sehingga kandungannya tidak berlebihan dalam tubuh.

6. Meningkatkan level HDL (kolesterol baik)

HDL (High Density Lipoprotein) yang tinggi dalam tubuh mampu menghilangkan risiko gagal jantung, stroke dan jenis penyakit lainnya. HDL ini bisa didapat dari telur. Konsumsi 2 telur setiap hari selama 6 minggu akan meningkatkan HDL sebanyak 10%.

7. Bagus untuk menu diet

Mengonsumsi telur yang kaya protein mampu membuat perut terasa mudah kenyang. Jadi gak perlu banyak makan nasi dan ngemil nih, moeslemates.

8. Melindungi tulang

Kandungan vitamin D dalam telur membantu penyerapan kalsium pada tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS