1779
  2017-06-02       pixabay.com

5 Cara Ampuh Menahan Amarah Saat Puasa

Bulan puasa tapi bawannya mau marah-marah? Eits, tahan dulu. Yuk coba kontrol emosi dengan tips ampuh berikut.

santi lisnawati 742 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!

Bulan ramadhan mewajibkan umat muslim untuk berpuasa. Untuk apa? Salah satunya untuk menjaga hawa nafsu, termasuk nafsu untuk marah-marah. Namun, seringkali ada saja hal di sekitar yang membuat kesal sampai ke ubun-ubun. Kalau sudah begini, rasanya emosi siap meledak dan cenderung untuk meluapkan semua amarah yang ada.

Eits, tahan dulu, Moeslemates. Jangan sampai puasa di bulan ramadhan ini jadi sia-sia hanya karena emosi semata. Supaya bulan puasa kali ini lebih berkah, yuk coba kontrol amarah dengan beberapa cara ampuh berikut.

1. Berpikir sebelum bicara

Source: m.huffpost.com

Saat dalam kondisi penuh emosi, cobalah tetap memikirkan dampak dari omongan yang akan dikeluarkan. Bayangkan dampak buruk apa yang akan timbul jika omongan penuh amarah tetap saja terucap. Coba ambil waktu sebentar sambil mendinginkan pikiran. Jangan sampai menyesal kemudian karena bawaan emosi, ya.

2. Ekspresikan amarah dalam kondisi tenang

Setelah perasaan jadi lebih tenang, coba bicarakan hal yang membuat marah. Bicara saat pikiran tenang akan jauh lebih efektif daripada mengekspresikannya dengan emosi meluap-luap. Jangan sampai pelampiasan marah jadi menyakiti hati orang lain.

3. Alihkan amarah dengan menyibukkan diri

Menyibukkan diri dengan hal lain bisa membuatmu melupakan kemarahan yang ada, Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan amarah, misalnya bersih-bersih rumah, mendengarkan musik, menulis atau melakukan hobi lainnya. Lebih baik kemarahan disalurkan sebagai energi untuk melakukan hal positif lainnya, kan?

4. Dapatkan waktu tidur yang cukup agar tidak mudah marah-marah

Ternyata, kurang tidur juga bisa jadi penyebab timbulnya hasrat untuk marah-marah. Menurut Journal of Applied Social Psychology, para peneliti mengungkapkan bahwa kurangnya waktu tidur akan menurunkan kemampuan mengontrol diri serta berpikir jernih. Meningkatnya stres akibat kurang tidur juga bisa jadi pemicu munculnya amarah.

Oleh sebab itu, jagalah jam tidur yang cukup, lebih baik lagi jika bisa tidur lebih awal di malam hari. Mengingat bangun untuk sahur mengambil waktu tidurmu, jadi majukan jam tidur di malam hari agar kebutuhan istirahat tetap tercukupi.

5. Perbanyak ibadah untuk meredam amarah

Source: www.slate.com

Last but not least, coba redam amarah dengan memperbanyak ibadah. Saat emosi mulai menyerang, segeralah mengambil air wudhu, lakukan shalat, bacalah Al-Qur'an lalu perbanyaklah dzikir. Dengan begitu, amarah akan hilang sekaligus mendapatkan pahala berlimpah dengan memperbanyak ibadah.

Surat Ar-Ra'd ayat 28

Itu tadi 5 tips ampuh menahan amarah saat berpuasa di bulan ramadhan. Jika mulai merasakan tanda-tanda kemunculan rasa marah, segera lakukan 5 langkah tadi ya, Moeslemates. Mari isi bulan ramadhan dengan sikap positif dan jadikan puasa lebih berkah. Amin...

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS