1776
  2016-12-01       personal doc

5 Alasan Kenapa Harus Naik Kereta Api Ekonomi Terbaru

Moeslemates, ada yang baru nih dari layanan kereta api Indonesia kelas ekonomi khususnya untuk Argo Parahyangan (Jakarta-Bandung). Kalau kamu malas macet-macetan berkendara selama perjalanan Jakarta-Bandung atau sebaliknya, kereta api ini bisa jadi alternatif!

Annisa Muliasari 14,938 views

Buat moeslemates yang anaknya sangat 'mobile' sehingga harus sering melakukan perjalanan pulang pergi Bandung - Jakarta, tentu transportasi kereta api bisa jadi pilihan yang tepat untuk mendukung kemudahan perjalanan kamu. Daripada macet-macetan terus dengan kendaraan pribadi dan masih harus mikirin bayar tol, bensin, dan pengeluaran lainnya mending kamu cari alternatif lain. Memang sih ada juga layanan transportasi berupa shuttle bus Bandung-Jakarta, tapi kan masih macet-macet juga :p Selain itu transportasi shuttle bus juga punya biaya yang cukup mahal, minimal kamu harus ngeluarin Rp100,000 untuk sekali perjalanan. Dan waktu keberangkatan & kedatangan ya sesuai kondisi jalanan aja, macet atau lancar. Nah, nggak usah ambil pusing, cobain deh naik kereta api argo parahyangan kelas ekonomi! Yuk kita baca 5 alasan kenapa kita harus coba layanan kereta api ini!

1. Harga tiket murah, dengan fasilitas lengkap!

Kereta Api Argo Parahyangan kelas Ekonomi sebenarnya merupakan unit baru dari PT KAI untuk jurusan Bandung-Jakarta. Karena, sebelumnya argo parahyangan hanya tersedia untuk 2 kelas, yaitu Eksekutif dan Bisnis. Kereta Ekonomi rasa eksekutif ini diluncurkan sekitar bulan Juli 2016 kemarin dan dikerjakan oleh PT INKA (Persero). Untuk mendapatkan tiket kereta ekonomi jurusan ini, moeslemates cukup membayar sebesar Rp 80,000 saja, beda Rp 20,000 dengan kereta eksekutif. Lumayan kan bisa hemat isi dompet, sisanya bisa kamu pakai untuk order ojek online deh sesampai nya di stasiun :D

Source: any.web.id

2. Menggunakan Arm-Chair, nggak usah takut dempetan sama penumpang lain.

Arm Chair, dan seating plan yang berhadapan.

Sepertinya, memang kereta kelas ekonomi terbaru ini merupakan perbaikan campuran antara kelas bisnis dan ekonomi. Kursi yang digunakan di gerbong ekonomi sekarang ini sudah lebih nyaman karena diganti dengan jenis kursi arm chair yang memiliki jok yang cukup empuk. Selain itu, kalau sebelumnya di kelas ekonomi atau bisnis kita harus berbagi 1 kursi besar untuk 2 atau 3 orang, sekarang nggak seperti itu lagi. Karena jenis kursi arm chair yang digunakan ini didesain agar penumpang bisa duduk sendiri dengan nyaman dan terdapat 'arm' pemisah yang terletak di tengah-tengah untuk memisahkan penumpang yang satu dan lainnya. Jadi, nggak usah awkward untuk dempet-dempetan sama orang yang nggak dikenal deh. Oh ya, perlu diketahui juga seating plan di gerbong ekonomi ini cukup unik. Dalam 1 gerbong terdapat 20 nomor (AB-CD), dengan layout kursi yang dibagi dua kelompok 1-10 dan 11-20 ditata berhadapan. Jadi kalau moeslemates naik kereta ini, bisa jadi kebagian tempat duduk yang posisinya berlawanan arah dengan arah laju kereta. Alias, jalan mundur sampai perjalanan berakhir :P

3. Full AC, Bersih dan On Time!

Nggak seperti kelas bisnis sebelumnya yang menggunakan AC split, kereta api kelas ekonomi komersial ini menggunakan AC sentral. Jadi, level kedinginan nya udah sama dengan kelas eksekutif loh. Selain itu, petugas kebersihan nya juga sangat rajin membersihkan sampah dan lantai kereta, jadi setiap gerbong sangat terjaga kebersihannya. Toiletnya pun dilengkapi oleh toilet duduk dan juga wastafel. Untuk segi keamanan, setiap gerbong kereta dilengkapi CCTV dan tim sekuriti juga standby selama perjalanan berlangsung. Dan satu lagi hal penting lainnya adalah, PT KAI akhirnya memperbaiki layanan nya dengan waktu keberangkatan yang On Time! *applause* Hmm, kurang apalagi ya? ;)

Source: personal doc

Eksterior dan Interior Gerbong Ekonomi Argo Parahyangan ini terlihat sangat fresh!

4. Batre hp atau gadget lain habis di perjalanan? Tenang, ada socket di setiap tempat duduk.

Kadang-kadang kalau sedang berada di perjalanan kita seringkali kehabisan baterai handphone atau gadget lainnya yang akhirnya bikin mati gaya atau malah jadi nggak bisa dihubungi. Nah, kalau moeslemates naik kereta api nggak usah takut kejadian kayak gitu deh. Karena, PT KAI sudah menyediakan 2 colokan listrik (socket) di setiap kursi. Socket terletak di dinding kereta, di bawah jendela. Jadi kamu bisa dengan mudah mengisi ulang baterai gadget kamu. Selain itu, di belakang setiap kursi ada sebuah kotak kecil berwarna hitam yang kalau dibuka ternyata itu adalah bottle holder. Nggak perlu takut lagi minuman yang kamu bawa bakal tumpah, karena bottle holder ini letaknya aman tidak berdekatan dengan posisi duduk dan holder nya cukup kuat. Nice innovation, right!

Source: personal doc

Selain tempat duduk yang nyaman, di gerbong ekonomi juga dilengkapi socket, bottle holder, dan penutup jendela seperti jendela pesawat.

5. TV Gantung dengan tayangan menarik

Source: personal doc

Seating plan yang rapih, fasilitas TV, AC, disertai jok kursi baru yang lebih nyaman dari kelas ekonomi sebelumnya

Kalau kamu bosan di perjalanan dan nggak punya koneksi internet yang bagus, nonton TV di kereta ini juga bisa jadi pilihan untuk membunuh kebosanan. PT KAI menyediakan 2 TV dengan layar datar yang dipasang berlawanan arah sesuai dengan seating plan di gerbong ekonomi Selain iklan-iklan pariwisata dan KAI, TV ini juga menayangkan film-film seru loh. Tentunya dengan kualitas gambar yang bagus juga, jadi kamu bisa nonton dengan jelas!


Nah, gimana nih Moeslemates sudah tergoda untuk coba naik kereta api ekonomi terbaru ini belum? Oh ya alternatif ini juga bisa dihitung sebagai refreshing untuk perjalanan kamu. Karena, sepanjang perjalanan Bandung-Jakarta (dan sebaliknya) banyak pemandangan 'hijau' yang akan menyegarkan mata kamu. Jadi, walaupun hanya short trip 3jam, rasanya tetap seperti liburan :P

Buat moeslemates yang mau coba naik kereta api ini, nggak usah bingung gimana cara beli tiketnya. Karena PT KAI sekarang juga menyediakan layanan pembelian tiket secara online, via mobile apps, dan via convenience store terdekat. Untuk yang mau melakukan pembelian tiket online bisa klik link nya di bawah ini, have a safe trip!

Annisa Muliasari Annisa Muliasari
A cheerful scorpio. love to write, read, and sing. EFSP.
Like our facebook page if you like this article!



Curator Introduction
Annisa Muliasari
Annisa Muliasari
A cheerful scorpio. love to write, read, and sing. EFSP.

no comments

Follow Moeslema on SNS