1753
  2016-12-02       www.anewtechnology.com

Benarkah Yeast Extract Berbeda dengan MSG/Vetsin?

Persepsi banyak orang mengatakan bahwa asam glutamat sama dengan MSG (monosodium glutamat). Padahal asam glutamat merupakan salah satu jenis asam amino yang biasa terkandung dibanyak produk segar, contohnya seperti di susu, daging, keju, kacang polong, dan jamur. Semua bahan makanan yang kaya protein mengandung asam glutamat. Bahkan asam glutamat juga diproduksi di dalam tubuh manusia, seperti yang terkandung dalam air liur dan air susu ibu

Triwitaan 1,105 views

Asam glutamat dapat ditemukan pada makanan dalam dua bentuk : terikat dan bebas. Hanya asam glutamat bebas yang mempunyai fungsi efektif sebagai penyedap rasa. Garam turunan dari asam glutamat ini yang biasa dikenal dengan MSG (monosodium glutamat atau vetsin). Dewasa ini hadir Yeast Extract diindustri makanan sebagai penyedap rasa, yang mana bukan termasuk MSG/ Vetsin. Benarkah seperti itu?

Apa itu Yeast Extract?

Source: Nutra Green Biotechnology Co.,Ltd

Yeast extract adalah bahan alami yang terbuat dari yeast saccharomyces cerevisiae. Yeast jenis ini biasa dipakai untuk membuat roti, bir, wine. Dalam pembuatan yeast extract ditambahkan enzim untuk memecah protein dan menguraikan dinding sel ragi menjadi komponen-komponen kecil. Singkatnya, yeast extract terdiri dari protein, asam amino, karbohidrat, vitamin dan mineral yang adalah isi sel ragi.

Benarkah yeast extract berbeda dengan MSG?

Source: Sheffield Bio-Science

Pertama, yeast extract terbuat dari bahan alami yang diproses dari ragi, sedangkan MSG terdiri dari senyawa murni garam glutamat yang diisolasi dan diklasifikasikan sebagai zat aditif.

Kedua, yeast extract digunakan dalam bumbu masak yang memiliki rasa kaldu, guna memperkaya rasa dan memberikan kesimbangan rasa pada masakan. Serta menurunkan kadar garam dalam makanan tanpa mempengaruhi kesuluruhan rasa. Sedangkan, MSG berfungsi untuk memperkuat rasa dari komposisi yang sudah ada.

Source: www.tesco.com

Kini yeast extract sudah banyak dipakai pada industri hadir dalam produk-produk savoury, seperti saus, bubuk kaldu, seasoning untuk snack, mie instan, bumbu masak instan. Asam amino pada yeast extract mengandung asam amino yang berkontribusi memberikan rasa gurih, seperti pada kaldu dan bouillon.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS