1750
  2016-12-02       Dok.pribadi

7 KULINER MAKASSAR YANG WAJIB DICOBA

Saat traveling, pastikan untuk mencicipi berbagai makanan khas di tempat tersebut. Berikut daftar makanan yang wajib dicoba saat berlibur di Makassar.

santi lisnawati 104 views

Liburan tanpa wisata kuliner? Rasanya kurang lengkap nih, moeslemates. Apalagi kalau liburannya ke Makassar, wah banyak sekali makanan khas yang sangat menggoda dan sayang banget untuk dilewatkan. Ada makanan enak apa aja ya?

1. Pallu Basa

Bahan utama dari pallu basa ini adalah daging dan jeroan sapi. Kuahnya kental dan rasanya gurih berkat tambahan kelapa sangrai. Biasanya pallu basa disajikan dengan kuning telur di atasnya tapi jika moeslemates tidak suka telur setengah matang, bisa request untuk tidak pakai telur.

2. Coto Makassar

Source: Dok. pribadi

Hampir mirip dengan pallu basa, coto makassar ini juga berbahan utama daging dan jeroan sapi. Bedanya, kuah coto tidak sekental pallu basa dan tidak menggunakan kelapa sangrai sehingga tidak ada tekstur kasar dalam kuahnya. Coto makassar dimakan bersama dengan ketupat atau lontong.

3. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

Source: Dok. pribadi

Sesuai namanya, bahan utama makanan ini adalah iga sapi. Olahan iga di sini dimasak hingga daging dan lemaknya benar-benar empuk sampai mudah terlepas dari tulangnya. Iga bakar disajikan dengan saus kacang dan kuah gurih. Sop iganya juga gak kalah enak dengan kuahnya yang nikmat berkat kaldu rebusan iga yang begitu terasa di lidah.

4. Mie Titi

Source: selerasa.com

Mie titi adalah mie kering dengan topping potongan dagingan ayam dan bakso. Di atasnya disiram kuah kental yang sudah berisi sayur dan potongan udang. Untuk rasa yang lebih segar, moeslemates bisa tambahkan perasan jeruk nipis pada mie titi. Biasanya disediakan pula cabe rawit yang direndam dalam cuka untuk sensasi rasa pedas kecut.

5. Es Pisang Ijo

Source: Dok. pribadi

Es pisang ijo ini klop banget dimakan di siang hari yang panas. Bahan utamanya adalah pisang berbalut kulit berwarna hijau. Kulit ini terbuat dari tepung, air daun suji dan air daun pandan kemudian dikukus bersama pisang. Es pisang ijo disajikan bersama topping kental mirip bubur sumsum, sirup cocopandan dan serutan es batu. Wah kebayang segarnya, moeslemates? :)

6. Jalangkote

Source: Dok. pribadi

Jalangkote ini mirip dengan kue pastel. Isiannya pun serupa yaitu sayur-sayuran dan potongan telur. Untuk jalangkote dengan bentuk dan isian yang padat, moeslemates bisa coba di RM. Bravo di Jalan Andalas, Makassar. Resto ini juga menjual es pisang ijo enak dengan porsi melimpah.

7. Pisang Epe

Source: www.bello.id

Pisang epe adalah pisang bakar yang dipenyet lalu disajikan dengan lelehan gula merah. Selain gula merah, pisang epe juga bisa ditambahkan topping cokelat, keju, dan fla durian. Moeslemates bisa menikmati jajanan ini di sekitar Pantai Losari dengan harga Rp 6.000 - 8.000 saja.

Wah... makanannya enak-enak semua nih, moeslemates. Pastikan gak ketinggalan untuk mencoba kuliner khas Makassar saat berkunjung ke sana ya :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS