1748
  2016-12-01       muslimmatters.org

4 Sunnah Ketika Makan dan Minum yang Sering Terlupakan dan Hikmah di Baliknya

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang sebagai seorang muslim kita lupa bahwa ada adab-adab dan etika yang dicontohkan dan diajarkan Rasulullah terkait soal makanan dan minuman. Padahal, ada banyak manfaat dan hikmah yang baik, terutama untuk kesehatan, bagi kita jika kita melakukannya.

Rini Amelia 578 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Sunnah merupakan salah satu pedoman dan tuntunan kita sebagai umat Rasulullah dalam bertindak dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Sunnah sendiri bersumber dari segala ucapan, perbuatan dan persetujuan Rasulullah selama hidup beliau. Mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah bahkan merupakan salah satu bentuk kecintaan kita pada sang Pencipta, Allah swt.

Namun, seiring dengan perkembangan gaya hidup masa kini yang lebih cenderung mengikuti budaya barat, tak jarang kita para muslim lupa pada sunnah-sunnah yang disarankan untuk dilakukan, terutama sunnah ketika makan dan minum.

Kenapa ini penting? Karena makan dan minum merupakan kebutuhan yang harus kita penuhi setiap hari . Ditambah lagi, kebiasaan kita yang suka ‘nongkrong’ dan ‘hang out’ bersama teman-teman kita di kafe tak ayal membuat kita acap kali lupa. Padahal, sunnah-sunnah ini juga bertujuan untuk kebaikan kita sendiri.

Nah, Moeslemates, berikut lima sunnah-sunnah yang sering terlupakan terkait makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin salah satunya juga khilaf untuk kita lakukan.

1. Mendinginkan makanan dan minuman yang masih panas dan tidak meniup-niupnya

Source: departementide.blogspot.com

Ternyata Moeslemates, ada hikmah penting yang tersimpan dalam sunnah ini. Bahkan, penelitian ilmiah pun membuktikan bahwa sunnah yang satu ini sangat baik untuk dilakukan.

Berdasarkan penelitian, makanan dan minum yang masih panas akan mengeluarkan uap air (H2O) dan ketika menghembuskan nafas ada karbondioksida (CO2). Ketika meniup makanan dan minuman yang masih panas, akan timbul reaksi kimia yang menghasilkan zat H2CO3 atau asam karbonat yang bersifat asam yang tentu lama-kelamaan akan bisa mempengaruhi pH darah, kerja ginjal dan kesehatan kita.

Selain itu, mulut kita juga mengandung banyak bakteri, mikroorganisme lain dan kotoran yang bisa saja akan keluar bersamaan dengan tiupan nafas ketika kita mendinginkan minuman. Hal ini tentu saja bisa berbahaya jika kita mendinginkan makanan keponakan atau bahkan anak-anak kecil yang sedang bersama kita karena bisa menularkan bakteri dan mikroorganisme buruk ke dalam makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

2. Makan dan minum menggunakan tangan kanan

Source: wallpapermuslim.com

Rasulullah bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah makan dengan tangan kanan dan apabila dia minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena setan apabila dia makan, makan dengan tangan kiri dan apabila minum, minum dengan tangan kiri (HR Muslim)”

Terkadang kita tak mengerti apa alasan di balik sunnah dan bisa dengan sengaja mengacuhkannya. Sunnah yang satu ini merupakan yang paling sering dilupakan, terutama ketika kita makan steak. Mengikuti aturan table manner terasa lebih penting daripada mengikuti sunnah. Garpu di tangan kiri, pisau di tangan kanan. Lalu, potongan daging akan tersuap dengan tangan kiri.

Padahal, ada hikmah lho kenapa Rasulullah menganjurkan makan dan minum dengan tangan kanan, Moeslemates. Jelas disebutkan dalam hadits di atas bahwasanya kebiasaan makan menggunakan tangan kiri merupakan salah satu kebiasaan setan ketika makan. Selain itu, salah satu penelitian tentang otak mengatakan bahwa penggunaan tubuh bagian kanan akan mempengaruhi otak bagian kiri yang memiliki peran dalam menimbulkan perasaan positif di diri kita. Nah, kebiasaan makan dan minum menggunakan tangan kanan ini juga ternyata termasuk yang mempengaruhi, lho.

3. Makan harus duduk dan minum diutamakan duduk

Source: segalamanfaatmenguntungkan.blogspot.co.id

Tahukan Moeslemates bahwa di dalam saluran pencernaan kita terdapat struktur maskuler (berotot) yang berfungsi sebagai penyaring makanan dan minuman yang bernama sfingter? Nah, sfingter inilah yang berfungsi aktif ketika makan dan minum dalam posisi duduk.

Sfingter akan terbuka ketika duduk dan tertutup ketika berdiri. Ketika dalam posisi terbuka, ia akan menyaring makanan dan tidak akan langsung membentur kandung kemih atau usus sehingga tubuh akan terhindar dari pengendapan atau tumbukan langsung pada usus. Karena itulah, sangat disarankan bagi kita untuk makan dan minum sambil duduk karena cara makan dan minum seperti inilah yang terbaik untuk kesehatan kita, Moeslemates.

4. Tidak boleh mencela makanan dan minuman

Source: hidupbiarbest.blogspot.com

Bisa dibilang, sunnah ini adalah sunnah yang paling sering kita lupakan, apalagi kalau kita sudah makan bersama-sama sambil berkumpul bergembira ria. Iya kan? Ucapan seperti, “Ih, nggak enak. Asin banget.” atau “Apaan nih? Rasanya aneh.” dan ucapan sejenisnya.

Ada satu hal yang selalu kita lupa, makanan dan minuman yang kita santap pun merupakan rezeki dari Allah yang patut kita syukuri. Terkadang kita lupa karena terlena, padahal banyak saudara-saudara kita yang belum tentu dapat merasakan nikmat yang sama yang kita rasakan melalui makanan. Selain itu, ucapakan mencela makanan pun tanpa kita sadari dapat menyakiti hati orang yang telah membuatnya atau bahkan sekedar menyajikannya. Terkadang kita luput dan tak menyadari hal itu. Karenanya, Rasulullah sangat melarang umatnya untuk tidak mencela makanan dan minuman.

Adapun sikap yang dianjurkan oleh Rasulullah terhadap makanan adalah sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sama sekali tidak pernah mencela makanan. Jika beliau menyukai satu makanan, maka beliau memakannya. Jika beliau tidak suka, maka beliau meninggalkannya.” (HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064)
Source: muslim.or.id

MashaAllah, ternyata sungguh banyak hikmah yang tersimpan di balik sunnah-sunnah Rasulullah yang dapat dibuktikan secara ilmiah ya, Moeslemates. Bahkan, ternyata itu semua kembali untuk kebaikan kita sendiri.

Semoga kita bisa selalu ingat dan bisa mengamalkannya ya, Moeslemates!


Rini Amelia
Rini Amelia
an aspiring writer
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Rini Amelia
Rini Amelia
an aspiring writer

no comments

Follow Moeslema on SNS