173
  2016-06-16    

Tips Semangat Kerja Selama Bulan Puasa

Bulan puasa bukan alesan untuk menghambat aktifitas atau kerja kamu ya, sahabat moeslemates. Kita cek yuk tips sederhana agar kamu tetap semangat bekerja selama bulan puasa.

Deane Lene 32 views

Bulan puasa bukan alesan untuk menghambat aktifitas atau kerja kamu ya, moeslemates. Justru dibulan Ramadhan ini merupakan bulan dimana kamu bisa menunjukkan performa kamu secara lahir dan batin untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik. Sayang kan kalo bulan puasa penuh berkahi ini terlewatkan begitu saja karena ketidakcermatan menyeimbangkan waktu antara beribadah dan bekerja. Padahal banyak ibadah yang dapat dilakukan sambil tetap beraktivitas dan tidak perlu menganggu produktivitas kerja. Berikut adalah beberapa tips sederhana agar kamu tetap semangat bekerja selama bulan puasa :

1. bekerja dan beribadah memiliki orientasi yang berbeda

Satu untuk memenuhi kebutuhan duniawi, dan yang satunya untuk memenuhi kebutuhan di akhirat. Dua-duanya juga wajib kamu kerjakan. Kesibukan kerja tak jarang jadi alasan untuk tidak menjalankan ibadah. Agar dapat menjalaninnya beriringan, perkuat niat kamu dan berserah diri pada yang kuasa, niscaya kamu pun dapat melakukannya dan menjalaninnya tanpa beban.

2. Agar aktifitas kerja kamu tidak terganggu karena puasa, manfaatkan waktu sahur sebaik-baiknya.

Sahur juga terhitung ibadah sehingga melewatkannya sama dengan menolak pahala. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya energi, melakukan pekerjaan harian dengan kondisi yang sedang puasa tidak akan terasa untuk menjalaninya.

3. Mengucapkan Basmallah saat memulai sesuatu pekerjaan dan mengucapkan kalimat syukur ketika menyelesaikannya

Mengucapkan basmallah saat memulai suatu pekerjaan dan mengucap kalimat syukur ketika menyelesaikannya adalah contooh sederhana yang dapat dibiasakan. Selagi ada kesempatan, manfaatkan dengan baik untuk menyebut dan mengingat nama-Nya sebanyak-banyaknya.

4. Jangan lupakan Al-Quran

Jangan lupa selalu letakkan Quran dan terjemahannya di meja kamu. Lebih baik daripada tidak sama sekali, 1-2 lembar saja rasanya masih mungkin untuk kamu kerjakan. Jika waktu break kamu sempit atau tidak bisa meninggalkan meja sama sekali,cukup buka saja Al-Quran digital di computer dan baca beberapa suratnya.

5. Hindari Gosip

Jika memang ingin mengobrol, jauhi topik-topik yang menjurus pada gossip. Lebih baik membicarakan masalah puasa dan ibadah lainnya agar puasa kamu juga tidak berkurang pahalanya.

6. Berbuat baik sekalipun kecil kadarnya

Berbuat baik pada teman kerja sekalipun kecil kadarnya akan berlipat ganda nilainya. Apalagi jika kamu dapat menahan diri dan bersabar dari mereka yang sedang sensitive emosinya, pasti lebih besar lagi pahalanya. Oleh karena itu maksimalkan ibadah antar manusia untuk menambah pundi-pundi amalan puasa kamu ya. Sekaligus menjadi ajang latihan ketahanan dan kesabaran dalam melawan hawa nafsu sehingga ibadah Ramadhan yang kamu jalani pun terasa.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS