1680
  2016-12-23       54disneyreviews.files.wordpress.com

Movie Review: Your Name

Anime romantis karya Makoto Shinkai yang memadukan antara romansa dua anak manusia, mimpi, pertemuan masa lalu dan petualangan dengan misi perdamaian.

Lidya O. 64 views

Source: www.geek.com

Halo Moeslemates! Bagi kamu penggemar anime Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan penulis dan animator terbaik asal Jepang, Makoto Shinkai. Salah satu karyanya yang terus saya ingat adalah "5 Centimeters Per Second" (2007). Sebuah kisah tentang perjalanan cinta dua insan manusia yang mengajak penonton untuk kembali ke kenangan masa kecil mereka yang indah. Satu lagi adalah "Children Who Chase Lost Voices" (2011) yang mengisahkan tentang cerita fantasi seorang anak bernama Asuna bersama gurunya, Morisaki menjelajah alam barzah bersama Agartha untuk bertemu orang-orang tersayang yang sudah meninggal. Nah, di film "Your Name" kamu akan melihat perpaduan antara kedua film itu. Cerita romansa dan petualangan yang seolah menghipnotis kita untuk masuk ke dalam dunia mereka.

Sinopsis

"Your Name" mengisahkan tentang Taki (Ryunosuke Kamiki) dan Mitsuha (Mone Kamishiraishi) yang bertukar raga saat mereka terlelap. Saat mengetahui bahwa mereka bisa berpindah tubuh, mereka harus terbiasa mempelajari cara hidup masing-masing dengan raga yang baru. Namun, setelah terbangun dari mimpi itu, mereka jadi lupa ingatan. Makanya, ga heran kalau hp dan buku catatan mereka penuh dengan tulisan-tulisan untuk mengingatkan kejadian sebelumnya. Hingga akhirnya pertukaran itu mengantarkan mereka pada sebuah pertemuan untuk menyelamatkan seisi desa.

Review

Pertukaran badan yang terjadi saat mereka terlelap dalam mimpi, sontak membuat karakter keduanya "hidup" dengan beberapa kepolosan dan sikap yang natural seolah-olah mereka benar-benar mengalami hari-hari di tubuh orang lain. Sempat beberapa kali penonton disuguhkan oleh lelucon yang menggoda. Dan mereka memiliki cara sendiri untuk bertukar informasi, yaitu dengan mengirimkan catatan di hp mereka masing-masing.

Source: pm1.narvii.com

Well, menurut saya, ide cerita macam ini sepertinya akan sangat jarang terpikirkan oleh kita. Yap, namanya juga fantasi. Kita akan diajak berimajinasi dan berpetualang seperti sedang berkeliling di alam bebas. Di film ini, kamu akan terbawa oleh cara Makoto Shinkai mengulang suatu peristiwa, mimpi yang hidup, waktu yang berputar kembali, dan potongan-potongan bayangan yang akan membuatmu terpukau bahwa imajinasi seperti ini bisa terwujudkan dalam sebuah anime.

Selain itu, ada beberapa banyak nilai plus yang buat saya tertarik dengan film ini. Salah satunya adalah pendekatan ilustrasi pada objek nyata. Misalnya, hp. Taki dan Mitsuha banyak menitipkan pesan lewat hp mereka masing-masing. Seolah-olah, anime yang kita tonton itu seperti beneran nyata. Gedung-gedung dan lokasi gambar yang diambil pun persis seperti yang ada di dalam dunia nyata.

Buat menghidupkan cerita bergenre supernatural macam Your Name ini saya rasa wajar kalau penonton akan dibuat terus bertanya-tanya. Kapan tepatnya Taki dan Mitsuha bertukar tubuh? Apa yang membuat mereka bisa bertukar tubuh? Terkadang, kita hanya bisa menikmati "kebingungan" tersebut untuk mengerti tentang konsep fantasi itu sendiri.

Trailer

Daripada dibuat penasaran, mending langsung nonton saja di CGV Blitz. Yuk!

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS