168
  2016-06-16       palembang.tribunnews.com

11 Tanda-tanda tubuh Kekurangan Cairan

Kamu harus waspada jika mengalami beberapa tanda seperti dibawah ini...

Official Moeslema Team 39 views

Assalaamu’alaikum Moeslemates,

Selama puasa, jadwal minum kita tentunya berubah dari biasanya. Untuk tetap produktif diperlukan air yang cukup. Nah apa saja sih tandanya kalau kita kekurangan cairan? Yuk simak!

1. Mulut Kering

Mulut kering adalah tanda yang paling sering muncul. Hal ini dikarenakan selaput lender pada mulut dan tenggorokan kering.

2. Haus Berlebihan

Jika dibiarkan lebih lanjut, rasa haus yang berlebihan akan menyerang. Cara mengatasinya adalah minum secara bertahap. Usahakan minum air putih dan jangan minum air dingin. Pilih air hangat atau air bersuhu ruangan yaa.

3. Kulit Kering

Kulit yang kering bisa menibulkan banyak masalah. Selain menimbulkan kerutan dikulit, kekurangan cairan juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat loh moeslemates.

4. Mata Terasa Kering

Mata adalah organ yang juga perlu dijaga kelembabannya. Mata yang kering membuat mata lebih mudah lelah. Selain itu jika moeslemates menggunakan softlenses, kelembaban mata harus lebih diperhatikan yaa.

5. Massa Otot Akan Berkurang

Otot juga terdiri dari air. Jia tubuh kekurangan cairan, massa otot juga akan berkurang. Selain untuk mencegah dehidrasi dan menjaga massa otot, air putih juga bisa mengurangi resiko nyeri dan peradangan setelah melakukang olahraga, terutama saat altihan angkat beban.

6. Mudah Lelah Dan Lesu

Saat tubuh mengalami dehidrasi akibat kurang minum air putih maka tubuh kan menggunakan cair lain dari darah kita. Kurangnya cairan pada darah menyebabkan oksigen yang diantarkan ke seluruh tubuh juga dapat berkurang.  Kekurangan oksigen ini yang dapat menyebabkan Anda cepat ngantuk dan mudah lelah.

7. Sakit Tulang dan Persendian

Tulang rawan memiliki kadar air yang cukup tinggi. Untuk menjaga permukaan tulang sendi tetap halus diperlukan asupan air yang cukup. Permukaan tulang rawan yang halus membuat pergerakan lebih mudah sehingga mengurangi rasa nyeri.

8. Penuaan Dini

Kurang cairan membuat kulit menjadi kehilangan elastisitasnya. Inilah yang membuat tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan halus muncul.

9. Lapar yang Tidak Jelas

Kalau kamu suka lapar padahal baru makan, bisa jadi kamu kekurangan cairan. Minumlah air yang cukup moeslemates. Selain menghilangkan rasa lapar yang tidak jelas, bagus untuk kesehatan, air putih juga mencegak kegemukan.

10. Susah Buang Air Besar

Ini yang paling jelas. Agar pencernaan lancar, kita perlu rajin minum. Jika kurang minum kotoran akan mengeras dan lebih sulit untuk dibuang.

11. Air Seni Berwarna Kuning Pekat

Yang paling mudah, adalah dengan melihat warna air seni. Semakin pekat warnanya, semakin kurang cairan yang kita minum.

Nah moeslemates, jika selama 10 hari berpuasa kemarin kalian mengalami banyak tanda-tanda di atas, jangan lupa atur pola minum kalian selama sahur dan berbuka puasa ya. Pastikan kalian memiliki asupan minum yang cukup selama berpuasa yaa moeslemates! Semangat puasanya!

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS