1668
  2016-11-25    

Bentuk Stupa, Candi Sumberawan Singosari

Traveling sambil belajar sejarah di Singosari Malang yuk

anifahambali 66 views

Indonesia memiliki banyak candi sebagai peninggalan sejarah kerajaan zaman dulu. salah satu yang saya temui di Singosari , Malang ini adalah Candi Sumberawan. Candi Sumberawan ini terletak di Desa Toyomarto, Singosari Malang sebelah barat laut Candi Singosari. Candi ini terbuat dari batu andesit dengan ukuran P.626 m. L 625 m. Di bangun pada ketinggian 650 meter D.P.L di kaki bukit Gunung Arjuna.

Pemandangan di sekitar candi sumberawan ini sangat indah karena terletak di dekat telaga yang sangat bening airnya. Keadaan inilah yang akhirnya memberi nama Candi Rawan.  Sumber Rawan, yang kini menjadi Candi Sumberawan.

Candi Sumberawan ini pertama kali ditemukan tahun 1904 dan kemudian berturut-turut tahun 1028. Pada tahun 1935 diadakan kunjungan penelitian dari Dinas Purbakala jaman Hindia Belanda. Dan pada tahun 1937 diadakan pemugaran pada bagian kaki candi. Sedangkan sisanya dikontruksi secara darurat.

Candi Sumberawan ini merupakan satu-satunya stupa yang ditemukan di Jawa Timur. Batu candi berdenah bujur sangkar tidak memiliki tangga naik dan polos tidak berelief. Candi ini teridiri dari kaki dan badan yang berbentuk stupa. Pada batu candi yang tinggi berbentuk selasar. Kaki candi memiliki penampil pada keempat sisinya. Di atas kaki candi berdiri stupa yang teridiri atas japik bujur sangkar dan lapik berbentuk segi delapan dengan bantalan Padma. Sedang bagian atas berbentuk genta (stupa) yang puncaknya telah hilang karena ada beberapa kesulitan dalam perencanaan kembali bagian terataas dari tubuh candi. Maka terpakasa bagian tersbeut tidak dipasang kembali.

Candi Sumberawan yang berbentuk stupa ini konon dulunya dijadikan untuk pemujaan. Karena bekas-bekas ritual pemujaan masih terlihat disekitar candi. Sumberawan dulunya bernama Kasurangganan, sebuah nama yang terkenal dalaam kitab Negarakertagama. Tempat tersebut pernah dikunjungi Raja Hayam Wuruk pada tahun 1359 masehi. Betuk stupa ini menunjukkan latar belakang keagamaan yang bersifat budhist.

Untuk bisa masuk ke candi dan eksplore di dalamnya, kita cukup membayar tiket masuk 5000 rupiah saja kok. Kalau ke Singosari Malang jangan lupa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah ya.

anifahambali
anifahambali
Santri, 🎓 S.I.Kom Owner @songiea @hellotea_sby On social ...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
anifahambali
anifahambali
Santri, 🎓 S.I.Kom Owner @songiea @hellotea_sby On social project @mbc_indonesia Writer...

no comments

Follow Moeslema on SNS