1662
  2016-12-08       www.wajibbaca.com

Tips Terhindar dari Penggunaan Tisu Daur Ulang yang Berbahaya

Tisu yang baik adalah tisu yang terbuat dari 100% serat alami sehingga aman bagi kesehatan. Namun, sayangnya saat ini banyak ditemukan tisu daur ulang yang sebenarnya sangat berbahaya bagi tubuh. Supaya terhindar dari penggunaan tisu daur ulang, yuk sahabat Moeslema Kita simak penjelasannya!

Fi'it Rachmawati 254 views

Apa itu Tisu Daur Ulang?

Tisu daur ulang yaitu produsen tisu mendaur ulang bahan baku dari bahan kertas bekas, kardus bekas, dan limbah kertas lainnya yang tidak terjamin kebersihannya serta mengandung logam berat dengan kadar tinggi.

Dimana dalam proses daur ulang tersebut, produsen tisu daur ulang menggunakan zat kimia pemutih atau (OBA) dalam jumlah yang besar untuk memutihkan kembali limbah kertas, dan menghilangkan bau. Namun, meski tisu daur ulang ini sudah terlihat putih dan tidak berbau. Kandungan logam berat yang tinggi ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Seperti dapat menyebabkan kanker serviks jika tisu daur ulang ini digunakan untuk membersihkan alat kelamin, atau menyebabkan penyakit kulit dan penyakit lainnya bila tisu daur ulang ini digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Untuk menghindari dari penggunaan tisu daur ulang tersebut, terutama mengetahui apakah tisu yang sahabat moeslema gunakan mengandung OBA dalam jumlah yang berlebihan adalah dengan menggunakan cara;

Periksa di Bawah Sinar Lampu UV

Meletakkan tisu di bawah sinar lampur UV atau Ultra Violet, yaitu alat yang digunakan untuk mendeteksi uang palsu.

Jika tisu tersebut memantulkan cahaya biru ultra violet, maka tisu tersebut sudah tentu mengandung bahan kimia pemutih dan kandungan logam berat yang tinggi.

Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan tisu, terutama tisu daur ulang yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sahabat moeslema, sebaiknya sebelum membeli tisu mengecek terlebih dahulu apakah tisu tersebut produk daur ulang atau memang produk dari berbahan serat alami, atau bisa juga moeslema menggantinya dengan memilih sapu tangan.

Semuanya tergantung dengan pilihan Anda.

Fi'it Rachmawati Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

no comments

Follow Moeslema on SNS