1658
  2016-12-02       www.japanesefilmfest.org

Japanese Film Fest Review Movie: What a Wonderful Family!

Sebuah film yang menceritakan tentang keluarga yang memiliki masalah hingga mengancam perceraian.

Lidya O. 131 views

Source: asianwiki.com

Sinopsis

Film ini mengisahkan tentang kehidupan pasangan suami istri yang sudah menikah selama kurang lebih 50 tahun. Mereka terlihat tidak pernah bertengkar dan justru hubungannya selama ini baik-baik saja. Namun pada saat ulang tahun sang istri, tiba-tiba ia meminta kado spesial yaitu perceraian. Betapa rumitnya masalah yang mereka sedang hadapi. Akankah mereka mampu bertahan dalam keadaan yang sulit seperti itu?

Pemain

Source: www2.myjcom.jp

Isao Hashizume - Shuzo Hirata
Kazuko Yoshiyuki - Tomiko Hirata
Masahiko Nishimura - Konosuke Hirata
Yui Natsukawa - Fumie Hirata
Shozo Hayashiya - Taizo Kanai
Tomoko Nakajima - Shigeko Kanai
Satoshi Tsumabuki - Shota Hirata
Yu Aoi - Noriko Mamiya
Nenji Kobayashi - Numata
Jun Fubuki - Kayo
Takanosuke Nakamura - Kenichi Hirata
Ayumu Maruyama - Nobusuke Hirata
Takashi Sasano - Custodian
Katsumi Kiba - Takamura

Review

Pertama kali menonton film ini, saya melihat suasana yang luar biasa ramai di sebuah rumah kecil milik keluarga Hirata. Kakek berusia 70-an itu memiliki sifat yang sangat konyol dan berkata seenaknya. Ia memiliki 3 orang anak yang hampir semuanya sudah menikah kecuali anak terakhir. Mereka tinggal satu rumah bersama dengan cucu-cucunya juga. Wah, saya pikir untuk situasi seperti ini sudah sangat jarang terjadi di Jepang.

Hirata digugat cerai oleh istrinya yang bahkan keduanya hampir tidak pernah kelihatan bertengkar. Anak-anak dan menantunya pun dibuat pusing kepala pada perceraian ini. Hirata pun keras kepala dan sering mencaci kekurangan orang lain. Ia membuat seluruh anggota keluarga gemas kepadanya.

Source: www.sankei.com

Anggota keluarga Hirata bisa dibilang cukup banyak. Apalagi waktu mereka kumpul bersama. Dan yang paling membuat saya jatuh cinta dengan film ini adalah penempatan humor yang sangat pas. Bahkan pada adegan cekcok mulut sekalipun. Hampir di seluruh adegan penonton dibuat tertawa terbahak-bahak. Dan lagi, tidak ada adegan syur maupun kekerasan sama sekali.

Alur cerita cukup menarik hingga membuat penonton penasaran dengan endingnya. Saya pribadi menebak-nebak dengan tebakan yang salah. Mungkin bisa dibilang film ini cukup menjadi rekomendasi film keluarga yang tidak hanya menonjolkan ketegasan cerita, tetapi juga karakter dari masing-masing pemain yang membuat penonton jumpalitan karena saking lucunya.

Dari semua film yang sudah saya tonton di Japanese Film Festival 2016 ini, sepertinya yang paling sangat membekas di hati saya adalah film "What a Wonderful Family" yang dalam bahasa Jepang ditulis "Kazoku wa Tsurai yo!". Mengapa? Karena selain mengangkat cerita kehidupan keluarga yang dekat dengan kita sehari-hari, film ini juga memberikan pesan moral bahwa saat terbaik dalam hidup kita adalah saat menyadari kita masih memiliki keluarga. Walaupun harus kembali bertengkar, saling melempar makian, atau berkumpul dalam suasana yang tidak enak, bagaimanapun juga itu adalah keluarga kita. Bahkan, jika kita sering 'ribut' dengan anggota keluarga kita, saat mereka pergi atau pindah rumah, maka merekalah yang paling kita rindukan. Betul tidak? Makanya, sekalipun kita sering berantem sama kakak atau adik kita, kalau mereka tidak ada, kita kangen juga kan?

Trailer

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS