1632
  2016-11-29       www.peradaban.co.id

6 Alasan Mengapa Restoran Terlihat Begitu Mewah

Tempat ini sering kali dijadikan tempat untuk kencan atau hanya sekedar bertemu dengan kolega dibandingkan tempat lainnya. Nah pasti kalian bertanya-tanya mengapa demikian? Temukan jawabannya disini.

Deane Lene 208 views

Restoran adalah sebuah tempat makan yang tidak asing bagi kita semua karena keberadaanya yang sudah ada disekitar kita. Restoran sering kali dianggap sebagai tempat untuk menguras kantong sangat dalam sehingga kalian akan berpikir dua kali untuk memutuskan pergi kesana terlebih hanya ketika pergi sendirian. Biasanya restoran dijadikan tempat untuk berkencan atau bertemu dengan partner kerja atau bisnis. Kenapa ya? Mengapa restoran berbeda dengan tempat makan fast food lainnya? Mengapa restoran memberikan harga yang jauh lebih mahal sedangkan makanan yang disajikan seperti terlihat mudah untuk dibuat sendiri? Beberapa alasan mungkin terkesan sangat sepele namun hal itu justru sangat diperhatikan dengan pemilik restoran tersebut. Apa saja? Simak terus artikel berikut ini ya moeslemates.

1. Tata letak ruangan

Siapa sih diantara kalian yang tidak ingin bersatai ditempat yang indah dan menenangkan? Rasanya kalian ingin berlama-lama jika berada di suatu tempat dengan suasana yang nyaman bukan? Yap... Kalian akan menghabiskan waktu hampir sehari penuh berada didalamnya. Tentunya ketika kalian memutuskan untuk berada disana, kalian akan memesan salah satu menu disana. Semakin lama kalian berada disana maka semakin banyak makanan dan minuman yang kamu pesan.

Seperti misalnya sebuah restoran yang menawarkan pemandangan keindahan alam diatas bukit tentunya mereka akan menawarkan minuman hangat sebagai teman setia kalian selama berada di restoran tersebut. Mungkin jika restoran tersebut berada di tepi pantai, ia akan menawarkan miuman coktail.

Biasanya tempat duduk diatur sedemikian rupa menghadap ke bagian jendela atau outdoor dan meminimalisir penempatan set table di area tengah ruangan. Mengapa? Karena pengunjung akan memilih tempat yang jauh dari keramaian dalam artian mereka menginginkan tempat yang memiliki privasi lebih. Akan terasa tidak nyaman ketika kalian dengan pasangan sedang berbincang kemudian banyak orang yang berlalu lalang disekitar kalian bukan? Itulah mengapa tata letak sangat diperhitungkan bagi para pemilik restoran.

2. Pencahayaan

Source: www.manjez.rs

Kenapa sih mayoritas restoran menggunakan lampu berwarna kuning? Mengapa tidak berwarna putih layaknya kedai fast food?

Moeslemates ternyata pencahayaan adalah komponen penting dalam restoran loh. Mengapa harus menggunakan warna kuning? Karena warna kuning memberikan kesan hangat, romantis dan elegan sehingga orang-orang yang datang kedalam sebuah restoran menganggap tempat tersebut adalah tempat yang esklusif dan juga sangat cocok untuk berlama-lama dengan pasangan.

Beda halnya dengan kedai fast food. Kedai Fast food memberikan warna putih pada pencahayaanya agar tempat tersebut selalu bergerak dinamis dimana orang-orang didalamnya tida akan berlama-lama karena terlalu silau jika berada di bawah pencahayaan yang terlalu terang. Warna putih juga mampu mengurangi keinginan seseorang untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak dari prosinya.

3. Seni makanan

Apa sih bedanya dengan makanan yang kita makan sehari-hari dengan yang ada di restoran? Moeslemates, terkadang pertanyaan tersebut sering keluar dari pikiran kita ketika makanan yang kita pesan terasa biasa-biasa saja. Lalu apa yang membuatnya begitu istimewa?

Inilah yang disebut dengan seni makanan. Di dalam sebuah restoran mempekerjakan seorang ahli masak atau yang bisa kita sebut sebagai cheff. Seorang cheff tentunya tidak hanya sekedar membuat masakan saja tetapi ia juga melihat sebuah hidangan darialat masaknya, bahan-bahan dasarnya, proses dan tingkat kematangannya, hingga tampilan akhirnya. Tampilan akhir ini yang sering dikatakan sebagai sentuhan seninnya. Para cheff akan membuat tampilan tersebut bisa mengguggah selera makan para tamunya. Jadi jangan heran ya kalau kalian bisa membuat daging panggang yang sama dengan apa yang disajikan restoran tentu rasanya akan beda dalam hal tampilan.

4. Live Music Performances

Ini sebenarnya adalah pilihan bagi para pemilik restoran. Boleh ada boleh juga tidak. Jadi ini adalah salah satu trik pemilik restoran untuk menarik minat para pengunjug agar memiliki keinginan untuk singgah di tempatnya. Biasanya live performance ini membawakan lagu jazz, pop atau mungkin hanya instrumental saja. Tergantung suasana yang ingin dibangun dalam restoran tersebut.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa 8 dari 10 orang mengatakan bahwa mereka lebih tertarik dengan restoran yang memiliki live performance untuk di singgahi dibandingkan yang tidak. Beberapa alasan diantaranya karena live performance bisa membangkitkan suasana agar terasa lebih hidup. Selain itu jika mereka ingin berdansa dengan pasangannya, mereka tidak merasa malu.

5. Pelayanan

Ada apa dengan pelayannya? Moeslemates didalam restoran kalian tidak perlu mengantri di kasir memilih makanan yanga da di papan menu dan sebagainya seperti layaknya memesan sebuah hidangan di kedai fast food.

Sebuah restoran juga mengutamakan kualitas pelayanan yang prima dimana para tamu dipersilahkan duduk dan memesan hidangan yang di inginkan ditempatnya. Para pelayan atau pramusaji akan mencatat semua pesanan kalian dengan cermat dan tentunya sopan juga ramah. Nah perlu kalian ketahui juga bahwa sebagai seorang pramusaji bukan semata mata melayani kalian loh. Mereka dibekali dengan skill khusus penunjang pekerjaanya sebagai pramusaji di sebuah restoran maka tidak heran jika mereka bisa mengangkat nampan yang berisi penuh dengan makanan dan minuman dengan satu tangan saja.

Pelayanan yang prima membuat para tamu merasa sangat puas dan juga merasa dilayani secara esklusif sehingga kalian tidak segan-segan untuk memberikan yang tips. Pelayanan yang esklusif membuat kalian merasa seperti seorang bangsawan sesaat disana karena apa yang diinginkan akan datang dengan sendirinya di hadapan kalian.

6. Furniture

Sebenarnya ini adalah hal yang cukup dipertimbangkan bagi sebagian pemilik restoran ada pula yang mengabaikannya.

Jika kalian pergi kesebuah restoran mewah tentunya kalian akan melihat alat makan, piring, lampu, meja, kursi dan sebagainya sebagai suatu yang sangat berkilauan. Sebab pengusaha dengan tipe ini memperhitungkan hal ini. Bahkan adapula pemilik restoran dengan tipe ini menyediakan alat makan yang berbahan dasar emas atau silver dan sebagainya. Kemudian biasanya dinding, lantai, meja, atau lampu pun bisanaya bertabur batu-batu cantik nan eskotis untuk memperkuat kesan elegan didalamnya.

Beda halnya ketika kalian pergi ke sebuah restoran yang bisa-biasa saja namun terkesan klasik biasanya mereka tidak terlalu memperdulikah hal-hal ini. Mereka akan lebih memperhatikan kualitas makanan dan minuman yang ada disana.

Sebenarnya masih banyak lagi alasan mengapa restoran terlihat begitu mewah dan terkesan esklusif. Tentunya hal ini didukung dari kualitas pelayanan, makanan yang disajikan dan suasana hangat didalamnya. Jadi buat kalian yang bilang restoran itu mahal, ini lah beberapa alasan yang sedikit menjawab pertanyaan kalian selama ini . Sebenarnya tidak mahal jika dibandingkan dengan pelayanan yang diberikan.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS