1620
  2016-12-01       koleksi foto pribadi

THE PLAYGROUND : tempat hiburan anak di kota Jakarta

Taman out door yang ada di Jalan Kemang Dalam III B ini, cocok untuk masuk bucket list traveling sambil olahraga di dalam kota. Selain fasilitas bermain yang melatih fisik dan mengasah motorik kasar anak, ada pula sarana olahraga untuk dewasa.

Irna 375 views

Source: koleksi foto pribadi

Ketika memasuki gerbang, pengunjung akan disuguhkan pemadangan area bermain seperti ini. Berbagai fasilitas bermain seperti perosotan dan flying fox ada di sini.

BOSAN AJAK ANAK KE MALL? COBAIN THE PLAYGROUND

Hallo para orang tua yang buah hatinya sudah sering minta jalan-jalan, tapi budget lagi minim untuk traveling ke luar kota atau luar negeri, mau ke mall tapi sudah bosan, nah coba deh ajak anak ke The playground yang ada di bilangan Kemang! The playground sendiri sudah berdiri sejak tahu 2006. Saya baru tahu sekarang karena waktu searching tempat main untuk anak, eh ketemunya the playground. Oke deh, langsung dicoba! Baru masuk gerbang, langsung disambut area terbuka, luas dan arena permainan yang seru buat anak-anak.

Menikmati fasilitas di playground seharian, tamu akan dikenakan biaya Rp.75.000 per anak dengan 2 orang pendamping. Kalau ada tambahan pendamping dikenakan charge 60.000. Menurut saya harganya relatif ya. Bisa dikatakan murah karena arena bermain out door seperti ini tidak banyak di Jakarta Selatan. Dengan ke playground, orang tua punya kesempatan mengembangkan sosialisasi anak, karena bisa saja kenalan dengan anak yang lain, jadi ajang gerak tubuh untuk anak, dan berlatih berinteraksi dengan alam seperti tanah, rumput pohon dan air. Mau diikatakan mahal juga bisa, kalau mampirnya cuma sebentar dan tidak menikmati semua permainan yang ada di sana. The playground ini boleh dibilang cukup aman, karena letaknya di perumahan yang jauh dari jalan raya, minim polusi udara dan untuk arena bermain dilapisi dengan rubber, seperti asphalt (aspal) tapi bouncy karena berbahan karet, jadi kalau sambil main si anak terjatuh, tidak terlalu berisiko.

Source: koleksi foto pribadi

air mancur, sangat jadi favorit anak saya dan anak lainnya. Bisa nggak selesai-selesai deh kalau sudah kena air mancur di sini.

Source: koleksi foto pribadi

Kolam bermain bola. Masukkan bola ke dalam tabung, dan bola akan berjalan sampai masuk ke dalam air. Fun buat anak-anak!

water sliding seru! tapi anak saya yang masih 2 tahun malah belum berani merosot dari tempat tinggi. hihih

JENIS PERMAINAN DAN FASILITAS LAINNYA

Ada yang tanya, di sana ada permainan dan fasilitas apa saja sih? Permainan di playground cukup beragam, mulai 3 jenis perosotan, jungkat jungkit, trampolin, panjat tali, ayunan, arena bermain pasir, flying fox, water playground dan masih banyak aparatus lainnya. Kalau anak saya paling suka bermain perosotan berulang-ulang dan paling lama bermain air di water area untuk splish splash dan menikmati air mancur. Untuk orang tua, bisa nemenin anak sambil aktifitas loh, karena bukan cuma tempat bermain, tapi ada area olahraga, loh! Ada mini basket ball field dengan 2 ukuran ring basket, ada lapangan tenis untuk dewasa, serta bicycle dan running track. Mau kerja online atau nulis blog pun bisa, karena gazebonya nyaman banget buat duduk sambil buka laptop. Siapa tahu dengan suasana bermain dan melihat anak-anak berlarian, malah mendapat inspirasi.

Source: foto koleksi pribadi

ayunan, salahsatu mainan yang dicari anak-anak. Bermain ayunan di taman ini sangat menyenangkan

Source: koleksi foto pribadi

salah satu jenis aparatus yang bisa dimainkan oleh anak-anak dari batita sampai 10 tahun

Source: foto koleksi pribadi

area bermain pasir untuk melatih sensory anak

Kalau anak-anak lapar, kira-kira boleh nggak makan di dalam the playground? Jawabannya boleh makan di dalam, tetapi hanya di area kafetaria yang sudah disediakan dan tidak boleh di area bermain. Kalau malas membawa bekal dari rumah, ada menu makanan serta minuman yang bisa dipesan. Kafetarianya memakai jasa koki untuk memasak menu-menu yang akan dihidangkan. Setahu saya tidak boleh bawa makanan, tapi kalau anak 1-2 tahun yang makanannya masih homemade, boleh saja sepertinya. Karena anak saya waktu itu juga bawa makanan sendiri dari rumah.

menu makanan yang tersedia di kafetaria the playground

Source: koleksi foto pribadi

suasana kafetaria di The playground. Dari sini orang tua bisa memantau anak-anak bermain, sambil menikmati hidangan yang disediakan kafetaria. Di sebelah kiri tempat ini masih ada space juga untuk makan. Sayang sekali fotonya corrupted, jadi tidak bisa saya upload. Jika ingin tahu lebih lengkap, bisa langsung membuka web the playground kemang.

Fasilitas umum lainnya ada 2 buah WC yang cukup bersih dan yang paling penting buat Muslim, ada Musholahnya. Oh iya, tempat parkirnya juga cukup besar. Meskipun nggak besar-besar banget sih, tapi cukup lah untuk menampung kurang lebih 12 mobil. Kalau malas dengan urusan parkir, untuk yang tinggal di Jakarta Selatan, lebih praktis naik Taxi online! hehehe.

Source: koleksi foto pribadi

area parkir yang tidak terlalu luas, tapi tidak terlalu sempit.

Source: koleksi foto pribadi

Musholah masih di samping area parkir the playground. Sambil menemani anak bermain, tidak bingung mencari tempat ibadah. Karena di era modern seperti ini, adanya suatu fasilitas ibadah di tempat umum sangat dicari

Source: foto koleksi pribadi

Fasilitas WC yang cukup nyaman dan bersih untuk dipakai anak-anak. Untuk saya fasilitas seperti ini sangat penting. Karena kalau WC nya kotor mencerminkan bahwa suatu tempat kurang dirawat.

Oh iya, yang saya tahu dari web the playground, area rumput bisa dipakai untuk garden party, loh. Ada alat BBQ juga untuk melengkapi pestanya. Boleh menghias area kebun dengan balon atau bunting print, tapi tidak boleh memakai sound system dan confetti. Tamu pesta juga dihimbau untuk tidak makan dan minum di area bermain, khawatir area bermain jadi kotor dan basah.

Source: foto koleksi pribadi

Suasana alam terbuka, akan sangat menyenangkan bila datang ke sini pagi hari. Karena udaranya sejuk dan bisa manfaatkan untuk anak melakukan olahraga.

Irna
Irna
Mom, baker and wife
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Irna
Irna
Mom, baker and wife

no comments

Follow Moeslema on SNS