1609
  2016-12-01       permatafm.com

Ciri-Ciri Manusia Paling Baik Menurut Islam

Dalam ajaran agama Islam disebutkan bahwa manusia paling baik itu ada ciri-ciri utamanya, dimana Allah SWT menjanjikan kepada manusia tersebut masuk surga dari pintu mana saja dan dengan cara yang mudah. Berikut ciri-ciri utama manusia paling baik menurut Islam, yaitu;

Fi'it Rachmawati 2,996 views

1. Paling Banyak Beramal Shaleh

Menurut Ulama sekaligus Mudir Tsnawiyah salah-satu pesantren di Tasikmalaya, Arif Rahman Hakim, ciri-ciri utama manusia paling baik menurut ajaran agama Islam pertama adalah manusia yang paling banyak beramal shaleh dibandingkan amal buruknya.

“Manusia yang memiliki ciri-ciri inilah yang Allah SWT janjikan akan dimudahkan masuk surga.” tuturnya dalam Kajian Islam di Bandung, belum lama ini.

2. Panjang Umurnya

Kemudian ciri yang kedua adalah manusia yang panjang umurnya, dan digunakan untuk beramal shaleh selama masa hidupnya.

“Manusia yang paling baik adalah yang panjang umurnya dan umurnya digunakan untuk beribadah.” katanya.

Hal ini tambah Arif, sebagaimana dijelaskan dalam Hadist Riwayat At-Tirmidzi dan Ahmad yaitu; “Dari Abdullah bin Busr ra, bahwa ada seorang Arab Badui berkata kepada Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia?” baginda menjawab; “Orang yang paling panjang umurnya dan baik amalannya.”

3. Paling Baik Akhlaknya

Lalu, ciri manusia paling baik menurut Islam lainnya adalah manusia yang memiliki akhlak yang baik.

4. Manusia yang Paling Bermanfaat

Disamping itu, ciri manusia paling baik menurut ajaran agama Islam pun tentu sosok yang paling bermanfaat bagi sesamanya.

Itulah ciri-ciri manusia yang paling baik menurut ajaran agama Islam. So moeslema supaya Kita menjadi manusia yang paling baik seperti yang telah dijelaskan tersebut. Mari Kita perbanyak amal sholeh Kita baik urusannya terhadap Allah SWT maupun amal shaleh terhadap sesama manusia dan makhluk Allah SWT lainnya.

Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

no comments

Follow Moeslema on SNS