1597
  2016-11-23       s-media-cache-ak0.pinimg.com

Belajar Memaafkan Lewat K-drama "Pinocchio"

Mengenal dunia reporter dan seluk-beluknya yang rumit dan tidak semulus apa yang kita tonton di televisi lewat sebuah drama berjudul "Pinocchio".

Lidya O. 218 views

Sebenarnya, drama berjudul Pinokio ini sudah tayang di Korea Selatan pada November 2014 silam. Tetapi karena penasaran, saya pun mencoba menontonnya sampai di episode terakhir. Dan berikut adalah ulasannya.

Sinopsis

Pinokio adalah drama yang mengisahkan tentang seorang reporter lokal yang dulunya bekerja sebagai supir taksi untuk membuktikan kebenaran. Ia pun berpendapat bahwa menjadi seorang reporter tidak boleh sembarang memberikan asumsi tanpa mengkroscek kebenarannya secara langsung. Lee Jong Suk (Choi Dal Po) bertemu dengan Park Shin Hye (Choi In Ha) yang merupakan keponakan angkatnya sendiri. Belasan tahun lamanya tinggal bersama membuatnya jatuh cinta dan memutuskan untuk meninggalkan nama angkatnya "Choi Dal Po" dengan kembali memakai nama aslinya "Ki Ha Myung".

Alur Cerita

Cerita bermula dari seorang reporter wanita bernama Song Cha Ok yang memfitnah Ayah Ki Ha Myung pada tragedi kebakaran yang menewaskan beberapa petugas pemadam. Ohya, Song Cha Ok ini adalah Ibu kandung dari Choi In Ha yang sudah bercerai dengan Ayahnya.

Ki Ha Myung dan kakaknya tidak terima. Mereka yakin bahwa Ayahnya tidak seburuk yang dipikirkan para reporter tersebut. Sejak saat itulah mereka berdua membenci segala macam yang berhubungan dengan reporter.

Ki Jae Myung, kakak Ki Ha Myung bersikeras membela Ayahnya yang dikabarkan menghilang dan kabur karena takut ketahuan publik bahwa dialah yang menyebabkan tragedi kebakaran tersebut.

Karena stres dan selalu menjadi bahan cacian publik, Ibu Ki Ha Myung mengajak Ki Ha Myung menonton kembang api kemudian terjun ke laut dan meninggal seketika.

Sedangkan saat itu Ki Jae Myung sedang diwawancarai oleh Song Cha Ok, ia tidak tahu bahwa adik dan Ibunya sudah meninggal. Kemudian, Ki Ha Myung diadopsi oleh Choi Gong Pil setelah ia menyelamatkannya di pinggir laut karena teringat oleh anaknya yang meninggal beberapa tahun silam.

Ki Ha Myung tumbuh besar dan dirawat oleh keluarga Choi Gong Pil. Namanya pun berubah menjadi Choi Dal Po. Ia pun sangat dekat dengan keponakannya yang cantik jelita dan menderita sindrom pinokio (tidak bisa berbohong), Choi In Ha.

Saat sudah lulus sekolah, Choi Dal Po bekerja menjadi supir taksi dan tidak melanjutkan kuliah karena masalah biaya. Sang Ayah begitu menyayanginya. Dal Po juga merubah penampilannya karena keinginan Ayahnya. Wah, beda banget ya Moeslemates kalau dibandingkan Dal Po yang masih SMA?

Dal Po dan In Ha mendapatkan kesempatan untuk menjadi reporter walaupun berbeda perusahaan. Tapi, nyatanya mereka tetap bisa bersama-sama, toh?

Sudah lama sejak kejadian Ha Myung dan Ibunya pergi meninggalkan Jae Myung, akhirnya Ha Myung yang telah berubah nama menjadi Dal Po bertemu kembali dengan kakak kandungnya. Tetapi sayangnya ia tidak mengenali Ha Myung karena penampilannya yang sangat berbeda.

Melewati berbagai kesulitan saat masih training, akhirnya membuat Dal Po dan In Ha berhasil menayangkan berita yang diuliknya di stasiun TV tempat mereka bekerja. Dan In Ha adalah reporter pinokio pertama di Korea. Ohya ngomong-ngomong sebenarnya, apa sih yang membuat Dal Po dan In Ha akhirnya menjadi reporter? Bukankah Dal Po sangat benci kepada Song Cha Ok si reporter jahat itu?

Kemudian, Dal Po dan kakaknya baru mengetahui bahwa faktanya adalah Ayah mereka ternyata sudah meninggal sejak tragedi 13 tahun silam. Hanya saja, mayatnya baru ditemukan sekarang. Seluruh reporter yang memberitakan tentang Ayah Ki Ha Myung adalah pembunuh atau buronan menjadi malu. Kemudian, Dal Po mengaku pada kakaknya bahwa dia adalah Ki Ha Myung. Tangisannya pecah dan In Ha melihatnya sangat prihatin.

In Ha dipekerjakan oleh Ibunya sendiri, Song Cha Ok yang dibenci oleh Dal Po. Namun, karena kebenciannya itulah akhirnya Dal Po berniat untuk masuk di dunia reporter dan menunjukkan kepada Cha Ok bahwa dirinya mampu menjadi reporter tanpa memutarbalikkan fakta. In Ha berpikir demikian. Ia juga sudah mengetahui tentang kekejaman Ibunya 13 tahun silam kepada keluarga Dal Po. Karena itulah ia berniat menjadi reporter untuk mengungkap kebenaran yang tersembunyi selama ini.

Ayah In Ha yang sudah mulai merasakan bahwa Dal Po menyukainya sebagai seorang wanita menjadi khawatir. Namun, mereka tetap menunjukkan sikap dewasa dan mengenyampingkan perasaan pribadi demi keutuhan keluarga.

Dan siapa sangka, ternyata di balik tragedi kebakaran 13 tahun silam ada dalang yang sangat keji bermuka manis. Dia adalah Ibu kandung dari sahabat In Ha dan Dal Po semasa training menjadi reporter.

Bagaimana Moeslemates? Mulai penasaran bagaimana akhir dari kisah cinta Dal Po dan In Ha, juga, apa yang terjadi selanjutnya pada wanita dalang itu?

Ya, menurut saya, drama ini sangat bagus untuk kamu tonton walaupun ceritanya cukup panjang dan menghabiskan 20 episode. Tapi, kamu akan menemukan arti bagaimana kebencian itu ditepis dan dibalas dengan kebaikan. Memaafkan kesalahan seseorang yang sampai menyebabkan kita kehilangan keluarga memang tidak mudah. Namun dibalik rasa sakit dan rindu yang pedih, ternyata ada kebaikan dan kebahagiaan kecil yang tidak bisa tergantikan di dalamnya. Dal Po dan In Ha berhasil membuktikan bahwa dengan menjadi reporter yang jujur, yang hanya memberitakan suatu kasus berdasarkan fakta di lapangan akan membuatnya menjadi dicintai semua orang, dipercaya semua rekan kerja. Dan kebenaran akan berpihak pada orang yang memperjuangkannya.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS