1553
  2016-11-25       asianwiki.com

Movie Review: The Professor's Beloved Equation (2006)

Film ini berkisah tentang pengasuh dan seorang kakek tua jenius yang ingatannya hanya mampu bertahan 80 menit.

Lidya O. 109 views

Tentang Film

"The Professor's Beloved Equation" merupakan sebuah karya yang diadaptasi langsung dari novel dengan judul "The Housekeeper and The Professor". Film ini dirilis di Jepang pada Januari 2006 dan memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan karya aslinya. Salah satunya adalah di film ini kita akan melihat perspektif dari pria berusia 29 tahun yang menceritakan kenangan bersama profesor kepada sekelompok murid baru. Sedangkan pada novelnya akan diceritakan dari sudut pandang narator.

Casts

The Professor - Akira Terao
Kyoko (narrator from the book) - Eri Fukatsu
Root - Takanari Saito
The Teacher (Root after age 19) - Hidetaka Yoshioka
The Widow - Ruriko Asaoka

Sinopsis

Film ini berjudul "The Professor's Beloved Equation", sebuah film yang mengisahkan tentang seorang professor yang mengalami kecelakaan mobil. Sehingga beliau hanya mampu mengingat dalam waktu 80 menit saja sehari. Namun, kecintaannya pada Matematika tidak membuatnya kehilangan kecerdasannya sedikit pun. Dan hal ini sudah berlangsung selama 10 tahun. Sampai suatu ketika seorang Ibu yang memiliki anak laki-laki bekerja untuk mengurusnya. Ibu muda ini memiliki seorang anak laki-laki. Professor menamai anaknya dengan sebutan "Root" dan mengajarkan banyak hal tentang Matematika kepada mereka berdua. Root dan Ibunya akhirnya mengetahui keindahan dari sebuah angka. Dan film ini dirangkai dari Root yang bercerita kepada murid-muridnya bagaimana caranya mencintai Matematika. Root kecil telah menjadi seorang guru matematika, kemudian ia bercerita tentang professor dan kecintaanya untuk memotivasi siswanya.

Review

Sejak awal menonton film ini di salah satu channel Jepang, membuat saya bosan namun tidak ada pilihan lain selain menontonnya. Dan pada akhirnya sosok Root, pria berusia kira-kira 29 tahun yang memiliki kenangan bersama seorang profesor yang ingatannya hanya mampu bertahan 80 menit dalam sehari menarik perhatian saya.

Source: rarefilm.net

Root menceritakan kepada murid-muridnya dengan sangat detail sambil memberikan lelucon yang membuat suasana tidak setegang kelas Matematika pada umumnya. Root pun membuka mata murid-muridnya dengan mengenalkan ilmu Matematika yang tidak biasa dan itu membuat semuanya terpukau.

Source: rarefilm.net

Seorang Ibu yang berperan menjadi housekeeper di sini cukup memberikan kesan bahwa mereka bekerja bukan hanya untuk mendapatkan uang. Tetapi, memberikan kepercayaan dan menunjukkan kepedulian sesama manusia.

Source: rarefilm.net

Tidak ada yang sanggup bertahan mengurus profesor selama ini. Tetapi berbeda dengan Eri Fukatsu, ia mampu bersabar menghadapi profesor dengan pertanyaan yang sama setiap harinya.

Secara keseluruhan, saya suka sekali film ini. Walaupun awalnya saya sempat bosan dan monoton, tapi begitu di pertengahan film, saya merasa sangat takjub dengan cara Root menceritakan kisahnya saat mengenal profesor pertama kali. Alurnya mundur dan tidak membuat penonton kebingungan. Justru sebaliknya, penonton akan dibuat seperti flashback kisah beberapa tahun lalu. Sangat mengharukan.

YouTube

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS