1551
  2016-11-21       assets.pando.com

Seberapa Efektifnya Belajar Bahasa Lewat Whatsapp?

Sibuk tetapi ingin belajar bahasa seperti les pada umumnya? Belajar via Whatsapp menjadi pilihan yang baik namun seberapa efektifnya les online ini?

Lidya O. 1,234 views

Halo Moeslemates! Kamu suka belajar bahasa asing? Nah untuk kamu yang ingin belajar bahasa asing namun disibukkan oleh pekerjaan atau rutinitas yang padat, sehingga kamu tidak bisa datang ke kelas, ada solusinya nih Moeslemates! Kamu bisa belajar bahasa asing di rumah atau di mana pun secara online.

Program BISA, Belajar Bahasa Arab Via Whatsapp

Beberapa waktu lalu saya pernah mengikuti kelas bahasa Arab bagi pemula lewat aplikasi Whatsapp. Caranya gampang banget, kamu bisa langsung registrasi dan menunggu notifikasi dari mereka. Setelah itu kamu akan diberitahu syarat-syarat dan ketentuan apa saja saat terdaftar menjadi anggota. Ohya, di program belajar bahasa Arab online ini gratis lho. Dan begitu kamu masuk menjadi anggota, maka secara otomatis nomer Whatsapp kamu akan dimasukkan ke grup untuk memulai proses belajar.

Beberapa metode pembelajaran yang ditawarkan biasanya sama seperti kursus pada umumnya. Ada listening, reading, pemberian tugas, tanya jawab, dan ujian akhir. Kalau kamu rajin mengikuti kelas dari awal sampai akhir dan mengerjakan ujian dengan baik, kamu akan diberikan sertifikat penghargaan dan nilai akhir yang akan tercantum di dalamnya. Wah, seru banget ya Moeslemates!

Namun, karena ini adalah program belajar online, maka guru tidak bisa melihat secara langsung bagaimana muridnya belajar. Apakah saat mengerjakan tugas dibantu oleh orang lain, menyontek catatan atau yang lainnya. Sedangkan, jika kita mengikuti kelas formal tatap muka akan terasa seperti belajar sungguhan. Ada guru, ada murid dan ada classmate.

Tetapi itu kembali lagi ke kebutuhan masing-masing. Jika mengingat kesibukan dan kegiatan yang padat membuatmu sulit mengatur jadwal les tatap muka, les online ini sangat direkomendasikan karena paling tidak kita hanya diminta kurang lebih 1 jam fokus pada kelas di grup tersebut.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan program ini, bisa langsung saja kunjungi laman web di bawah ini.

Belajar Bahasa Korea Via Whatsapp

Bahasa Korea menjadi salah satu bahasa asing yang sangat ingin saya pelajari akhir-akhir ini. Sampai akhirnya saya ditawari seorang teman untuk mengikuti kelas bahasa Korea lewat Whatsapp, saya langsung mengiyakan. Untuk program kelas bahasa Korea ini sebenarnya sama saja dengan program BISA. Ada penjelasan materi dari guru lewat voicenote, ada tugas, ada tanya jawab, ada materi yang bisa kita unggah dan kita print sendiri di rumah. Pun, kalian bisa tanya apa saja dengan gurunya lewat jaringan pribadi di Whatsapp saat kesulitan menerima materi pembelajaran.

Contohnya saya, paling tidak bisa belajar ngebut-ngebut. Jadi harus pelan-pelan dan mencatat semua hal yang kiranya tidak dimengerti. Karena kelas hanya dibuka selama 1 jam saja, nanti jika ada pertanyaan yang masih mengganjal bisa ditanyakan kembali ke gurunya di luar jam kelas. Bahkan bisa menjadi sahabat lho dengan gurunya.

Grup Whatsapp Kelas Bahasa Korea

Source: Photo © Lidya Oktariani

Grup kelas saya akan berlangsung dalam 1 bulan sebanyak 4x setiap hari Rabu. Dan dimulai pada pukul 20:00 sampai 21:00. Masing-masing peserta boleh membaca materinya terlebih dahulu kemudian jika ada yang ingin ditanyakan langsung saja tanyakan di grup tersebut. Untuk pengucapan pun bisa dibetulkan oleh guru lewat voicenote yang kita kirimkan. Materinya pun tidak banyak dan hanya memfokuskan di tema-tema tertentu saja.

Untuk kamu yang ingin bertanya-tanya seputar les bahasa Korea di Whatsapp, bagaimana cara bergabung, dan berapa biayanya bisa langsung hubungi saya di bawah ini:

081291167796 (SMS and call only).

Belajar Bahasa Online, Efektifkah?

Source: cdn.klimg.com

Saya bisa katakan bahwa belajar bahasa asing secara online efektif atau tidaknya tergantung pada niat dan pribadi masing-masing. Mengapa saya katakan demikian? Karena berdasarkan pengalaman saya, seseorang yang memiliki niat kuat dalam mempelajari sesuatu, baik itu caranya dengan hanya autodidak atau didampingi guru, semua bisa terwujud dengan baik asal ada modal usaha dan kesungguhan yang tinggi. Katakanlah jika seorang murid terpaksa datang ke tempat les karena keinginan orangtuanya. Padahal ia bertatap muka dengan guru dan teman-teman lainnya. Tetapi, jika si murid ini bermalas-malasan dan tidak ada niat yang kuat, kemampuannya pun akan mengikuti usaha dan niatnya dari awal. Nah, berbeda dengan orang yang sungguh-sungguh ingin mempelajari bahasa asing, ia akan rela berlama-lama dan membeli buku di toko buku untuk dipelajari sendiri di rumah. Ia juga akan senang bukan main jika ditawari les bahasa walau hanya lewat Whatsapp. Seperti itulah kira-kira perbandingannya.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS