154
  2016-07-01       www.rumah.com

14 Tips & Trik Super Agar Kosan/Rumah Tetap Aman Selama Mudik

Jum'at ini adalah hari terakhir kerja. Siapa yang mudik besok? Yuk baca tips dari kami agar kosan atau rumahmu tetap aman...

Official Moeslema Team 158 views

Assalaamu’alaikum Moeslemates,

 

Musim mudik sudah hampir tiba, untuk itu kita perlu lebih waspada. Banyak pencurian dan kejadian-kejadian yang kurang menyenangkan seperti kebakaran yang bisa terjadi selama mudik. Tidak hanya itu, rumah yang ditinggal lama bisa saja menjadi sarang penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Nah maka dari itu, kami punya tips agar Kosan/Rumah tetap aman selama ditinggal mudik.

 

1. Pastikan Pintu, Jendela, Dan Pagar Terkunci

Ini adalah bentuk pertahanan paling pertama. Dengan memastikan pintu, jendela, dan pagar terkunci dengan baik dan benar, maka semakin sulit maling untuk membobol kosan atau rumah kita.

2. Mengunci Ganda Pintu

Tambahan kunci pengaman juga akan membuat sulit maling untuk membobol kosan atau rumah kita. Pastikan gembok yang digunakan sebagai kunci ganda kuat dan bukan yang mudah rusak.

3. Pasang Tralis Pada Jendela

Tralis atau besi yang dipasang pada jendela tentunya membuat maling menjadi lebih sulit masuk. Jadi apabila ada rezeki lebih, sebaiknya lengkapi jendelamu dengan tralis yaa moeslemates.

4. Jangan Meletakan Barang Berharga Di Dekat Jendela, Lebih Baik Diamankan

Meski sudah mengunci ganda pintu dan jendela, bahkan menggunakan tralis, ada kalanya benda berharga kita masih bia dicuri. Untuk itu, biasakan menggunakan gorden agar kaca tidak tembus pandang. Kaca yang tembus pandang akan membuat orang lebih mudah untuk mengamati dari luar. Hindari juga meletakkan barang berharga dekat jendela karena apabila bisa dijangkau dari luar, benda tersebut bisa saja dicuri. Sebaiknya amankan barang berharga ditempat-tempat yang tidak terduga atau bisa juga dititipkan di bank agar benda berhargamu tersimpan dengan baik moeslemates.

5. Tingkatkan Rasa Sosial Dan Pahami Lingkungan

Banyak modus maling saat ini. Untuk itu, pahami lingkunganmu moeslemates. Apabila memang lingkunganmu cukup rawan, sebaiknya dirimu lebih waspada dari biasanya. Selain itu, pastikan kalian mengenal tetangga atau teman kosan kalian agar tidak mudah ditipu. Kita harus bisa membedakan mana yang orang asing, mana yang tetangga atau teman kosan.

6. Lapor Ke Aparat Di Sekitar Rumah

Ini tidak kalah penting, lapor ke aparat di sekitarmu seperti RT, RW, pemilik kosan, atau Satpam jika ada, bahwa kosan/rumahmu kosong. Sehingga apabila ada orang asing dan atau sesuatu yang mencurigakan, mereka akan lebih tanggap. Selain itu, mereka juga bisa membantu menjaga kosan/rumahmu kan moeslemates?

7. Minta Bantuan Tetangga Untuk Memeriksa Rumah

Selain aparat sekitar, tetangga yang tidak mudik juga bisa dimintai tolong untuk memeriksa rumah. Tentunya karena mereka lebih dekat maka rumah akan lebih mudah diawasi.

8. Cabut Aliran Gas dan Listrik yang Tidak Perlu

Aliras gas dan listrik bisa memicu kebakaran saat terjadi konsleting. Untuk itu, pastikan dirimu mencabut semua aliran gas, dan memilih mana aliran listrik yang tidak perlu untuk menyala.

9. Kosongkan Tempat Penampungan Air

Semua tempat yang menampung air, sebaiknya dikeringkan. Selain bisa menjadi sarang nyamuk, air yang tidak mengalir terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan.

10. Jangan Tunjukkan Bahwa Rumah Sedang Kosong

Pilihlah lokasi lamu yang tersembunyi. Ini akan mencegah orang tahu kalau kamu dan keluargamu sedang mudik moeslemates. Banyak pencuri yang mengintai rumah yang lampunya menyala terus, untuk itu pemilihan posisi lampu di rumah juga harus diperhatikan. Jangan lupa rapihkan rumput dihalaman agar rumah tetap tampak terawat. Letakkan juga sepatu dan sandal dibagian depan agar seolah-olah dirumah ada orang. Jangan lupa hentikan langganan majalah dan koranmu agar tidak menumpuk didepan rumah dan membuat rumahmu benar-benar terlihat sepertiditinggal pemiliknya ya moeslemates.

Jika punya rezeki lebih, ada baiknya gunakan lampu LED dengan sensor yang bisa menyala secara otomatis di malam hari.

11. Berhati-hatilah Ketika Bercerita Tentang Perjalanan Mudik

Di zaman sekarang, sns adalah bagian dari hidup. Sebaiknya jangan sembarangan bercerita di sns pribadimu mengenai detail perjalanan mudikmu ya moeslemates. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak terduga loh. Jangan sampai, kamu justru menjadikan ini sebuah peluang bagi temanmu untuk berbuat yang tidak baik ya...

12. CCTV dan Alarm

Apabila kamu memiliki dana lebih dan dirasa perlu, tidak ada salahnya memasang cctv dan alrm anti maling di rumah moeslemates. Selain memastikan rmah tetap aman, jika terjadi apa-apa ini juga akan memudahkan proses pengusutan perkara.

13. Back Up Data-Data Penting

Baik mahasiswa maupun pegawai, data-data adalah hal yang penting. Untuk itu, selalu backup datamu di tempat penyimpanan online ya moeslemates.

14. BERDOA AGAR KOSAN AMAN

Langkah paling akhir setelai berusaha ini itu, bedoa! Yap, berdoa.

 

Itu dia moeslemates tips dari kami agar kosan/rumah tetap aman selama mudik. Semoga bermanfaat. Selamat mudik! Stay safe :)

 

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS