1525
  2016-11-16    

Review Book : The Introvert Advantage (Berkembang dan Berhasil di Dunia Ekstrover)

Apakah anda menjadi kosong saat terlalu banyak hal terjadi di sekitar anda? Apakah anda merasa bersemangat saat menghabiskan waktu sendirian? Kabar baiknya anda adalah seorang introver. Buku ini akan memberikan tips dan taktik bagaimana bertahan, tapi juga berkembang dan berhasil di dunia ekstrover.

Nabila Ghaida Zia 473 views

BLURB

“Tidak ada perabotan yang semenarik buku.” – Sydney Smith

Cara terbaik mencintai diri sendiri adalah dengan mengenali dan memahami dirinya sendiri. Banyak perjalanan yang dilakukan manusia untuk menemukan dirinya sendiri. Bahkan dengan membaca bukupun manusia terbantu untuk mengenali dan memahami dirinya sendiri. Salah satu rekomendasi buku yang dapat digunakan untuk memahami diri sendiri adalah buku the introvert advantage karangan Marti Olsen Laney. Buku ini ditulis berdasarkan riset dan wawancara pada sejumlah orang yang introver. Buku ini sangat cocok dibaca para introvert maupun extrovert. Karena banyak sekali misconception yang ditujukan pada para introver sehingga mereka merasa tersudutkan di dunia yang cenderung lebih menghargai para ektrover. Buku ini mengajak para introver untuk lebih mendalam mengenali dirinya sendiri. Sedangkan bagi para ekstrover buku ini mengajak para ekstrover untuk memahami misteri introver yang ada di lingkungan mereka. Buku ini juga bisa dijadikan pintu kaum ekstrover untuk melihat kaum introver dan mengembangkan aspek refeleksi mereka.

REVIEW

Apa ada yang salah menjadi introver?

Tentu tidak ada yang salah. Yang salah adalah bahwa menganggap introversi adalah sebuah kekuarangan. Menjadi seorang introver adalah kabar baik. Karena seorang introver itu special dan anugerah luar biasa dari Tuhan. Bayangkan di dunia ini perbandingan jumlah kaum introver dan kaum ekStrover adalah 1:3. Bukankah para introver yang terlahir di dunia ini sangatlah spesial? Sayangnya mereka kurang menghargai ke-introversian mereka. Mereka merasa malu dengan kekurangan mereka tentang dirinya yang introver.
Pada awal bagian ini moeslemates akan dimotivasi terlebih dahulu bahwa tidak ada yang salah menjadi seorang introver. Menjadi seorang introver merupakan sesuatu yang layak untuk dirayakan. Kemudian moeslemates akan dikenalkan tentang apa itu Innie, Outie, Introversi. Pada dasarnya Introversi adalah sebuah temperamen. Tidaklah sama antara Introver dengan pemalu dan antisosial. Banyak misconception yang menjelaskan bahwa mereka antisosial. Itu tuduhan yang menyakitkan. Justru seorang introver adalah penjalin relasi yang mendalam dengan orang lain. Mereka mengunggulkan kualitas pertemanan bukan kuantitas. Perbedaan mendasar antara kaum introver dan ektrover adalah pada perolehan energinya. Kaum introver akan memperoleh energi dari dunianya sendiri , dunia yang berisi ide,emosi dan kesan yang mereka terima. Sedangkan kaum ekstrover memperoleh energi dari banyak pengalaman yang didapatkan di dunia luar. Untuk lebih meyakinkan diri moeslemates buku ini dilengkapi dengan tes sederhana untuk mengecek apakah moeslemates termasuk introver atau ekstover.

Mungkin dalam keseharian banyak ditemukan para introver yang kelihatan tidak seperti diri mereka sendiri. Maka buku ini akan menjelaskan secara detail mengapa para kaum introver tidak seperti kelihatannya. Di buku ini juga pembaca diajak untuk mengetahui pemetaan otak kaum introver dan ekstrover yang memang sangat berbeda. Jalur yang dilalui oleh kedua kaum ini dalam memroses sebuah informasi berbeda. Jalur para kaum intover ini lebih panjang dibandingkan kaum ekstover. Ini menjadi sebab mengapa dalam rapat-rapat para introver tidak semulus mengutarakan pendapat seperti kaum ekstrover. Karena jalur pemrosesan informasinya memang berbeda.

Buku ini memaparkan dua sisi dalam diri kaum introver. Sisi negatif dan sisi positif kaum introver. Pada pemaparan sisi negatif introver maka sang penulis akan memberikan latihan-latihan yang kecil yang bisa digunakan para kaum introver untuk mengatasi sisi negatifnya. Misalnya latihan agar pada pesta para kaum introver tidak kewalahan dan kelelahan. Latihan-latihan yang di dalam buku ini juga mengajak kaum ekstrover untuk berlatih cara menghadapi kaum introver.

Uniknya buku ini adalah tidak membahas sisi internal diri introver saja namun juga membahas bagaimana sang introver ketika memiliki hubungan dengan pasangan yang ekstrover ataupun introver. Kemudian bagaimana mendidik anak yang introver ataupun ekstrover.

Buku ini sangat layak dibaca untuk mendapat perbendaharaan pemahaman tentang orang introver dan bagaimana memperlakukannya. Agar tidak terus menerus terjadi penyudutan kaum introver di dunia ini.

Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS