150
  2016-06-16    

Book Review: The Kite Runner

Sebuah kisah penuh kekuatan tentang persaudaraan, kasih sayang, pengkhianatan dan penderitaan.

Deane Lene 43 views

Assalamualaikum Moeslemates.... kali ini aku mau review buku yang berjudul the kite runner. mungkin buat sebagian kalian udah tau tentang buku ini karna buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2003.

Khaled Hosseini (penulis buku the kite runner) membuat para tokohnya seakan begitu nyata untuk para pembacanya. Alur cerita yang bergerak maju mundur tidak membuat para pembacanya merasa kebingungan untuk mengkaitkan satu cerita ke cerita lainnya karena penggambaran setting latar, waktu, aktifitas dan penokohan yang dibuat sedetail mungkin mampu memudahkan para pembacanya untuk terus mengikuti cerita demi cerita.

Karakter utama yang diangkat adalah seorang anak yang bernama Amir yang memiliki sifat pengecut dan sahabatnya sekaligus anak dari pelayan rumahnya yang bernama Hassan yang setia kepada Amir. Amir adalah seorang Pashtun (ras terhormat di Afghanistan pada saat itu). Ayahnya adalah seorang yang dihormati oleh orang-orang karena keberanian dan kepribadiannya pada saati itu. Hassan adalah seorang Hazara (kaum budak) yang melayani keluarga Amir. Amir dan Hassan sering bermain bersama dan tumbuh bersama sebagai seorang sahabat.

Amir tumbuh menjadi anak yang kurang kasih sayang. Amir membutuhkan usaha keras untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari ayahnya. Terkadang Amir membenci Hassan karena ayahnya yang lebih sering memperhatikan Hassan. Hingga pada suatu saat Amir kecil menghianati Hassan, namun Hassan tetap setia bermain dengan Amir dan tidak memperdulikan penghianatan tersebut.

Dalam buku The Kit Runner, Khaled memberikan gambaran bahwa manusia mampu melakukan hal-hal yang tidak manusiawi terhadap manusia lain. tidak adan satupun karakter yang membosankan bahkan sampai akhir.

selain buku novelnya yang terkenal, the kite runner juga ada dalam versi buku novel grafisnya yang tidak kalah menarik dari buku novelnya. buku yang di ilustrasikan oleh Fabio Celoni dan Mirka Adolfo ini sangat menarik perhatian pembaca untuk mengikuti ceritanya, Ilustrasi yang sangat baik mampu membantu para pembaca untuk memahami cerita. Selain itu novel grafis ini lebih menekankan kepada inti sari dari buku novel the kite runner itu sendiri.

cover novel grafis the kite runner

the kit runner juga sudah diangkat ke layar lebar pada tahun 2007. buat kalian yang belum tau dan belum pernah nonton, bisa liat cuplikannya disini :

tapi sayang film yang disajikan tidak lebih menyentuh dibandingkan dengan bukunya. jadi buat kalian yang belum pernah tau buku dan film ini, aku sangat menyarankan untuk baca buku ini. karna buku ini sangat bagus dan ringan untuk pahami.

sekian review buku kali ini. selamat membaca moeslemates.... tunggu review buku lainnya ya. Wassalamualaikum....

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Related Tags
Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS