1495
  2016-11-15    

Rimba baca : Perpustakaan ramah anak

Pssstt.. Ini perpustakaan, jangan berisik ya! Mom, dont worry be happy. Ini Rimba baca. Perpustakaan fun untuk anak dan dewasa. Kebayang kan kalo untuk anak juga? Nggak mungkin dibuat peraturan "jangan berisik" kan? hehe. Kegiatan membaca bukan cuma milik orang dewasa. Tapi sudah membudaya di kalangan anak-anak, start from zero year. Yeay, bahagia banget deh ada perpustakaan seperti ini. Mom and kid friendly!

Irna 237 views

Source: koleksi foto pribadi

salah satu ruang baca untuk dewasa di lantai atas

Source: koleksi foto pribadi

desain ruang yang nyaman dan aman untuk anak-anak

BACA SANTAI DI RIMBA BACA

Seiring perkembangan zaman, membaca bukan lagi momok yang bikin malas, tapi membaca sudah jadi bagian dari gaya hidup atau life style, khususnya untuk orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Gaya hidup membaca di perpustakaan umum bukan lagi hal yang jarang, tapi sudah sangat lumrah. Nah, Rimba baca menjadi salah satu pilihan destinasi liburan yang cukup unik untuk anak. Loh? Liburan kok ke perpustakaan sih? hehe iya dong, tempatnya seru banget kok, dijamin anak kecil pasti betah deh!

Rimba baca sendiri letaknya ada di jalan Intan RSPP, Cilandak, Jakarta Selatan. Bagaimana dengan koleksi bukunya? Bangunan ini ada 2 lantai. Lantai bawah adalah koleksi buku anak yang sudah dikategorikan. Mulai dari 0-3 tahun, 4-8 tahun, dan 9-12 tahun. Ragam bukunya ada yang berbahasa Indonesia, Inggris, Thailand, Jepang, bahkan Arab. Selain buku-buku menarik, ada juga boneka dan mainan yang bikin anak semakin senang untuk berlama-lama di perpustakaan. Lantai atas diperuntukkan bagi dewasa, ada banyak koleksi novel, buku resep dan komik. Design interior untuk lantai atas juga sangat cozy dan tempatnya luas.

Sebenernya sudah banyak ya perpusatakaan yang kid friendly. Dibuat untuk anak-anak dan ada mainan anak. Itu cara pendiri menarik perhatian agar anak-anak mau ke perpustakaan. Dan menghilangkan kesan "boring" pada perpustakaan. Selama ini yang kita tahu, di perpustakaan harus duduk tenang, harus diam agar tidak mengganggu orang lain. Now, people break the rule, tapi nggak ada salahnya break the rule untuk hal yang lebih maju dan untuk kebaruan di dunia baca buku. out of the box! Tapi tetap tidak diperbolehkan makan di area membaca ya, khawatir ada sisa atau serpihan makanan yang terjatuh dan mendatangkan semut.

Source: koleksi foto pribadi

di halaman belakang, anak-anak bisa melihat tanaman, kura-kura dan ikan

REVIEW RIMBA BACA

Saya dan teman-teman bisa ngumpul dari pagi sampai tempatnya tutup! hehe. Tapi hampir nggak pernah ketemuan weekend di sini. Karena selalu ada acara. Contohnya, Sabtu ada baby school yang diselenggarakan oleh Rumah Dandelion (yang punya bayi 0-24 bulan cuss cek Instagramnya). Nah kalau hari Minggu dipakai acara seperti membuat bento untuk anak, dan acara lain yang sifatnya parenting. Oh iya nggak cuma itu, ada Yoga dan Konsultasi parenting juga loh.

Karena itu kami ngariung di Rimba baca kalau weekday ajah. Nggak setiap bulan sih ngumpul di sini.. kalau ada waktu ketemu pokonya pasti ke situ deh. Ulang tahun? Diskusi? Pasti pilihannya jatuh di Rimba baca. Saking seringnya kami ke situ, teman-teman yang belum pernah pada penasaran datang ke sana karena dengar cerita dan lihat postingan kami di social media. Tapi ulang tahunnya bukan party yang bawa cake dan tiup lilin loh ya. Karena peraturannya di Rimba baca tidak boleh ada pesta dan makan-makan.

Apa sih keuntungannya datang ke Rimba baca?

Serius loh ya, ini bukan iklan atau promosi.. ini cuma sesi sharing dari saya sebagai yang suka baca, dan anaknya suka sama buku. Keuntungannya kumpul di Rimba baca itu menurut saya :

1. Jaraknya nggak terlalu jauh dari rumah (Kalau rumahnya di Bekasi / Tangerang entah ya. hehe)

2. Tempatnya super nyaman, lumayan luas, tenang dan bersih karena untuk anak-anak, trus ada mainan kayu dan puzzle.

3. Koleksi bukunya banyak dan bagus-bagus. Lantai bawah untuk anak 0-12 Tahun, Lantai atas untuk ibu-ibu dan teen

4. Ada halaman belakang yang ada aquarium isi ikan ikan kecil, plus ada kura kura 2 ekor. Jadi kalo si anak bosan di dalam, pada buka pintu ke halaman belakang untuk hebohin si ikan dan kura-kura

5. Ada ruang seni khusus melukis (alat sudah tersedia, ada apron biar baju nggak kotor, ada kertas, kuas, akrilik dan palet) dan boleh juga untuk bermain clay atau tempel gunting (bawa sendiri kayanya kalau yang ini sih)

6. Kamar mandi / WC nya cukup nyaman dan pastinya bersih. Ada wastafel plus kaca (penting banget tuh kaca..hehehe)

7. Ada tempat dan perlengkapan untuk sholat (buat saya dan moeslemates ini penting buanget)

8. Banyak bantal sana sini di tempat anak, jadi kalau anaknya ketiduran ya no worries. bawa aja alasnya berupa mini bed cover dari rumah kalau mau lebih enak.

9. Ada snack bar dan chiller isi susu, teh dan yoghurt. Boleh bawa makanan sendiri dan makan di sana, tapi tidak boleh di librarynya, bolehnya makan di ruang tunggu saja ya, mom.

10. Kalau mau tahu lebih banyak, coba deh datang sendiri ke Rimba baca.. hehehe

Yang pasti anak saya betah banget di sana, apalagi kalo sudah melukis (baca : coret coret pakai cat air) wah nggak mau pulang deh. Betah! Kadang ketemu teman baru yang bikin dia tambah betah. Saya juga ketemu kenalan ibu baru loh, bisa sharing ilmu dan pengalaman. Pokonya menyenangkan lah. Saya nggak tahu ya ibu yang lain, tapi buat saya sih tempat ini warm and homie.

Source: foto milik pribadi

ruangan baca anak di rimba baca

PILIHAN MEMBER ATAU PER KEDATANGAN

Oke, Kalau saya pilihannya jadi member!

Nah, karena saya dan teman-teman suka banget dateng ke rimba baca, beberapa dari kami termasuk saya, memutuskan untuk jadi member. Berapa sih uang yang harus dikeluarkan untuk jadi member? Jawabannya 375.000 saja untuk setahun. Menurut saya yang sering ke sana yaa jadi murah banget. Karena kalau nggak member, sekali datang harus bayar 35.000/ anak (orang tua nggak dihitung). Tapi kalau kita jadi member, masuknya gratis, hehe lumayan kan?!

Kalau boleh dihitung-hitung, Harga buku sekarang bisa 60rb-200rb ke atas.. ini maaf bukan berarti perhitungan ya.. saya juga suka beli buku, tapi nggak sanggup kalau harus beli buku seminggu sekali dan sekali beli 5 buku. Sementara si anak maunya selalu ada yang baru. Jadi buat saya bisa pinjem buku di sini lumayan Hemat dan si anak happy, karena selalu ada buku lain di rumah setiap minggunya.

Terus itu saja kah keuntungannya? Bukan cuma itu.. Ada lagi nih, kalau jadi member boleh pinjem buku maximal 5 buah. Boleh campur, misal 3 buku anak, 2 buku dewasa. Jangka waktu peminjaman 1 minggu loh ya bukan sebulan. hehe, Ealaah kok sebentar beneur sih cuma boleh pinjem seminggu? Kalo pinjemnya novel tebel gimana dong? Tenaang, boleh perpanjang by phone dengan menyebutkan nama member. Kalau nggak sempat baliki buku ke sana gimana atuh? Hohoho bisa kok bayar jasa gojek, titip amplop berisi nama member ke gosend, bukunya bisa dipulangin deh. Nah, kalau telat gara-gara lupa balikin buku bagaimana dong? Kena denda sih, dendanya 5000 rupiah per buku, yang artinya 25000 per lima buah buku.

Oke segitu dulu ya :) kalau mau tahu lengkapnya, silahkan datang ke rimba baca. Semoga infonya bermanfaat.

Irna
Irna
Mom, baker and wife
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Irna
Irna
Mom, baker and wife

no comments

Follow Moeslema on SNS