1480
  2016-11-16       www.sayacantik.com

Do and Dont's Mengenai Softlens

Jangan abaikan kesehatan matamu. Cermatlah saat memilih softlens agar matamu tetap sehat.

Deane Lene 1,725 views

Apa itu softlens?

Softlens adalah salah satu benda yang diciptakan untuk membantu para pemilik gangguan mata minus agar bisa melepaskan kacamata sebagai alat bantu untuk melihat pada umumnya. Namun dewasa ini pemakaian softlens sudah menajdi kebutuhan fashion saat ini. Tidak hanya mereka yang memiliki mata minus saja yang menggunakannya namun bagi mereka yang tidak memiliki masalah pada matanya juga berbondong-bondong membeli dan menggunakannya. Mengapa?

Berdasarkan dari penelitian sosial mengatakan sebagian orang menggunakannya untuk meningkatkan rasa percaya diri karena matanya terlihat lebih indah dari biasanya. Selain itu banyak sekali warna yang ditawarkan membuat para konsumen bebas memilih sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Dibalik keindahannya, ternyata softlens menyimpan segudang bahaya bagi para penggunannya. Dari hal yang sepele hingga sangat serius. Jadi ketika kalian ingin membeli softlens cermatlah dalam memilih. Simak terus artikel yang satu ini agar kalian bisa meminimalisir bahaya yang sedang mengancam mata kalian.

Mengapa softlens itu berbahaya?

Moeslemates...

Jangan tertipu dengan keindahan dan berbagai macam tawaran warna softlens dipasaran ya. Pemilihan, penggunaan dan pemeliharaan softlens yang tidak tepat bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan mata.

Berdasarkan observasi di lapangan, softlens yang tidak dipilih, digunakan dan dirawat dengan baik akan menimbulkan dampak:
- mata merah karena iritasi
- pengelihatan buram karena terdapat kabut padal lapisan kornea
- mata menjadi lebih sensitif
- dampak paling terburuk adalah kebutaan

Bagaimana cara memilih softlens yang baik?

Ini dia beberapa tips yang bisa aku berikan berdasarkan pengalaman dan konsultasi pribadiku.

DO

Source: www.hadiah.me

1. Pilihlah bentuk lingkaran softlens yang bulat sempurna. Dalam artian bentuk lingkaran ini tidak tinggi sebelah. Ini sangat penting karena ketika bentuknya tidak bagus akan menganggu otot mata menahannya saat penggunaannya. Akibatnya mata akan cepat merah karena otot mata cepat lelah.

2. Perhatikan pinggiran softlensnya, jangan sampai terdapat kerutan. Pinggiran yang berkerut mengindikasikan bagian tersebut termasuk dalam produk yang gagal atau bisa jadi bagian tersebut kering karena tidak terendam cukup air. Untuk membuktikannya masih bisa dipakai atau tidak, rendamlah selama semalaman dan lihatlah keesokan harinya apakah ada perubahan atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya kalian tidak menggunakannya jika kalian tidak ingin mata kalian teriritasi.

3. Jika kalian tertarik dengan softlens berwarna, pilihlah warna senatural mungkin. Kenapa? Berdasarkan konsultasi dengan ahli mata, penggunaan softlens dengan warna solid membuat mata cepat teriritasi. Pasalnya warna yang terdapat pada softlens merupakan campuran bahan kimia. Jika terpapar terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada mata.

4. Sebaiknya gunakan softlens yang berdiameter 14,5cm saja. Diameter kornea mata orang Indonesia berkisar 14-14.5cm dan disarankan pemilihan softlens mengikuti diameter kornea mata agar otot mata tidak cepat lelah.

5. Carilah bentuk silikon yang tidak berbetuk mangkuk sempurna. Karena ketika silikon tersebut membentuk seperti mangkuk sempurna mengindikasikan bahwa kualitas silikon tersebut tidak bagus, keras dan tentunya tidak elastis. Hal ini bisa menyebabkan luka pada bagian sekitar kornea mata dan akan terasa perih ketika didiamkan.

6. Pastikan kalian mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuhnya. Tangan adalah sumber dari segala penyakit karena pada tangan terdapat banyak sekali kuman.

7. Gunakan alat bantu untuk mengambil softlens dari tempatnya kemudia baru ditaruh ditangan. Ini dapat meminimalisir terjadinya kerusakan atau goresan pada permukaan softlens akibat gesekan tangan dengan tempat penyimpanan.

8. Rajinlah mengganti air rendaman softlens. Ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab air rendaman yang kotor dapat menimbulkan lebih banyak kuman pada softlnes. Gantilah setiap kali dipakai. Jika kalian malas, sebaiknya tidak lebih dari 3 hari ya.

9. Simpanlah softlens di tempat yang sejuk. Jangan simpan softlens di tempat yang panas sebab akan menurunkan kualitas softlens.

10. Cermat pada tanggal kadaluarsa. Softlens yang kadaluarsa akan menyebabkan iritasi pada mata.

11. Perhatikan kadar airnya. Kalian bisa memilih softlens dengan kadar air 20% saja cukup.

12. Pastikan kalian membelinya di optik terpercaya ya.

13. Gunakan tetes mata khusus softlens terlebih pada saat mata terpapar ac atau angin yang menyebabkan mata kering.

Don'ts

1. Jangan pernah sekali kali kalian menyentuh ataupun mencoba softlens yang ada di optik. Kenapa? Karena sudah bisa dipastikan softlens tersbeut memiliki banyak kuman dan jamur akibat pemakaian yang bergantian dengan orang lain. Selain itu berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa penjaga optik tidak mengganti air rendamannya.

2. Jangan mencuci tempat rendaman softlens menggunakan air yang mengalir dari keran. Mengapa? Karena air yang bersumber dari keran memiliki banyak sekali bakteri yang sangat membahayakan bagi mata. Gunakan saja air rendaman untuk membersihkan tempat softlens tersebut.

3. Jangan mengelap atau mengeringkan tempat softlens ketika selesai dibersihkan. Sebab serpihan tissue akan tertinggal didalam tempat penyimpanan softlens. Hal ini akan berdampak pada kualitas dan kebersihan softlens.

4. Jangan menggunakan softlens saat memasak. Berdasarkan pengalaman pribadi, bahan dasar silikon pada softlens tidak kuat terpapar panas sehingga dapat menyebabkan softlens meleleh dan sulit untuk di lepaskan dari mata.

5. Jangan membeli softlens dari online karena kualitasnya diragukan dan tentunya kalian seperti membeli kucing dalam karung. Sebaiknya dihindari demi kebaikan dan kesehatan mata.

6. Jangan menggunakan softlens saat berenang. Kandungan bahan kimia (kaporit) yang terdapat dalam kolam renang akan menyerang secara aktif pada softlens terlebih softlens juga terpapar kuman dan bakteri yang terdapat di dalam kolam. Jika hal ini di biarkan akan berakibat pada iritasi berat dan sulitnya softlens untuk dilepaskan dari mata.

7. Jika matamu iritasi pada softlens yang baru di beli WASPADALAH dan sebaiknya jangan lagi dipakai atau lebih baik dibuang. Karena hal tersebut tidak menutup kemungkinan terdapat jamur dipermukaan softlens tersebut. Bagaimana cara melihatnya? Ambilah penjepit untuk membantu kalian mengangkat softlens. Pastikan kondisisinya tidak menggulung. Jika sudah, arahkan softlens tersebut pada cahaya yang sangat terang (lampu atau mengarah ke luar ruangan). Perhatikan pada bagian tegah softlens, apabila terdapat bintik bintik halus yang banyak itu tandanya softlens mu terdapat jamur. Semakin banyak bintik-bintik tersebut semakin tidak sehat softlens yang kamu miliki.

8. Hentikan pemakaian jika terkena iritasi. Jangan paksa penggunaan softlens pada matamu. Biarkan istirahat sekurang-kurangnya selama 1 bulan tidak tersentuh softlens. Penggunaan yang dipaksakan akan menyebabkan iritasi semakin berat dan berakhir dengan kebutaan.

9. Jangan gunakan softlens pada saat tidur. Bagi sebagian orang, terjadi gerakan mata pada saat tidur dan tidak disadari. Kondisi ini akan membahayakan sebab pergerakan ini akan menggeser softlens dari kornea dan tentunya otot mata tidak mampu menahan secara maksimal. Kasus lainnya, bagi sebagian orang ketika tidur produksi air mata berkurang sehingga sering kali mengeluhkan mata kering. Kondisi ini sangat berbahaya apabila orang tersebut menggunakan softlens sebab softlens akan terus menempel pada kornea dan melepaskannya tidak bisa sembarangan. Harus memerlukan bantuan medis.

10. Jangan menggunakan softlens lebih dari 8 jam. Mengapa? Karena kemampuan otot mata menahan softlens hanya 8 jam setiap harinya. Jika pemakaian terus menerus lebih dair 8 jam/sehari akan memperparah kerusakan mata khusunya pada daya pengelihatan seseorang.

Nah moeslemates, itu tadi tips do and don'ts saat kalian memutuskan untuk menggunakan softlens. Sebisa mungkin kalian jangan menggunakan softlens jika keadaanya tidak terlalu dibutuhkan. Sayangilah matamu jika sayang kehidupanmu.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS