1458
  2017-02-25       detikislam.blogspot.co.id

5 Manfaat dan Keutamaan Menjaga Wudhu

Dalam Islam, wudhu merupakan salah satu kewajiban sebelum melaksanakan sholat dan juga menjadi penyuci diri sebelum beribadah. Namun, juga merupakan sunnah untuk tetap menjaga wudhu di luar sholat. Apa saja sih keutamaan dan manfaatnya? Yuk baca!

Rini Amelia 7,640 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Bagi umat muslim, wudhu sudah tentu bukanlah hal yang asing dan bahkan meurpakan hal yang pasti dilakukan setiap hari sebelum melakukan sholat. Ya, wudhu merupakan salah satu syarat sah seseorang sebelum melakuakan ibadah sholat.

Wudhu sendiri merupakan aktivitas membersihkan diri dari segala jenis hadas kecil yang menempel di tubuh. Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat seorang muslim.

Dalam al qur’an, Allah berfirman:
''Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki." (QS Al-Maidah 6).

Menjaga wudhu sendiri merupakan salah satu hal yang sangat disarankan oleh Rasulullah. Namun, sebenarnya apa sih manfaat dan keutamaan wudhu ini?

Yuk baca!

1. Wudhu sebagai Pengampun Dosa dan Pemberi Syafaat

Wudhu ternyata lebih dari sekedar hikmah untuk membersihkan diri dari segala kotoran dan hadas kecil yang menempel. lebih dari itu, wuduh ternyata memapu menjadi pengampun dosa yang telah kita lakukan dan juga pemberi syafaat untuk kita nanti.

Wudhu sebagai pembawa syafaat dan penggugur dosa

“Wudhu sebelum tidur akan didoakan Malaikat agar diampuni segala dosa, Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)
Rasulullah Saw bersabda, ''Jika seorang hamba menjaga shalatnya, menyempurnakan wudhunya, rukuknya, sujudnya, dan bacaannya, maka shalat akan berkata kepadanya, 'Semoga Allah Swt menjagamu sebagaimana kamu menjagaku', dia naik dengannya ke langit dan memiliki cahaya hingga sampai kepada Allah Swt dan shalat memberi syafaat kepadanya.'' (Riwayat Thabrani dair Ubadah bin Shamit)

Dari hadits dan riwayat di atas, kita bisa tahu bahwa ternyata wudhu yang kita lakukan ternyata akan mampu menolong kita di hari akhir kelak dengan membawa syafaat dan menolong kita. Selain itu, wudhu juga menjadi penggugur dosa seseorang jika dilakukan sebelum tidur karena tidur dalam keadaan suci.

2. Wudhu sebagai Penjaga Kesehatan

Secara kesehatan, percikan air dari wudhu mampu merilekskan otot-otot yang tegang dan juga mampu membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di tubuh, terutama wajah. Bukan hal yang sering kita lihat di iklan-iklan bahwa kotoran yang menempel pada wajah mampu menimbulkan masalah kulit dan kesehatan, seperti jerawat dan komedo.

Ternyata, berwudhu bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan kita Moeslemates karena selalu rutin membersihkan diri.

Wudhu sebagai penjaga kesehatan

3. Wudhu sebagai Identitas Muslim di Hari Perhitungan

Ada banyak hadits yang mendukung pernyataan bahwa wudhu merupakan pembeda umat muslim yang taat di hari akhir kelak. Beberapa diantaranya, yaitu:

Dari Abu Hurairah ra. …… Beliau (Rasullah saw.) bersabda: “Sesungguhnya saudara-saudara kami itu akan datang dalam keadaan putih cemerlang karena wudhu dan aku yang akan membimbing mereka ke telaga”. (Riwayat Muslim)
Dalam haditsnya, Dari Abu Hurairah ra. berkata: “Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Dan barangsiapa yang mampu untuk memperlebar putihnya maka kerjakanlah hal itu”". (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Betapa besarnya peran wudhu bagi kita ketika hari perhitungan nanti Moeslemates. Ia mampu menjadi pembeda kita dengan yang lain karena bekas anggota tubuh yang terkena wudhu akan memancarkan cahaya di hari nanti.

4. Wudhu sebagai Pertanda Keimanan

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Rasulullah -Shallallahu alaihi wa sallam– bersabda,

الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالصَّلَاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا

“Bersuci (wudhu’) adalah separuh iman. Alhamdulillah akan memenuhi mizan (timbangan). Subhanallah wal hamdulillah akan memenuhi antara langit dan bumi. Sholat adalah cahaya. Shodaqoh adalah tanda. Kesabaran adalah sinar. Al-Qur’an adalah hujjah (pembela) bagimu atau hujatan atasmu. Setiap orang keluar di waktu pagi; maka ada yang menjual dirinya, lalu membebaskannya atau membinasakannya.” [Muslim dalam Ath-Thoharoh, bab: Fadhl Ath-Thoharoh (533)]

Dari hadits tersebut, bisa kita petik dengan jelas bahwa wudhu merupakan bagian dari iman. Sebagai seorang muslim, iman merupakan salah satu pertanda penting yang harus dimiliki di dalam hati kan Moeslemates? Dan wudhu merupakan salah satu cara untuk mencapainya.

Betapa istimewanya wudhu ya, Moeslemates.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk malas berwudhu dan menjaga wudhu kan?


Rini Amelia
Rini Amelia
an aspiring writer
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Rini Amelia
Rini Amelia
an aspiring writer

no comments

Follow Moeslema on SNS