1443
  2016-11-18       pramugariblog.files.wordpress.com

6 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Interview Kerja

Beberapa hal di bawah ini wajib kamu perhatikan saat akan datang ke tempat interview pekerjaan.

Lidya O. 181 views

1. Pakaian Formal

Source: gayapopuler.com

Pakailah pakaian formal yang sopan dan tidak mencolok pada saat akan berhadapan dengan pewawancara. Karena mereka pasti akan menilai dari bagaimana caramu berpakaian.

2. Posisi Tegak

Source: mebiso.com

Terkadang ini disepelekan. Namun tahukah kamu bahwa duduk atau berdiri dalam posisi tegak dapat membuat dirimu lebih percaya diri dan lawan bicaramu akan melihatmu serius dalam wawancara tersebut. Orang yang malas akan cenderung duduk pada posisi asal-asalan. Sebaliknya, jika posisi kita tegak, maka secara otomatis, suara dan kemampuan yang dikeluarkan pun akan lebih kelihatan.

3. Atur Pernapasan Jika Nervous

Nervous sudah pasti dan wajar kita rasakan saat pertama kali sampai di proses wawancara. Apalagi yang akan wawancara kita lebih dari 2 orang. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengatur pernapasan sebaik mungkin sebelum orang-orang tersebut datang.

4. Jangan Terburu-buru Jawab Pertanyaan Interviewer

Hal ini penting untuk kamu perhatikan. Saat ditanya oleh pewawancara, pastikan kamu mengerti betul pertanyaannya dan jawablah dengan tidak terburu-buru. Kenapa? Kalau kamu terburu-buru menjawabnya, maka yang kamu keluarkan saat berbicara bisa jadi salah atau pengucapannya kurang baik. Kamu juga bisa melakukan jeda dan mendengarkan pertanyaan demi pertanyaan sambil menyerapnya hingga mendapatkan jawaban yang pas.

5. Jujur

Bersikaplah jujur maka orang lain akan menghargaimu. Jika kamu memiliki kekurangan yang kamu malu untuk mengakuinya, dan jika itu berhubungan erat dengan pekerjaan, ungkapkanlah. Mendapatkan karyawan yang jujur pada diri sendiri dan dapat dipercaya mungkin tidak mudah. Oleh karena itu, percayakan pada dirimu dan yakinlah jika jujur akan memberimu nilai lebih sebagai seorang karyawan yang sedang mencari pekerjaan terbaik.

6. Senyum Sesuai Proporsi

Source: cdn.klimg.com

Senyum adalah satu-satunya cara terbaik untuk menutupi rasa grogi kamu saat interview. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pun pernah menerima komentar baik dari atasan yang senang dengan cara saya bicara sambil tersenyum. Ini akan meningkatkan kepercayaan interviewer kepada kita lebih dari 50% lho! Pembawaan yang ceria juga sangat berpengaruh walaupun nilai akademik dan pengalamanmu tidak seberapa banyak dibandingkan lawan-lawanmu.

Nah, bagaimana Moeslemates? Siapkan dirimu dengan baik saat akan memulai interview pekerjaan ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu bisa sukses melewati masa-masa interview di tempat kerja incaranmu.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS