1441
  2016-11-24       printableflagsoftheworld.com

7 Tips Belajar Bahasa Korea Secara Autodidak

Tahukah Moeslemates bahwa bahasa Korea adalah salah satu bahasa asia yang tingkat kesulitannya berada di awal. Nah, untuk melaluinya kamu hanya perlu mempraktikkan beberapa tips di bawah ini.

Lidya O. 1,155 views

Korea adalah dunianya makeup dan K-pop yang sedang booming di hampir beberapa negara Asia termasuk Indonesia. Tidak heran jika banyak pemuda-pemudi Indonesia yang tertarik mengulik tentang budaya, bahasa dan beberapa karya anak muda Korea. Belajar autodidak menjadi pilihan di antara mereka yang ingin tetap belajar dengan menghemat uang les. Nah, biasanya kalau sudah ada rasa suka, tertarik, akan jauh lebih mudah mentransfernya menjadi ilmu. Dan bagi kamu pecinta K-drama, K-pop, atau yang ingin sekali belajar bahasa Korea, saya punya beberapa tips yang diadaptasi dari pesan guru bahasa Korea saya. Yuk simak!

1. Latih Terus Menulis & Membaca Hangeul

Source: Photo © Lidya Oktariani

Biasanya, para pembelajar bahasa Korea di level pemula tidak begitu menemukan kesulitan menghafal, menulis maupun membaca Hangeul. Tenang, tulisan yang harus dihafal tidak banyak kok Moeslemates. Tentunya, masih jauh lebih banyak bahasa Jepang lho. Kalau dibandingnya dengan keduanya, tulisan Korea tidak begitu rumit.

Nah, yang saya tekankan di sini adalah: latihan menulis dan membaca. Dengan kamu menulisnya sambil membacanya, maka nantinya kamu akan hafal. Biasakan juga penuhi bukumu dengan coret-coretan dan jangan takut salah!

2. Carilah Buku Pedoman Terbaik

Source: Photo © Lidya Oktariani

Setelah kamu sudah melewati masa matrikulasi hangeul, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memilih buku panduan terbaik. Ya, ini penting lho Moeslemates. Kalau kamu tidak 'sreg' dengan bukunya, atau bukunya terlalu sulit untuk dimengerti, nantinya akan berpengaruh pada proses belajar kamu. Saya merekomendasikan buku yang berjudul "Otodidak Belajar Korea" karya Desy Sasadara Putra. Eits, tapi Moeslemates, buku ini sudah tidak terbit lagi. Dan kalau kamu ingin punya buku ini harus cari kenalan yang belajar bahasa Korea, biasanya mereka punya buku ini.

Kenapa saya rekomendasikan buku ini? Karena buku ini tidak begitu tebal dan memusingkan pemula. Selain itu, ada kelompok kosakata yang sangat mempermudah kamu menghafal kata demi kata.

Source: Photo © Lidya Oktariani

Ohya, jika kamu memakai buku ini sudah wajib hafal luar kepala tulisan hangeulnya ya. Karena kita tidak dimanjakan dengan romanisasi lagi.

3. Cari Materi di Internet

Yang menjadi kebingungan para pembelajar autodidak biasanya adalah materi yang dipakai. Sebenarnya kamu bisa mencarinya di internet dengan mudah. Carilah yang sesuai dengan level pengetahuanmu dan penjelasan yang tidak belibet. Kalau saya biasanya lebih suka belajar dari web di bawah ini.

4. Latihan Reading & Listening dari Lagu

Source: Photo © Lidya Oktariani

Saat kamu sudah yakin hafal semua hangeul dan bisa membacanya dengan baik, saran saya carilah lagu yang ekstra slow yang mudah dimengerti pengucapannya. Kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan artinya dulu karena ini baru tahap awal. Cukup dengarkan lagunya sambil membaca lirik yang kamu tulis dengan hangeul. Setelah terbiasa, cobalah baca perlahan. Pertamanya mungkin kamu masih mengeja, tapi lama-kelamaan percaya deh kamu akan terbiasa melihat hangeul. Nah, setelah itu kamu perhatikan deh pengucapannya dengan benar. Ohya, waktu saya belajar dari lagu, saya mengambil dari soundtrack drama Another Oh Hae Young yang berjudul "If It's You" dari Jung Seung Hwan.

Sekedar info, pengucapan bahasa Korea menurut saya lumayan sulit untuk dipelajari. Karena mereka memiliki beberapa konsonan yang tidak ada di dalam konsonan bahasa Indonesia. Contohnya ada huruf ㅂ dan dibacanya antara huruf "b" dan "p". Jadi, harus ekstra sabar deh latihan dengan mulut dibuka lebar atau lidah yang digigit.

5. Nonton Drama Korea!

Menurut saya, hampir seluruh orang Indonesia yang bahkan tidak mengerti Korea sekalipun akan memuji K-drama. Karena banyak sekali poin-poin plus yang ditampilkan di K-drama seperti karakter yang kuat, tidak bermakeup tebal, pemainnya bening-bening, ceritanya tidak membosankan, dan selalu memberikan hikmah yang bisa dipetik.

Source: Photo © Lidya Oktariani

Saat kamu nonton drama, jangan hanya nonton saja! Sempatkan pause jika kamu ingin mencatat kosakata yang sekiranya banyak muncul dan membuatmu penasaran bagaimana sih penulisannya dan apa sih artinya? Nah, tidak ada salahnya kan kamu catat di bukumu dan setelah selesai menonton kamu bisa langsung cek di kamus? Tidak usah malu ya Moeslemates kalau masih tidak bisa cepat menulis hangeul. Saya pun kadang masih suka pakai romanisasi kok saat mencatat kata-kata penting.

6. Gunakan Aplikasi Kamus Terbaik di Smartphonemu!

Source: Photo © Lidya Oktariani

Yang satu ini tidak kalah pentingnya karena kamu akan sangat mengandalkannya! Ya, saya merekomendasikan kamus Naver untuk diinstall di smartphonemu. Karena selain penjelasannya lengkap, terjemahannya juga bisa diganti ke bahasa Jepang, Cina, dll. Naver ini tidak hanya dipakai untuk orang Indonesia saja tapi beberapa negara tetangga yang sedang mempelajari bahasa Korea.

Source: Photo © Lidya Oktariani

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS