138
  2016-06-13       www.instagram.com

Pesantren Ramadhan RISKA: Tentang Menjadi Individu yang Lebih Baik, Teman Baru, dan Lebih Dekat dengan Keluarga


Official Moeslema Team 33 views

Assalaamu’alaikum Moeslemates,

Hari Sabtu dan Minggu kemarin, kami berkesempatan mengintip acara Pesantren Ramdhan RISKA (Remaja Islam Sunda Kelapa). Acara yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan kali ii mengambil tema, Ramadhanku dan Ramadhan Keluargaku. Bertempat di Masjid Agung Sunda Kelapa, acara ini diikuti oleh total 71 peserta anak, terdiri dari 50 perempuan dan 21 laki-laki, dan juga orang tua dari hampir seluruh peserta. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan ketaqwaan serta menciptakan remaja cerdas secara intelektual dan santun dalam bersikap.

Acara ini dihadiri oleh 6 pembicara handal dan tentunya materinya sangat berkesan. Di hari pertama, ada kelas motivasi yang diisi oleh Ustadz Agung Purnomo. Pada kelas ini, peserta mendapatkan materi tentang betapa pentingnya berbakti kepada orang tua dengan cara menjadi anak yang sholeh.

Pembicara selanjutnya adalah Ustad Ahmad dari komunitas Hafizh on the Street dan Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (Iqbaal CJR). Pada sesi ini, peserta diajarkan teknik mudah menghafal Al Quran. Mau tau apa saja? Cukup menerapkan dua teknik yang diperlukan untuk menghafal AL Quran. Dengan bersuara lantang, dan menggerakkan tangan sesuai dengan arti dari ayat yang dibaca tersebut.

Nah materi selanjutnya diisi oleh Faldo Maldini, Ketua Persatuan Pelajar Indonesia di United Kingdom sekaligus Ketua Badan Eksekutif Universitas Indonesia berupa pengalaman dan bagaimana caranya terjun ke berbagai organisasi dan bagaimana ia bisa mewujudkan harapan orang tuanya untuk kuliah tinggi.

Di hari kedua terdapat materi untuk peserta dan orang tua peserta. Bagi para peserta, mereka mendapatkan materi dari Kak Deaz, komunitas SAHAJA (Sahabat anak dan remaja), sementara itu para orang tua menghadiri talkshow parenting dari Ayah Irwan selaku pendiri Komunitas Sahabat Ayah.

Orangtua peserta menghadiri talkshow parenting oleh Ayah Irwan

Kak Deaz memberikan materi berupa betapa pentingnya untuk kita menghargai orang tua. Ingatlah bahwa berbuat baik kepada orang tua adalah kewajiban, bukan sebuah hubungan timbal balik.

Sesi PRR ini ditutup dengan pembuatan deal antara peserta dan orangtuanya megenai aturan-aturan yang bisa diterapkan bersama di rumah. Manfaatnya, untuk menciptakan hubungan keluarga yang lebih harmonis.

Itu dia kurang lebih gambaran serunya Pesantren Ramadhan RISKA kemarin moeslemates. Bagi kalian yang tertarik, jangan lupa ikutan acara ini di tahun depan yah Moeslemates. Supaya kalian lebih yakin, yuk intip testimony dari orang tua peserta mengenai acara ini...

“Tujuan mengikuti acara ini untuk membah pengetahuan anak saya. Kebetulan saya menawari kegiatan ini ke anak saya dan dia mau. Semoga dengan mengikuti acara ini, anak saya lebih bisa memahami agama. Semoga kedepannya acara seperti ini terus dilaksanakan dan dilakukan dalam rentan waktu yang lebih lama, jangan cuma sehari dua hari. Kebetulan kakaknya juga di sekolah aktif, mungkin karena dia melihat kakaknya jadi ingin aktif dikegiatan seperti ini.” - Dwi Septiningsih.

“Ibu tau acara ini dari spanduk yang ada di masjid. Terus saya informasikan ke anak saya dan kebetulan anaknya mau. Dengan mengikuti aara ini, mudah-mudahan anak ibu mendapatkan pengetahuan agama dan bisa mengamalkannya. Acara seperti ini bagus, seharusnya acara ini dilakukan lebih lama karena kalau hanya sehari dua-hari terlalu sebentar. Dulu waktu seumur mereka (peserta), ibu selama bulan Ramadhan biasa ikut pesantren selama sebulan. Acara seerti ini bagus daripada datang ke sekolah dan tidak belajar secara efektif, anak juga bete, jadi lebih baik datang dan ikut ke acara seperti ini.”
Source: Dedah Hamidah

Nah buat moeslemates yang ingin tahu lebih lanjut mengenai seputar RISKA dan kegiatan-kegiatannya, bisa hubungi kak Assifa di nomor 089523931673 ya moeslemates. Semoga artikel bermanfaat dan menginspirasi moeslemates dalam rangka mengisi bulan Ramadhan tahun ini.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Related Tags
Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS