1322
  2016-11-15       www.merdeka.com

Manfaat mengonsumsi kopi

Percaya ga sih, kalo mengonsumsi 1-2 cangkir kopi setiap hari memberi manfaat bagi kesehatan wanita ?

Indah Gumala Andirasdini 64 views

Ketika mendengar kata kopi, hal pertama yang terbayang difikiran kita adalah kafeinnya, dan seringkali banyak yang menjauhi mengonsumsi kopi dikarenakan hanya mengetahui efek negatifnya saja. Tanpa kita sadari, mengonsumsi kopi ternyata memberikan beberapa dampak positif pada kesehatan kita, tentunya jika dikonsumsi dengan kadar yang tepat dan tidak berlebihan.

Mengonsumsi 1-2 cangkir kopi per-hari ternyata memberikan efek positif terhadap tubuh kita. Rata-rata didalam satu cangkir kopi mengandung hampir 100 mg kafein. Adapun dosis asupan kafein yang dianjurkan untuk dikonsumsi per harinya adalah 200-300 mg. Kadar dosis ini setidaknya cukup dipenuhi dengan mengonsumsi 1-2 cangkir kopi. Namun, mengonsumsi kopi dengan kadar kafein yang berlebihan hingga mencapai 500-600 mg (sekitar 4-6 cangkir kopi) dapat mengganggu kesehatan tubuh. Adapun diantaranya bisa menyebabkan tremor otot, gangguan pencernaan, detak jantung yang cepat, gugup, insomnia, osteoporosis, tidak subur, PMS, dan sebagainya.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi kopi menurut beberapa penelitian :

1. Menurunkan Risiko Depresi Perempuan

Source: Vemale.com

Kita tahu bahwa seorang wanita cenderung memiliki risiko terkena depresi lebih sering dibandingkan dengan pria, bahkan dikatakan berdasarkan penelitian, angkanya mencapai dua kali lipatnya pria.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mengonsumsi kopi setidaknya menurunkan risiko terkena depresi 20 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Source: wartaploso.wordpress.com

Menurut penelitian, mengonsumsi secangkir kopi sesaat sebelum melakukan ujian dapat membuat seseorang menghasilkan nilai ujian yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi,

Mengonsumsi kopi juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif alami yang menurun seiring pertambahan usia

3. Menurunkan Risiko Penyakit Organ Hati

Source: medicalassessmentonline.com

Berdasarkan beberapa penelitian, kopi berpotensi menurunkan beberapa penyakit pada organ hati, antara lain:

a. penurunan risiko sirosis hati hingga 66% terhadap kematian akibat sirosis (pengerasan organ hati), penurunan sirosis hati hingga 22% untuk pengonsumsi minuman beralkohol

b. penurunan risiko penyakit autoimun langka dari saluran empedu di hati/primary sclerosing cholangitis (PSC).

c. penurunan risiko kanker hati hingga lebih dari 50%

4. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes Tipe 2

Source: obatdiabetesmelitus.com

Penyakit ini berhubungan dengan kelebihan gula di dalam darah. Penyakit diabetes tipe 2 menyerang usia 35 tahun (adult onse) sedangkan diabetes tipe 1 lebih banyak menyerang pasien di bawah umur 20 tahun (juvenile onset)

Menurut studi penelitian, orang yang mengonsumsi kopi setiap hari selama empat tahun memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 11% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

5. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Tingginya kandungan antioksidan yang terkandung dalam kafein dapat melindungi dari kanker usus besar serta meningkatkan pembakaran gula dalam tubuh.

Menurut penelitian, risiko kanker kulit juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi asal dengan porsi yang tepat.

6. Menurunkan Risiko Parkinson dan Alzheimer

Source: sense4care.com

Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf yang menyebabkan kesulitan untuk memulai pergerakan dan menimbulkan kekakuan otot, sedangkan alzheimer ialah penyakit yang ditandai dengan melemahnya daya ingat hingga gangguan otak.

Kinerja kafein berhubungan dengan reseptor adenosin pada otak. Bagian otak yang terkena efek penyakit ini memiliki banyak adenosin pada otak, dan kinerja kafein dengan reseptor tersebut adalah dengan menghambatnya, sehingga kafein memiliki efek perlindungan.

Menurut penelitian, wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi memiliki risiko sampai 60 % lebih rendah terkena penyakit Alzheimer dan demensia.

7. Menurunkan Berat Badan

Source: fitbardonorkalori.com

Ternyata senyawa kafein adalah senyawa yang mampu mempercepat metabolisme dan mampu membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Salah satu manfaat yang tak disangka-sangka lo ya (:

Dari beberapa manfaat yang sudah dijelaskan, yang digaris-bawahi disini adalah 'penggunaan yang tidak berlebihan'. Karena yang berlebihan itu pastilah mengandung efek yang buruk dalam lingkup apapun, right ? (':

Semoga bermanfaat ^,^

Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS