1320
  2016-11-16       dreamirishwedding.com

DIY : Wedding Veil

Buat sendiri kerudung pengantinmu. Mudah, murah, cepat!

Fany Darrienda 3,699 views

Menikah

Assalamualaikum!

Menikah adalah momen sekali seumur hidup yang paling dinanti ya, Moeslemates. Saat hari itu tiba, kita pasti ingin semuanya sempurna. Namun, kesempurnaan itu tidak harus ditebus dengan barang mahal kok. Ada beberapa yang sebenarnya bisa Moeslemates buat sendiri loh.
Salah satunya veil atau kerudung.

Bahan dan Peralatan

Bahan yang kita butuhkan tidak banyak dan mudah didapatkan, hanya kain tile dan renda. Moeslemates bisa menggunakan ukuran berapapun tergantung panjang kerudung yang diinginkan. Fany memakai satu meter kain tile saja, dengan hasil jadi persis di bawah pantat. Untuk renda sebaiknya siapkan lima atau enam kali panjang kain tile yang Moeslemates gunakan. Fany menggunakan satu meter kain tile, jadi Fany membutuhkan lima meter renda.

Selain itu, siapkan juga benang jahit transparan, jarum pentul, meteran kain, dan gunting. Kalau susah menemukan benang jahit transparan, Moeslemates bisa menggunakan senar. Pilih senar dengan ketebalan paling minim ya.

Mudah didapatkan kan?

Cara Membuat

Pertama, gunting kain tile membentuk lingkaran.

Selanjutnya pasang renda di sekeliling kain tile. Sematkan jarum pentul untuk menahan posisi renda.

Jahit renda dengan benang jahit transparan atau senar.

Selesai!
Mudah kan?

Tips

- Banyak jenis kain tile dengan kisaran harga yang berbeda juga. Pilih kain tile yang lemas untuk efek melambai yang anggun.

- Harga dan ukuran renda pun bermacam-macam. Pilih renda yang lebar dan memiliki motif kontras dengan kain tile. Padukan dengan kain tile saat memilih renda.

- Untuk mempermudah membentuk kain tile menjadi lingkaran, pertama lipat kain tile menjadi empat bagian, gunting menjadi bentuk seperempat lingkaran.

- Agar renda bisa melingkari kain tile dengan rapi, gunting sedikit kain tile (jangan sampai putus ya) lalu tumpuk. Sematkan jarum pentul untuk menahan posisi.

- Menjahit dengan senar gampang-gampang susah. Walaupun menggunakan senar dengan ketebalan paling minim, tetap lebih kaku daripada benang jahit transparan.
Jangan terlalu kencang menarik senar agar renda tidak melengkung, tapi juga jangan terlalu longgar agar renda terpasang dengan baik.

- Sebaiknya jangan langsung menjahit menggunakan benang atau senar dalam ukuran panjang. Kalau ruwet, duh sedih dan ribet banget.
Sedikit demi sedikit, untuk hasil yang rapi. Memang diperlukan kesabaran ya Moeslemates.
Kalau tanpa gangguan (maksudnya tanpa dipanggil ibu disuruh beli garam ke warung, tanpa berhenti buat makan dulu, tanpa disambi melakukan hal lain, hehe) Fany menyelesaikan ini hanya dalam waktu dua jam kok.

Biaya

Fany memilih kain tile kualitas sedang dengan harga Rp 20.000 per meter. Untuk renda, seharga Rp 6.000 per meter. Fany menggunakan 5 meter jadi Rp 30.000. Bahan lainnya seperti benang jahit transparan, jarum pentul, meteran kain, dan gunting sudah dimiliki sebelumnya. Total, Fany hanya mengeluarkan Rp 50.000 untuk membuat kerudung ini.

Jangan khawatir, Fany punya info harga terakhir bahan lainnya kok.

Benang jahit transparan seharga Rp 25.000 dalam gulungan besar. Fany tidak menyarankan membeli dalam gulungan besar karena kita hanya membutuhkan 2-3 meter benang saja. Tanyakan pada pegawai toko, apakah menyediakan dalam gulungan kecil. Kalau tidak menyediakan, solusinya menggunakan senar. Bisa didapatkan di toko bahan kerajinan tangan. Dua meter senar paling tipis sekitar Rp 3.000.

Meteran kain Fany beli di toko dekat rumah seharga Rp 7.500. Kayaknya sih kemahalan, karena kata ibu Fany di toko bahan keperluan menjahit hanya Rp 5.000.

Harga jarum pentul juga bermacam-macam, Rp 3.000 sampai Rp 20.000 per kotak. Karena Moeslemates berhijab, Fany yakin sudah punya jarum pentul ya.

Gunting juga Fany kira Moeslemates pasti punya. Sebaiknya memang menggunakan gunting khusus kain, tapi dengan gunting biasa juga tidak apa-apa.

Itu harga terakhir sekitar 6 bulan yang lalu ya, Moeslemates. Siapa tahu sudah berubah hehe.

Source: djatinegara.blogspot.co.id

Oh iya, semua bahan Fany beli di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan. Tepatnya, kain tile Fany beli di Toko Kain Fancy, sedangkan renda Fany beli di Toko Maju.
Moeslemates bisa dengan mudah mendapatkan semua bahan di toko kain dan toko peralatan jahit terdekat kok.

Source: cutincutin.com

Hasil

Ini hasil kerudung pengantin buatan Fany sendiri.

Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mo...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mother

no comments

Follow Moeslema on SNS