1319
  2016-11-15    

Book Review : Kau Sudah Mati!

Untuk para penggemar novel misteri...

Fany Darrienda 64 views

Source: ask. fm

Sinopsis

“Kau Sudah Mati!” dengan judul asli The Day You Died bercerita tentang pyrophobia atau fobia terhadap api seorang art director sebuah lembaga periklanan bernama Jason Evans.
Kehidupan Jason bisa dibilang sempurna. Wajah tampan, istri cantik, karier bagus, apalagi?
Tapi kesempurnaan itu diusik oleh selembar foto polaroid yang secara misterius dikirimkan kepadanya pada suatu malam di kantornya.
Foto tersebut menggambarkan sebuah batu nisan dan terdapat tulisan “KAU SUDAH MATI” di belakang foto tersebut.
Awalnya Jason mengira foto itu hanya lelucon, namun ketika datang foto kedua bahkan yang ketiga, mau tidak mau Jason pun penasaran dan menyelidikinya.
Jason sengaja menyembunyikan perihal foto itu dari Kayla, istrinya, karena tidak mau Kayla merasakan keresahan seperti dirinya. Sayangnya Jason ceroboh dan Kayla pun menemukan foto-foto tersebut. Persis seperti dugaan Jason, Kayla panik dan traumanya terhadap kematian orang yang disayanginya terulang. Kayla pernah ditinggal mati tunangannya. Sejak itu, setiap orang terdekatnya meninggal, Kayla akan mengalami kedukaan yang begitu dalam bahkan depresi. Kali ini Kayla panik kalau-kalau foto itu berupa ancaman pembunuhan terhadap Jason. Dia tidak ingin ditinggal mati Jason.
Meskipun enggan, Kayla akhirnya mendukung Jason menelusuri pengirim dan maksud pengiriman foto tersebut. Bahkan Kayla rela menemani Jason pergi ke pemakaman yang diduga di mana tempat foto itu diambil, tempat yang paling tidak ingin dia datangi di dunia ini. Kayla pun ingin mengetahui, benarkah Jason sudah mati seperti kata foto tersebut? Kalau iya, lalu siapa Jason yang selama ini menjadi suaminya?

Review Buku

Sejak bab awal, foto polaroid itu sudah diceritakan. Bab-bab selanjutnya adalah tentang penelusuran Jason mencari kebenaran foto tersebut. Alur cerita yang menegangkan, runtut dan detail membuat pembaca dengan mudah berimajinasi. Namun ada beberapa nama tokoh dalam cerita ini yang tidak gamblang dijelaskan, jadi pembaca terkadang harus menduga siapa si tokoh ini dan apa hubungannya dengan Jason dan Kayla.
Sepanjang cerita, pembaca terus dibuat penasaran dan tidak ingin menghentikan membaca di tengah-tengah. Kalau banyak waktu luang, mungkin Fany juga akan membaca novel setebal 462 halaman ini tanpa jeda. Akhir ceritanya pun tidak terduga. Memang seperti itu kan seharusnya sebuah cerita ditulis? Membuat penasaran lalu berakhir mengejutkan.

Untuk Moeslemates penggemar novel misteri atau novel dengan cerita ‘mikir’, buku yang telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa terbitan Bhuana Sastra ini Fany rekomendasikan untuk menjadi pengisi waktu luang dan koleksi baru Moeslemates. Sama sekali tidak mengecewakan dan mudah ditemukan di toko buku besar. Harganya pun terjangkau. Cukup tebus dengan Rp 69.000.
Sedikit mengingatkan tentang betapa seharusnya kita selalu bersyukur atas hidup yang selama ini kita jalani, betapa seharusnya kita selalu menjalin komunikasi dengan orangtua dan keluarga, dan mengingatkan tentang kematian yang bisa datang kapan saja tentunya.

Selamat berpetualang bersama Jason, Moeslemates!

Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mo...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mother

no comments

Follow Moeslema on SNS