1310
  2016-11-29       korankalbar.blogspot.co.id

6 Sunnah Bersalam Ala Rasulullah SAW

Salah-satu amalan yang akan membawa umat Islam masuk surga dengan kedamaian adalah menebarkan salam. Oleh karena itu, ajaran agama Islam menilai amalan ini menjadi sangat penting, dan dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Berikut 6 sunnah bersalam ala Rasulullah SAW yang patut Kita amalkan.

Fi'it Rachmawati 3,893 views

1. Seluruh Badan Menghadap

Menurut Da’i sekaligus Pendidik salah-satu sekolah Islam di Jakarta, Nur Ihsan Jundullah cara bersalam yang disunnahkan Rasullah SAW adalah seluruh badan harus menghadap saat Kita melakukan salam.

Jangan sampai tidak bergerak atau hanya sebagian saja bergerak saat bersalam, karena itu tidak dicontohkan Rasulullah SAW, dan dinilai tidak sopan.

2. Mengulurkan Tangan Lebih Dahulu

Selain itu, kata Da’i yang akrab disapa Kang Abe ini, Rasulullah SAW pun mencontohkan selalu mengulurkan tangan terlebih dahulu saat mengucapkan salam. Beliau tidak pernah menunggu orang yang akan disalaminya terlebih dahulu memberikan salam.

3. Menarik Tangan Lebih Akhir

Lalu, cara salam yang disunnahkan Rasulullah SAW adalah selalu menarik tangan lebih akhir saat salam. Oleh karena itu, Rasulullah SAW sangat jarang menjadi orang yang pertama menarik tangannya saat bersalam.

4. Selalu ada Kontak Mata

Kemudian, Rasulullah SAW pun selalu memandang mata lawan bicaranya atau saat melakukan salam selalu melakukan kontak mata dengan orang yang disalaminya.

Source: www.indoau.com

5. Selalu Penuh dengan Senyuman

Disamping itu, Rasulullah SAW pun selalu memberi salam dengan penuh senyuman yang ikhlas tanpa keterpaksaan. Sehingga, umatnya sangat senang saat bersalaman dengan Rasulullah SAW.

Source: baranews.co

6. Memberikan Salam Meski Tidak Kenal

Kang Abe menambahkan, bahwa Rasulullah SAW pun menganjurkan memberikan salam kepada seseorang meski Kita tidak mengenalnya.

"Karena akan menambah dan memperkuat silaturahmi antar umat Islam." tuturnya dalam salah-satu Pengajian Islam, di Bandung, belum lama ini.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim yaitu;

Dari ‘Abdullah bin ‘Amru bin al’Ash radhiyallahu’anhuma bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah Sallallahu ’Alaihi Wasallam, “ajaran Islam yang manakah yang paling baik”? Baginda menjawab, “Kamu memberi makan (orang yang memerlukannya), dan kamu mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal”.

Itulah enam sunnah bersalam Rasulullah SAW yang dipaparkan oleh Da'i Nur Ihsan Jundullah atau Kang Abe dalam Pengajian Islam di Bandung, belum lama ini yang patut Kita teladani, dan Kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena bersalam atau menebarkan salam bukan saja akan memasukkan Kita ke surga tetapi akan menanamkan dan memperkuat kasih sayang diantara sesama umat Islam, serta memberikan keselamatan juga keberkahan.

So, Moeslema mari tebarkan salam!

Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

no comments

Follow Moeslema on SNS